Inilah Cara Menjinakan Kucing yang Terbukti Ampuh dan Efektif

Cara menjinakan kucing yang ampuh dan efektif memang penting dimiliki oleh siapa saja, terlebih lagi bagi yang mengaku pencinta kucing.

Bukan apa-apa, walaupun kucing ini merupakan binatang lucu dan menggemaskan yang sangat banyak digemari, baik anak-anak atau pun orang dewasa. Namun nampaknya kucing juga seperti manusia yang terkadang memiliki sifat bad mood.

Jika sudah seperti ini, biasanya seekor kucing akan berubah menjadi sangat agresif, temperamental, dan tak jarang juga ngambek kepada siapapun yang ada di dekatnya. Oleh karenanya kemampuan untuk menjinakkan kucing ini penting sekali untuk diketahui.

Tapi nih, kucing yang ada di ala mini itu sungguh sangat banyak jenisnya. Mulai dari kucing peliharaan, kucing liar, kucing anggora, dan lain sebagainya.

Dan perlu diketahui juga, cara yang dilakukan untuk menjinakkan masing-masing kucing itu berbeda satu dengan yang lainnya. Supaya tidak penasaran, langsung aja simak  cara-cara menjinakan kucing di bawah ini.

Cara Menjinakkan Kucing Peliharaan

bagaimana cara menjinakan kucing
catfriendly.com

Walaupun kucing peliharaan biasanya tidak seagresif kucing liar, namun pada masa-masa tertentu kucing yang satu ini juga bakal mengalami yang namanya bad mood. Oleh karena itu, jika suatu saat kucing peliharaan mengalami masalah ini, maka bisa dilakukan tips-tips dibawah ini:

1. Memberikan Hadiah

Bukan hanya manusia aja lho yang suka hadiah, tapi kucing juga. Hadiah yang dimaksud disini bisa berupa mainan atau pun sekedar belaian kasih dari pemiliknya.

Bukan apa-apa, jika kucing diberikan hadiah, maka kucing tersebut akan merasa diperhatikan oleh pemiliknya. Bahkan beberapa mainan atau barang yang memiliki memori indah dengan pemiliknya akan membuat kucing ini kembali lagi pada sifat aslinya.

Namun satu hal yang perlu dicatat, jangan terlalu banyak juga memberikan hadiah. Takutnya nanti malah jadi kebiasaan dan manja. Cukup berikan sewajarnya dan hadiah nya pun bisa divariasikan setiap saatnya.

2. Dipancing dengan Makanan Kesukaannya

Berbeda dengan hadiah yang hanya sebatas mainan atau pun belaian kasih dari pemiliknya, untuk menaklukkan hati kucing terkadang butuh juga di pancing dengan makanan kesukaannya. Dengan begitu, maka kucing yang tadinya bad mood lambat laun akan kembali lagi seperti biasa. Engga percaya? Coba aja langsung praktekan!

Menjinakan Kucing Liar

cara menjinakan kucing kampung liar
twitter.com

Adakalanya, kucing liar yang biasanya keluyuran di jalan-jalan menarik perhatian siapapun yang melihatnya. Entah itu hanya sekedar ingin menyentuh atau malah jatuh hati dan ingin memeliharanya.

Oleh karenanya, kemampuan menjinakkan kucing yang satu ini penting untuk dimiliki jika sewaktu-waktu bertemu dengan kucing liar yang menggemaskan. Lalu apa aja sih cara yang bisa dilakukan?

1. Berikan tempat Khusus Untuk Kucing

Kucing liar emang terbiasa hidup dimana saja. Biasanya juga kucing yang satu ini tidak punya tempat tinggal khusus tempat ia makan, tidur, atau pun untuk buang kotorannya. Nah supaya membiasakan kucing liar dengan kehidupan kucing rumahan, maka cara yang harus dilakukan adalah dengan menyediakan tempat khusus.

Tujuannya supaya kucing liar tersebut terbiasa dengan lingkungan barunya. Cara ini akan sangat efektif, terlebih lagi jika memang ingin memeliharanya. Walaupun tentunya membutuhkan sedikit waktu, tapi jika si kucing sudah merasa nyaman maka ia akan menjadi teman yang baik.

2. Gunakan Metode Kitten Tick

Cara menjinakan kucing yang satu ini dilakukan agar si kucing terbiasa tidak menggunakan cakar untuk aktivitas sehari-harinya. Mengapa hal ini penting? Supaya tidak membahayakan siapa pun yang yang akan mengajak nya bermain atau pun hanya sekedar mendekatinya saja.

