10 Cara Menjinakkan Ayam Galak, Ternyata Mudah!

68 View

Memang bukan suatu hal yang menyenangkan jika memelihara ayam, namun ayam tersebut sulit diatur dan juga galak. Ayam tersebut biasanya akan cenderung mudah marah dan sering mematuk siapa saja yang mendekatinya. Oleh sebab itu, dibawah ini akan membahas bagaimana cara menjinakkan ayam galak dengan mudah.

Ayam memang merupakan salah satu hewan yang banyak dipelihara dan dibudidayakan untuk dikonsumsi juga. Memelihara ayam memang suatu hal yang menarik juga untuk dipelihara. 

Namun dalam memelihara juga perlu memperhatikan banyak hal yang harus dilakukan agar ayam tersebut tidak berubah menjadi galak dan sulit diatur. Ayam yang galak tentunya akan cukup menyusahkan nantinya.

Oleh sebab itu, pastikan untuk memperhatikan semua cara-cara yang tepat dalam memelihara ayam. Hal ini akan memudahkan dalam menjinakkan ayam dan dalam memelihara ayam pastikan untuk memberikan kenyaman dan keamanan terhadap ayam juga.

Penyebab Ayam Galak

Penyebab Ayam Galak
Penyebab Ayam Galak

Sebenarnya ada beberapa alasan yang mungkin terkait tentang mengapa ayam menjadi galak atau mudah berontak. Mungkin saja beberapa alasan tersebut karena bagaimana cara perawatannya, lingkungan sekitar, serta memang pembawaan sejak lahir.

Oleh sebab berikut ini beberapa penyebab ayam menjadi galak dan berontak yang dapat menjadi informasi yang membantu:

  • Adanya faktor genetik, biasanya ini menjadi salah satu alasan penyebab ayam menjadi galak. Namun juga ada kemungkinan memang sejak kecil ayam tidak dipegang atau adanya perlakuan yang kasar sejak kecil.
  • Ayam mungkin tidak dalam kondisi yang baik atau sedang sakit, hal ini dapat menjadi penyebab ayam menjadi lebih sensitif daripada biasa.
  • Adanya faktor lingkungan yang ramai dan berisik, seperti kandang ayam mungkin berada ditempat yang terlalu bising dan ramai.
  • Adanya gangguan yang membuat ayam tidak nyaman, contohnya memang ada yang sengaja mengusili dan bertindak kasar pada ayam. Sehingga hal ini menjadi ayam menjadi marah dan memiliki kecenderungan galak terhadap orang baru.
BACA JUGA:  Ciri Ciri Ayam Bangkok Berkualitas

Cara Menjinakkan Ayam Galak

Cara Menjinakkan Ayam Galak

Untuk tahu beberapa cara dalam menjinakkan ayam yang galak sebaiknya simak beberapa cara dibawah ini agar dapat mengatasi masalah tersebut. Berikut beberapa cara menjinakkan ayam galak:

1. Mengusap Bulu Ayam dengan Lembut

Cara pertama untuk membuat ayam menjadi jinak adalah dengan mengusap bulu ayam dengan lembut dan penuh kasih sayang. Hal ini akan berguna dalam menenangkan ayam yang sedang marah dan berontak akibat diganggu orang lain.

Namun jika tidak bisa karena ayam terlalu giras sebaiknya langsung pegang dalam posisi erat dan langsung mengusap bagian kepala hingga badan ayam. Teknik mengusap adalah salah satu teknik yang cukup ampuh dalam menenangkan ayam yang sedang marah.

2. Memegang Ayam yang Dilakukan Berkala

Metode menjinakkan ayam yang dapat dilakukan selanjutnya adalah dengan memegang ayam yang dilakukan secara berkala. Sebaiknya lakukan hal ini setidaknya dua kali sehari pada pagi dan sore hari. Hal ini akan membantu menjaga kedekatan pemilik dan ayam yang dapat membantu dalam menjalin hubungan yang lebih erat.

Selain itu hal ini juga dapat dilakukan selagi bersantai sehingga ayam juga dapat memperoleh kenyamanan terhadap lingkungan disekitarnya. Serta membuat ayam tidak mudah takut dan dapat beradaptasi dengan baik di lingkungannya.

3. Sering Melakukan Interaksi dengan Ayam

Mengajak ayam untuk berinteraksi adalah salah satu cara yang ampuh dalam menjinakkan ayam. Hal ini akan membuat ayam lebih nyaman dan merasa aman jika nantinya didekati oleh orang lain.

Interaksi yang dapat dilakukan dapat berbagai macam seperti adanya interaksi dalam memberi makan, memandikan dan aktivitas lainnya diluar kandang. Setidaknya biarkan ayam di luar kandang dalam beberapa saat agar ayam tidak merasa terkekang yang dapat membuatnya menjadi galak.

