Pengganti Susu Untuk Anak Kucing

127 View

Jika induk kucing tidak mau menyusui anaknya, maka penting untuk mencari pengganti susu untuk anak kucing karena anak kucing membutuhkan banyak nutrisi demi perkembangan tubuhnya. Akan tetapi, susu yang diberikan tidak bisa sembarang susu, apalagi susu sapi untuk manusia yang mengandung laktosa.

Anak kucing tidak memiliki enzim yang cukup untuk mencerna laktosa pada susu sapi, bahkan jika dikonsumsi dapat mengganggu kesehatan seperti diare. Oleh sebab itu, penting untuk mencari pengganti susu yang terbaik bagi anak kucing dengan beberapa rekomendasi berikut:

1. Air Susu dari Induk Lain

Air Susu dari Induk Kucing Lain

Pengganti susu untuk anak kucing yang pertama adalah air susu dari induk kucing lain. Pemilik bisa mencari induk kucing pengganti yang bisa merawat dan mau memberikan air susunya untuk anak kucing agar tumbuh kembangnya dapat berjalan maksimal.

Namun, ide mencari induk kucing pengganti ini tidak selamanya berhasil. Sebab, tak sedikit induk kucing yang menolak memberikan air susu untuk anak kucing dari induk kucing lainnya.

2. Growssy Milk

Growssy Milk Pengganti Susu Untuk Anak Kucing

Growssy milk merupakan produk susu kucing asal negara New Zealand yang sangat terkenal di Indonesia. Bentuk susu growssy adalah bubuk mikro yang mudah untuk dilarutkan dan tidak akan berubah menjadi gumpalan, selain itu harga susu kucing ini juga ekonomis sehingga bisa dibeli banyak kalangan.

Terdapat laktosa pada susu ini, namun kadarnya cukup rendah sehingga aman untuk diminum anak kucing. Susu growssy mengandung banyak manfaat sebagai antioksidan kompleks seperti minyak ikan, vitamin C, vitamin E, serta taurin yang bisa bantu menjaga sistem kekebalan tubuh anak kucing.

BACA JUGA:  Distemper pada Kucing

Baca Juga: Kucing Exotic Shorthair

3. PetAg Kitten Milk Replace

PetAg Kitten Milk Replace

Pengganti susu untuk anak kucing selanjutnya adalah merk PetAg Kitten Milk Replace yang diformulasikan tanpa kandungan laktosa sehingga aman diminum anak kucing. Kandungan dalam susu ini adalah kalori, karbohidrat, vitamin dan mineral, lemak dan protein yang bermanfaat bagi perkembangan anak kucing.

Susu PetAg Kitten Milk Replace berbentuk bubuk, sehingga ketika ingin dikonsumsi kucing harus dicairkan terlebih dulu. Harga susu ini berada di kisaran sekitar 400 ribu-500 ribu rupiah.

4. Royal Canin Babycat Milk

Royal Canin Babycat Milk

Sebagai pecinta kucing, sudah pasti tak asing dengan merk Royal Canin. Merk yang terkenal akan kualitasnya ini, nyatanya tidak hanya memproduksi makanan kucing tetapi juga memproduksi susu khusus anak kucing.

Namun, tidak semua anak kucing bisa menikmati susu ini karena Royal Canin Babycat Milk cenderung berfungsi untuk anak kucing ras, seperti anggora ataupun persia. Kualitas susunya yang premium, merk susu ini dibandrol harga sekitar 250 ribu rupiah per kemasan 300 gram.

5. Eco Pet Goat Milk Colostrum

 Eco Pet Goat Milk Colostrum

Eco Pet Goat Milk Colostrum merupakan susu khusus anak kucing yang terbuat dari susu kambing etawa murni. Susu Eco Pet Goat Milk Colostrum diklaim bebas pengawet, sehingga aman dikonsumsi anak kucing.

Selain bagus untuk menjaga daya tahan tubuh anak kucing, susu ini juga membantu bersihkan saluran kencing. Bahkan, susu ini juga berperan sebagai antiinflamasi yang membantu meredakan peradangan pada anak kucing.

6. Koneko Baby Cat Milk

Koneko Baby Cat Milk

Merk pengganti susu untuk anak kucing selanjutnya adalah merk Koneko Baby Cat Milk yang berasal dari negara sakura, Jepang yang dibandrol seharga 24 ribu rupiah. Susu ini mengandung laktosa dengan kadar yang rendah, sehingga aman bagi anak kucing yang ingin mengonsumsi.

Koneko Baby Cat Milk mengandung nutrisi yang bagus untuk perkembangan anak kucing. Selain itu Koneko juga mengandung kalsium tinggi, protein, DHA, taurin dan antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas dalam tubuh anak kucing. Merk susu ini cocok dikonsumsi untuk bayi kucing yang baru lahir.