Cara ini bisa dilakukan dengan menempatkan mainan nya secara sejajar di atas kepala si kucing. Dan biarkan si kucing bisa meraih nya menggunakan kaki-kakinya. Jika cara ini sudah berhasil, biarkan kucing bermain sendiri. Ketika kucing merasa bosan, maka segeralah ambil mainan nya.

Cara Menjinakan Kucing Anggora

cara menjinakkan kucing anggora
topic.com

Kucing anggora bisa dikatakan termasuk jenis kucing yang cukup mudah untuk dijinakkan. Sifatnya yang friendly serta gampang beradaptasi ini menjadikan banyak orang yang memelihara kucing yang satu ini.

Namun tetap, adakalanya kucing yang satu ini juga ngambek pada pemiliknya. Nah jika hal tersebut terjadi, maka cara yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut.

1. Bantulah Adaptasi di Lingkungan Barunya

Jika baru pertama kali dan awam banget pengetahuan tentang cara menjinakan kucing anggora, maka caranya cukup di bantu untuk beradaptasi. Ketika pertama kali datang ke tempat barunya, jangan langsung ditinggalakan begitu saja di tempat barunya. Tapi coba kenal kan dengan barang-barang atau mainan baru agar si kucing tidak kaget.

2. Ajak jalan-jalan

Setelah bisa sedikit beradaptasi dengan lingkungan barunya, kucing anggora juga bisa diajak berjalan-jalan untuk lebih mengenali lingkungan sekitarnya. Ini akan lebih membuat dia terasa jauh lebih nyaman daripada hanya sekedar diam saja di dalam ruangan.

Menjinakan Kucing Persia

cara merawat kucing campuran
youtube.com

Kucing Persia merupakan ras kucing yang tergolong cukup banyak yang menyukai nya. Selain karena memiliki wajah yang lucu, kucing yang satu ini juga biasanya cukup friendly untuk bisa diadopsi. Tapi agar kucing Persia ini bisa lebih menuruti apa yang diinginkan pemiliknya maka hal-hal berikut ini harus coba dipraktekkan.

1. Jangan Sungkan untuk Bercanda dengan Si Kucing

Hal yang bisa membuat kucing Persia sangat dekat dengan pemiliknya adalah karena seringnya di ajak bercanda. Lakukanlah hal ini sesering mungkin jika memang ada waktu. Dengan cara seperti ini, kucing akan merasa lebih nyaman dan akan sangat betah saat berada dekat dengan pemiliknya.

2. Mengajaknya Jalan-Jalan

Selain bercanda, mengajak kucing Persia jalan-jalan juga terbilang ampuh dan efektif untuk bisa membuat ia lebih jinak. Jika hal ini sering dilakukan, kucing Persia akan menjadi kucing yang sangat menuruti apa yang diinginkan oleh pemiliknya.

Cara Menjinakan Kucing Hutan

cara menjinakan kucing hutan
goodfon.com

Salah satu lagi jenis kucing yang mungkin sesekali menarik perhatian para pecinta kucing adalah kucing hutan. Walaupun kucing yang satu ini sudah sangat langka dan statusnya dinyatakan appendix oleh pemerintah Indonesia.

Namun tidak ada salahnya bagi para pecinta kucing untuk mengetahui cara menjinakannya jika memang suatu saat menemukan kucing yang satu ini.

1. Berilah pendekatan

Kucing hutan berbeda dengan jenis kucing yang lainnya, sehingga perlu pendekatan tersendiri untuk bisa menjinakkannya. Akang dibutuhkan banyak waktu untuk membuat jenis kucing ini merasa nyaman. Bukan apa-apa sebabnya hewan yang satu ini sudah terbiasa hidup di alam bebas.

Oleh karenanya, perlakuan yang diberikan harus secara perlahan dan tidak buru-buru. Bahkan kalau bisa perlakukanlah seperti merawat anak sendiri. Jika tidak seperti itu, maka bukan tidak mungkin bahwa hewan liar yang satu ini dapat jadi bumerang bagi pemiliknya.

2. Jangan Pernah Memaksanya

Disamping pendekatan perlahan yang dilakukan, satu hal lagi yang tak boleh dilewatkan adalah jangan pernah sekalipun untuk memaksanya. Hal ini dikarenakan jika kucing hutan ini dipaksa, dikhawatirkan akan langsung agresif dan mengeluarkan sifat aslinya.

Itulah beberapa cara menjinakan kucing yang terbukti ampuh dan efektif. Namun sebelum melakukan cara-cara tersebut ada baiknya kenali dulu jenis atau ras kucing yang akan dijinakkan. Dengan begitu, siapapun yang akan melakukannya tidak akan mengambil tindakan yang salah sehingga waktu yang dibutuhkan untuk menjinakkannya pun tidak akan memakan waktu yang lama.

Cara Menjinakan Kucing

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.