Ciri Ciri Ayam Bangkok Berkualitas

75 View

Ciri Ciri Ayam Bangkok Berkualitas – Sebelum memelihara ayam Bangkok, ada baiknya untuk seorang pemula mengetahui cirinya dengan baik. Ciri ciri ayam bangkok berkualitas sendiri cukup banyak. Mulai dari segi bulu, leher, hingga bentuk kakinya berbeda dengan ayam lainnya.

Ciri Ciri Ayam Bangkok Berkualitas dan Tangguh

Ciri Ciri Ayam Bangkok Berkualitas dan Tangguh

Membuatnya cukup mudah untuk dikenali, terlebih lagi unggas yang satu ini cukup populer. Pasalnya nilai jual yang diberlakukan di pasaran lebih unggul dari ayam lainnya. Simak berikut ini cirinya yang dapat diketahui, yaitu:

1. Corak Warna dan Bulu

Berbeda dengan ciri ayam biasanya, ayam bangkok tergolong unggas yang mempunyai banyak warna dan corak. Membuat keberadaanya pun terlihat beragam, meski masuk ke dalam satu kategori. Contohnya ada ayam Bangkok jragem yang berbulu hitam.

Selanjutnya ada wiring dengan bulu dasar hitam dan waris berwarna kuning kemerahan. Warna menarik lainnya bisa dilihat pada ayam bangkok klawu dengan warna dasar abu-abu. Terakhir ada blorok dengan warna titik-titik hitam, putih, serta merah.

2. Mempunyai Tubuh Besar dan Tegap

Ciri ciri ayam bangkok berkualitas selanjutnya, yaitu mempunyai tubuh besar dan tegap. Biasanya ayam dengan jenis ini hebat dan kuat jika diadu. Terlihat dari postur tubuh yang membentuk sudut hingga mencapai 90 derajat.

Pada bagian tulang dada dari ayam yang satu ini terlihat lebih besar dari yang lainnya. Tidak jarang juga sebagian besar orang memilih ayam jago bertubuh empuk dibandingkan keras. Hal ini dikarenakan ayam bertubuh empuk mempunyai otot yang bagus.

Memungkinkan ayam bangkok untuk bisa dijadikan ayam petarung yang handal. Apalagi dengan postur tubuhnya yang tegap, maka akan membuat lawan menjadi takut. Dengan begitu, kekuatan dan otot yang dimilikinya pun akan bekerja maksimal saat diadu.

BACA JUGA:  Cara Merawat Ayam Pelung

3. Leher Panjang

Ciri dari ayam bangkok lainnya yang dinilai berkualitas salah satunya mempunyai leher yang panjang. Terlihat dari adanya tulang penghubung antara kepala dan leher yang umumnya tidak menonjol. Jika berhasil menemukannya, maka bisa dipastikan kualitasnya baik, bagaimana tidak?

Untuk jenis ayam selain bangkok sangat jarang mempunyai leher yang panjang. Selain membuktikan dirinya sebagai ras bangkok, ayam jenis ini juga bisa menyerang ayam lain dengan mudah. Mengingat bentuk lehernya yang panjang dan badannya yang kuat.

Namun sebenarnya, leher ayam bangkok yang bagus tidak bisa diketahui saat melihatnya saja. Pasalnya, ayam yang satu ini mempunyai bentuk leher lurus dengan diameter sedang. Keuntungan dari leher yang dimiliki ayam bangkok yaitu mempunyai daya tahan pukul yang baik.

Bukan hanya itu saja, pergerakan dari ayam ini juga sangat lincah dan lentur. Ciri umum dari lehernya, yakni memiliki tulang leher yang rapat begitu juga dengan kepala yang dimilikinya. Namun antara panjang leher dan badan harus tentunya seimbang.

4. Bentuk Jengger Menyerupai Blangkon

Bagi yang sudah sangat tahu dengan ciri ciri ayam bangkok berkualitas tentunya sudah tidak asing dengan bentuk jenggernya. Ayam yang satu ini, mempunyai jengger yang terbilang unik. Pasalnya bentuk jengger yang ada di atas kepala menyerupai bentuk blankon.

Namun, ada juga bentuk dari jengger yang menyerupai rose atau pial pendek. Bukan hanya itu saja, beberapa jengger juga dinilai bisa memperlihatkan kekuatan dan daya tahan jika diadu. Membuatnya berpotensi jadi ayam yang akan menang jika diadu.

Pada ayam yang jenggernya menyerupai blankon. Biasanya memiliki tekstur dan bentuk yang lembut dan tegak. Namun untuk ukurannya sendiri terbilang cukup sedang dan tidak terlalu besar. Terlihat memanjang dengan bagian ujung yang rapat ke kepala.