BACA JUGA:  Kucing Muntah

Artikel Lain: Kenapa Kucing Mengeong

7. Top Growth Kitten Milk Replacer

Top Growth Kitten Milk Replacer

Merk selanjutnya adalah Top Growth Kitten Milk Replacer yang cocok dijadikan sebagai alternatif pengganti susu anak kucing yang bagus. Harga merk susu kucing ini juga cukup terjangkau yaitu sekitar 30-50 ribu rupiah untuk kemasan kantong seberat 250 gram.

Dengan labelnya, yaitu Kitten Milk Replacer (KMR), merk susu ini tentu memiliki formulasi yang bagus untuk perkembangan serta meningkatkan daya tahan tubuh anak kucing. Sehingga, bisa jadi salah satu pilihan terbaik untuk anak kucing yang dipelihara.

8. Hartz Kitten Milk Replacer Powdered Formula

Hartz Kitten Milk Replacer Powdered Formula

Hartz adalah salah satu produsen makanan untuk hewan dengan kualitas premium yang juga memproduksi beberapa susu kucing. Merk Hartz Kitten Milk Replacer Powdered Formula merupakan sejenis susu formula kucing yang bisa memaksimalkan tumbuh dan perkembangan anak kucing dalam kurun waktu enam minggu setelah dilahirkan.

Merk susu ini mengandung kalsium tinggi baik untuk pertumbuhan tulang, vitamin untuk pertumbuhan tubuh dan asam linoleat untuk menyehatkan kulit. Selain itu nyatanya susu ini juga cocok dikonsumsi kucing yang tengah bunting, masa menyusui dan yang tengah proses pemulihan tubuh.

9. Zeal Lactose Free Pet Milk for Cats and Dogs

Zeal Lactose Free Pet Milk for Cats and Dogs

Mencari susu yang bebas laktosa, maka merk susu dari Selandia baru ini bisa dijadikan sebagai salah satu pilihan yang bagus dan pas. Sebab, sekitar 99.5% susu dari Zeal Lactose Free Pet Milk for Cats and Dogs ini mengklaim bahwa merknya sudah bebas dari kandungan bahan laktosa per nutrisi dan juga bebas dari gluten serta hipoalergenik.

Merk susu ini cair, jadi bisa langsung diminum dengan praktis tanpa repot diseduh. Menariknya, produk ini tidak hanya membantu pertumbuhan dan perkembangan anak kucing, tetapi juga membantu untuk menjaga daya tahan tubuh, tulang dan jantung karena kandungan beta karoten, CLA serta asam lemak omega-3 pada produknya.

10. Whiskas Milk For Cats

Whiskas Milk For Cats

Whiskas juga termasuk ke dalam merk makanan kucing yang sangat terkenal di Indonesia. Selain memproduksi makanan, merk ini juga memproduksi susu kucing yang hampir 98% tidak mengandung laktosa.

BACA JUGA:  Makanan untuk Kucing Menyusui

Jika ingin memberikan susu anak kucing khusus suplemen non-pencernaan, maka susu ini cocok diberikan. Bahkan, merk susu ini masuk ke dalam pilihan ahli gizi sebagai salah satu merk susu kucing terbaik.

11. Dr. Clauder’s Pro Life Kitten Milk

Dr. Clauder’s Pro Life Kitten Milk

Merk susu satu ini merupakan produk asli asal negara asal Jerman yang cocok diminum oleh bayi kucing hingga kucing berusia dewasa. Didesain dengan bentuk bubuk, susu ini bisa disimpan lebih lama dibandingkan susu cair.

Mengandung banyak nutrisi seperti asam amino, lemak omega 3, protein, vitamin, mineral dan protein organik, merk susu ini menjadi salah satu merk susu pengganti terbaik untuk kucing. Bahkan juga sangat cocok dikonsumsi untuk kucing dewasa.

12. Beaphar Kitty Milk

Beaphar Kitty Milk

Momen pertumbuhan serta perkembangan anak kucing adalah momen krusial yang penting, sehingga perhatian harus terpusatkan pada anak kucing. Terlebih jika induk kucing tidak ada, otomatis kebutuhan nutrisi menjadi aspek paling penting yang harus dipenuhi.

Salah satu cara memenuhi nutrisinya bisa dengan memberikan Beaphar Kitty Milk yang mengandung 32% protein, minyak, vitamin, dan taurin agar pertumbuhannya sehat dan aktif. Merk susu ini dikemas berbentuk bubuk dalam kemasan 200 gram dan dinilai setara dengan 700 ml susu cair.

Sekarang sudah tahu kan daftar pengganti susu untuk anak kucing yang bagus agar nutrisi terpenuhi dengan sangat baik. Jadi, pemilik tidak perlu risau lagi jika anak kucing ditinggal pemiliknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.