4. Memberi Makan dan Melatihnya

Langkah dalam memberikan makanan dengan menggunakan tangan akan melatih interaksi dan kedekatan ayam dengan pemilik. Memberi makan dengan tangan daripada menggunakan wadah akan membuat ayam tidak takut dengan manusia juga.

Namun hal ini sebaiknya dilakukan kepada ayam yang sudah cukup dewasa karena selain dapat menjaga kedekatan juga dapat mencegah ayam untuk mudah kabur dari kandangnya. Selain itu ini juga dapat menjadi Latihan sederhana untuk ayam agar menjadi lebih jinak dan tidak galak.

BACA JUGA:  Cara Merawat Ayam Pelung

5. Memandikan Ayam secara Teratur

Cara menjinakkan ayam galak selanjutnya adalah dengan memandikan ayam secara teratur. Selain menjaga kesehatan ayam juga dapat membuat kedekatan ayam dengan pemiliknya karena adanya interaksi yang terjadi.

Untuk memandikan ayam secara teratur begitu penting untuk membersihkan tubuh ayam dan bulu ayam dari kotoran yang menempel pada bulunya. Jika tubuh ayam bersih juga akan membuat perasaan hati ayam menjadi lebih tenang sehingga membuat ayam tidak akan galak dan mudah berontak.

6. Menjemur Ayam Sesudah Memandikannya

Melakukan menjemur ayam dibawah sinar matahari setelah memandikannya akan membuat ayam dapat merasakan cahaya dari matahari. Hal ini sangat bagus untuk kesehatan ayam juga, selain itu pastikan untuk menjemur pada pagi hari agar ayam tidak terlalu kepanasan saat berjemur.

7. Ditempatkan pada Kandang Sendiri

Dalam memelihara hewan peliharaan biasanya banyak yang digabungkan dalam satu kandang saat dipelihara seperti ayam sebagai contohnya. Namun akan lebih baik jika memberikan kandang sendiri terhadap ayam yang pelihara. Hal ini akan membantu menghindari adanya kecemburuan diantara ayam.

Adanya potensi cemburu ini akan membuat ayam menjadi mudah menjadi galak dan sulit untuk diatur. Terlebih lagi untuk ayam-ayam yang masih kecil dan lemah bisa saja akan terluka dan sakit.

8. Membersihkan Kandang Ayam secara Teratur

Membersihkan kandang ayam yang digunakan sebagai tempat tinggal dari ayam memang tidak kalah penting. Hal ini dapat menjadi salah satu cara untuk membuat ayam lebih nyaman dan aman saat tinggal di dalam kandangnya.

Jika tempat yang ditinggali ayam dalam keadaan tidak bersih pasti akan membuatnya kurang nyaman dan membuatnya menjadi jauh lebih sensitif dan mungkin juga membuatnya menjadi ayam yang lebih galak nantinya.

9. Menjauhkan dari Orang Asing

Dalam memelihara ayam pastikan untuk menjauhkan dari orang asing yang mungkin tidak dikenalnya. Karena hal ini mungkin akan membuat ayam menjadi takut dan pada akhirnya menjadi lebih galak.

Bisa saja melakukan hal ini juga akan mencegahkan ada orang-orang yang mungkin akan mengusirnya sehingga nantinya ayam akan menjadi terganggu dan bersikap lebih galak terhadap orang-orang di sekitarnya.

BACA JUGA:  Ciri-Ciri Ayam Birma

10. Mengawinkan Ayam

Cara ini dapat menjadi salah satu cara untuk membuat ayam supaya tidak galak lagi adalah dengan mengawinkannya. Cara ini juga akan menjadi hal yang menguntungkan karena dapat menjadi usaha budidaya ayam yang dapat dikembangkan menjadi bisnis. Baik itu untuk usaha telur ayam maupun budidaya untuk ayam pedaging nantinya.

Peran Ayam Birma dalam Menjinakan Ayam Galak

Salah satu jenis ayam yang terkenal dengan keberaniannya adalah Ayam Birma. Meskipun reputasinya dalam arena tarung ayam, Ayam Birma juga memiliki sifat-sifat yang dapat memberikan wawasan berharga dalam menjinakan ayam galak. Dengan pendekatan yang tepat, Ayam Birma dapat diajarkan untuk beradaptasi dengan lingkungannya dan menunjukkan perilaku yang diinginkan, meskipun memiliki naluri bertarung yang kuat.

Demikianlah cara menjinakkan ayam galak, pastikan berikan perawatan yang baik dan benar pada ayam yang dipelihara agar dapat jinak dan tidak mudah untuk berontak. Serta pastikan untuk selalu memberi perhatian lebih terhadap ayam yang dipelihara mulai dari makanan, tempat tinggal, dan lingkungan sekitarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.