Cara Memandikan Anak Kucing

47 View

Kini, semakin banyak orang yang tertarik untuk memelihara anak kucing karena dianggap sebagai salah satu hewan yang menggemaskan. Hanya saja, masih banyak yang merasa bingung soal cara memandikan anak kucing yang memang benar dan sesuai.

Ada beberapa hal yang memang perlu diperhatikan soal seperti apa cara untuk memandikan anak kucing. Untuk lebih jelasnya mengenai bagaimana cara yang benar untuk memandikan kucing, maka simak uraian berikut:

1. Menyiapkan Bahan dan Alat

Menyiapkan Bahan dan Alat untuk mandikan anak kucing

Hal pertama yang perlu dilakukan untuk memandikan kucing yakni menyiapkan bahannya dahulu. Dimulai dari sabun dan shampoo serta produk yang lain yang biasa dipakai untuk memandikan anak kucing.

Jangan lupa pula untuk menyiapkan beberapa alat yang wajib ada saat ingin memandikan anak kucing. Dimulai dari menyiapkan handuk yang memang kering dan khusus serta sisir sikat yang cocok dengan anak kucingnya.

Tak kalah penting pula untuk tidak memilih produk hanya karena ada promo dalam jumlah yang besar. Sebelum membeli produk yang dipakai, alangkah baiknya untuk memperhatikan reviewnya.

Baca Juga: kenapa kucing mengeong

2. Memilih Waktu yang Tepat

Memilih waktu yang tepat untuk memandikan anak kucing

Kemudian ada cara yang lainnya yang jangan sampai dilewatkan untuk dipahami sejak awal sebelum mencoba memandikan. Hal yang penting untuk diperhatikan adalah menentukan terlebih dahulu soal waktu yang tepat untuk memandikan.

Dimulai dari memeriksa kondisi dari anak kucing yang akan dimandikan apakah memang dalam kondisi senang. Selain itu, pastikan untuk membuat perasaan dari anak kucing menjadi rileks sebelum dinantikan secara perlahan.

Jangan lupa untuk mencoba memberikan asupan makanan yang tepat dan cukup agar anak kucing tidak kelaparan. Setelah itu, tentukan waktu yang paling tepat lainnya apakah di pagi hari atau sore hari nantinya.

BACA JUGA:  Cara Mengobati Kucing Mencret

3. Memotong Kuku Anak Kucing

Memotong Kuku Anak Kucing

Adapun cara memandikan anak kucing yang ketiga ini berkaitan dengan beberapa bagian tubuhnya yang khusus. Masih banyak diabaikan begitu saja, ternyata sangat penting untuk memeriksa kuku dari anak kucing tersebut.

Memandikan anak kucing secara rutin juga berarti membersihkan kuku yang ada di anak kucing tersebut. Untuk melakukan bagian ketiga ini, bisa menggunakan bantuan dari alat potong kuku yang memang aman.

Kemudian jangan lupa untuk mencoba menyisir terlebih dahulu rambut kucing yang ada di dekat kukunya. Pastikan untuk nanti memotong kuku yang ada dengan lebih perlahan sehingga tidak ada luka di sana.

4. Menyisir Bulu Anak Kucing

Menyisir Bulu Anak Kucing

Hal yang selanjutnya yang perlu dilakukan adalah dengan lebih memperhatikan bulu yang ada di tubuh kucingnya. Banyak yang masih mengabaikan bulu di tubuh anak kucing karena dianggap tidak selebat dengan kucing indukan.

Sebaiknya nanti menggunakan bantuan dari sebuah bulu sikat kucing dengan tekstur yang lembut saat dipakai. Selain itu, coba juga untuk menutup telinga kucing dengan bahan yang lembut seperti kapas saat melakukannya.

5. Menggunakan Air yang Hangat

Menggunakan Air yang Hangat untuk memandikan anak kucing

Selanjutnya, cara memandikan anak kucing yang harus dilakukan adalah dengan menyiapkan air yang memang sesuai. Mungkin masih ada beberapa orang yang memelihara anak kucing yang kebingungan saat menentukan air yang akan dipakai.

Untuk rekomendasinya, sebaiknya jatuhkan pilihan pada air yang hangat sehingga nanti anak kucing tidak kedinginan. Jika menggunakan bantuan dari air hangat, maka nanti kucing akan merasa lebih aman dan tidak kepanasan.