Baca Juga:

5. Berkaki Bulat dan Bentuk Fisik Rapi

Memilih jenis ayam bangkok yang berkualitas bagi sebagian orang awam memang terlihat sulit. Akan tetapi jika dilihat secara mendetail sebenarnya tidak sulit. Apalagi jika pemula adalah orang yang suka mengamati hal-hal baru.

BACA JUGA:  10 Cara Menjinakkan Ayam Galak, Ternyata Mudah!

Ciri ciri ayam bangkok berkualitas yang paling menonjol tentu bisa dilihat dari bentuk fisiknya. Pada umumnya ayam ini mempunyai bentuk kaki yang bulat dan badan yang rapi. Maksud dari badan yang rapi, yaitu sisiknya.

Di bagian kaki ayam bangkok biasanya akan terlihat kering, Namun di bagian sisiknya sangat menarik, mengingat corak warna yang dimilikinya adalah kuning. Bentuk dari warnanya juga terlihat sejajar tanpa terputus.

6. Paruh Beralur Panjang dan Besar

Bentuk dari ayam bangkok jika diamati mulai dari usia dini, terlihat bahwa paruhnya besar dibandingkan ayam lainnya. Mengingat bentuk paruhnya lebih melengkung di antara tetesan ayam lain. Di usia 3 bulanan garis paruh bagian atasnya belum terlihat jelas.

Akan tetapi seiring perkembangan pertumbuhannya, paruh ayam akan menjadi lebih terperinci. Komposisi utama bagian paruh akan sama persis dengan tulang kuku serta sisik, Bisa dibilang dengan memperkuat paruh, maka akan memberikan tambahan kalsium pada ayam sejak masih dini.

Untuk ayam yang sudah berumur yang 3 bulan tak akan menampakkan tanda paruhnya yang beralur. Akan sangat baik jika diberikan kalsium pada ayam yang masih berusia dini. Kalsium ini bisa didapatkan dari batu kapur yang mudah ditemukan.

7. Kepala Menyerupai Buah Pinang

Hal paling menarik yang terlihat dari kepala ayam bangkok yang populer di kalangan masyarakat, yaitu berkat kepalanya yang menyerupai pinang. Bentuk kepala seperti ini akan akan sangat bagus saat melakukan pertarungan. Ciri ini biasanya mempunyai penyerangan yang kuat.

Selain itu, ayam dengan ciri kepala yang satu ini juga dikenal pantang menyerah saat beradu dengan ayam lain. Terlihat dari beberapa kompetisi ayam. Kebanyakan dari ayam bangkok bisa mengalahkan beberapa jenis ayam lainnya yang berbeda dari dirinya.

8. Warna Mata Sama dengan Paruh dan Kaki

Berbeda dengan ayam lainnya yang warna antara bagian tubuh lain tidak sama. Namun, hal ini tidak berlaku untuk ayam bangkok. Warna pada bagian mata pada ayam bangkok sama dengan paruh dan juga kakinya.

BACA JUGA:  Cara Mengatasi Ayam Pilek

Kondisi fisik ini tentu menjadi hal yang harus diperhatikan, bagaimana tidak? Hampir semua ayam memiliki keunikannya tersendiri, begitu juga dengan ras yang satu ini. Pada warna matanya terlihat seperti tembus pandang jika dilihat.

Warnanya yang serupa dengan paruh dan kaki, bisa mengelabui dan menarik lawan sekaligus. Apabila diperhatikan lebih detail, pada bagian dasar mata terlihat seperti ayam petarung. Merupakan salah satu ciri ayam yang banyak dilombakan saat ini.

9. Bersisik

Perbedaan ciri ciri ayam bangkok berkualitas dengan ras lainnya, yaitu terdapat pada bagian sisiknya. Salah satu sisik yang terdapat pada ayam tersebut di antaranya ada naga temurun, batu rantai, batu lapak, keleng satu, keleng dua dan banyak lainnya. Jika diulas per satu, maka sangat unik sekali sisik yang terdapat pada ayam bangkok sebenarnya.

Jadi, itulah beberapa penjelasan terkait ciri ciri ayam bangkok berkualitas yang harus diketahui dengan baik, Pasalnya tidak semua ayam masuk ke dalam kategori berkualitas untuk dapat menjadi petarung. Namun, ayam bangkok rata-rata bisa di adu menjadi petarung yang handal.

Ciri Ciri Ayam Bangkok Berkualitas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.