Artikel Terkait: pengganti susu untuk anak kucing

6. Menyirami Tubuh dengan Hati-Hati

Menyirami Tubuh dengan Hati-Hati dalam memandikan anak kucing

Untuk cara memandikan anak dari kucing yang tepat terletak pada cara menyiramkan airnya. Pastikan air yang sudah disiapkan itu hangat sesuai dengan apa yang mampu diterima oleh anak kucing.

Saat ingin menyirami tubuh dari anak kucing, maka jangan samakan dengan kucing yang indukan tentunya. Bisa dilakukan dengan menggunakan bantuan dari selang semprot yang khusus untuk membasahi tubuh dari anak kucingnya.

BACA JUGA:  Efek Madu Pada Kucing

Bisa dimulai untuk menyemprotkan air tersebut ke bagian bulunya namun tidak ke telinga atau hidung. Namun jika tidak memiliki selang semprot untuk melakukannya, maka bisa memanfaatkan bantuan dari gayung biasa.

7. Memakai Shampo yang Khusus

Memakai Shampo yang Khusus untuk memandikan anak kucing

Berikutnya, cara memandikan anak kucing adalah dengan memperhatikan produk apa yang nanti akan dipakai secara langsung. Terutama untuk produk yang berkaitan dengan sabun dan shampo yang berbeda dari kucing yang induk.

Sejak awal, sebaiknya semua orang yang memiliki anak kucing mencari produk shampo yang jelas bagus. Selain itu, cek pula mengenai kandungan yang ada di dalamnya, agar dipastikan aman.

Cara untuk menggunakan shampo ini adalah dengan memijat bulu kucing dengan perlahan dan tentunya memang nyaman. Bisa dimulai dengan bagian kepala ke bawah, tepatnya ke ekor yang menjadi arah pertumbuhan bulu.

8. Membilas Rambut secara Perlahan

Membilas Rambut secara Perlahan untuk memandikan anak kucing

Menggunakan shampo yang khusus bisa dibilang tidak cukup demi bisa memandikan anak kucing dengan benar. Kali ini, harus dilanjutkan dengan proses pembilasan rambut di anak kucing yang memang benar dan berhati-hati.

Bisa memilih mana alat yang akan digunakan sesuai dengan kebutuhan, baik selang semprot atau gayung. Namun nantinya saat membilas bagian yang sudah diberi shampo, lakukan dengan perlahan dan cek bagian mata.

Pastikan saat melakukannya secara langsung, tidak membuat bagian yang khusus menjadi iritasi setelah anak kucing mandi. Selain bagian mata, pastikan juga untuk membilas sisa shampo yang ada di sana tanpa mendekati telinga.

9. Membersihkan Bagian Wajah Kucing

Membersihkan Bagian Wajah Kucing untuk memandikannya

Kemudian ada sebuah cara memandikan anak kucing yang secara sederhana bisa dibilang sebagai yang tersulit. Mungkin tak hanya untuk pemula, beberapa orang yang berpengalaman pun mengaku kesulitan untuk bagian ini.

Selain diperlukan ketelitian yang lebih, membersihkan wajah di anak kucing ini bisa dilakukan dengan alat khusus. Atau bisa juga menggunakan bantuan dari waslap yang biasa namun bersih untuk membersihkan kotoran di wajah.

Namun jika menggunakan bahan yang khusus untuk cuci muka anak kucing, perhatikan tekstur dari bahannya dahulu. Pastikan sejak awal bahwa bahan yang digunakan itu memang lebih encer dan aman untuk anak kucing.

BACA JUGA:  Distemper pada Kucing

10. Mengeringkan Tubuh dengan Handuk

Mengeringkan Tubuh dengan Handuk untuk memandikan anak kucing

Rutinitas seperti memandikan anak kucing memang bukan hal yang mudah dilakukan apalagi dalam waktu rutin. Jika semua hal yang di atas sudah dilakukan dengan benar, maka nanti hanya perlu bagian pengeringan.

Jika dilihat secara sekilas, memang terlihat mudah untuk mengeringkan badan dari anak kucing yang sedang basah. Sebaiknya sejak awal pastikan sudah menggunakan sebuah produk handuk terbaik yang memang dikhususkan anak kucing.

Cek apakah bahan dari handuk tersebut memang sudah lembut dan tidak akan memunculkan adanya iritasi. Saat mengeringkan anak kucing yang baru selesai mandi pun diharapkan dilakukan dengan perlahan dan tidak tergesa-gesa.

Demikian beberapa cara memandikan anak kucing yang bisa dikenali dahulu sejak awal sebelum mencoba langsung. Ada yang berkaitan dengan bahan serta alat yang dipakai sampai pada mengeringkan yang perlu kehati-hatian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.