Mudah! Cara Melatih Burung Pleci Supaya Cepat Buka Paruh

Cara melatih burung pleci supaya cepat buka paruh menjadi salah satu yang ingin dipelajari saat memiliki bakalan. Burung pleci sendiri adalah merupakan salah satu jenis burung kicau yang cukup banyak digemari. Terutama saat sudah menjadi masteran. 

Oleh sebab itu dalam artikel kali ini akan diulas apa saja cara atau langkah yang dapat dilakukan untuk melatih burung pleci. Sehingga nantinya burung pleci ini mudah atau lekas membuka paruhnya dan mudah berkicau. Sebab ini juga tidak mudah. 

Tak hanya membahasnya bagaimana cara agar pleci mudah buka paruh saja, dalam artikel kali ini juga akan dibahas sekilas tentang burung pleci. Sebab memang punya kicauan dengan ciri khas. Agar tak makin penasaran, maka langsung simak saja ulasannya di bawah, berikut:

Burung Pleci 

Pertama adalah mengenal lebih jauh tentang burung pleci. Pleci sendiri merupakan salah satu jenis burung pengicau yang punya ciri khas pada matanya. Di mana burung pleci punya ciri khas dengan mata berwarna putih. 

Dalam keluarga burung bermata putih, pleci adalah spesies yang punya jumlah paling banyak di dalamnya. Burung ini sendiri tersebar di beberapa negara yang ada di dunia. Salah satunya burung ini ada di Indonesia dan masih cukup mudah ditemukan. 

Selain identik dengan warna mata yang putih, burung pleci juga punya badan yang relatif kecil. Di mana untuk ukuran tubuhnya sendiri hanya 8 hingga 15 cm. Atau setara dengan 3 hingga 3 inci jika diukur dari umur ekor dan ujung paruhnya. 

Ciri lain dari burung ini adalah punya cincin atau lingkaran putih yang berada di sekitar mata dan mengelilinginya. Namun ada juga beberapa spesies yang tidak memilikinya. Jadi saat menemukan burung pleci tak ada lingkar cincin, maka itu bukan berarti palsu. 

Burung pleci juga dijuluki sebagai burung pintar dan cerdas. Juga dikenal karena kemampuannya yang punya beragam suara. Jadi tak heran jika dari dulu hingga sekarang burung ini cukup banyak peminat yang ingin memilikinya. 

Fakta Burung Pleci

Cara membedakan burung pleci jantan dan betinanya yaitu dengan melihat warna bulunya. Pada beberapa spesies pleci, ada perbedaan warna bulu antara jantan dan betina. Namun, ini bisa bervariasi tergantung pada spesiesnya. Sebaiknya Anda merujuk pada buku panduan atau sumber informasi yang akurat untuk mengetahui perbedaan warna bulu pada spesies pleci tertentu.

Cara Melatih Burung Pleci Supaya Cepat Buka Paruh

Cara Melatih Burung Pleci Supaya Cepat Buka Paruh

Setelah setelah tahu sekilas mengenai pengertian burung pleci maka kali ini akan dijelaskan tentang bagaimana cara melatih burung pleci agar cepat buka paruh. Jadi cara melatih burung pleci supaya cepat buka paruh sendiri sebenarnya cukup mudah. Hanya saja semua butuh ketelitian dan kesabaran.

1. Berhenti Berikan Pakan Buah-buahan dan Lakukan Pengembunan

Hal pertama yang dapat dilakukan adalah dengan berhenti memberikan pakan buah-buahan. Mungkin selama ini pleci yang dipelihara sering diberikan pakan buah-buahan seperti pepaya atau lainnya. Namun jika ingin cepat buka paruh maka sebaiknya hentikan hal tersebut.

Memberikan pakan buah-buahan pada burung pleci dapat menghambat buka paruh dan lambat mengucah. Oleh sebab itu, gantilah buah-buahan dengan pakan berupa ulat kandang. Harus diingat ini ulat kandang bukan ulat Hongkong.

Untuk ukuran pemberiannya sendiri bisa sebanyak setengah mangkok kecil. Jenis ulat ini bisa didapatkan di pasar unggas atau tempat lainnya yang memang menyediakan. Lalu hal lain yang dapat dijalankan adalah dengan melakukan pengembunan.

Jadi pengampunan ini dapat dilakukan dari pukul 05.00 pagi hingga 07.00 pagi. Fungsi dari pengembunan ini sendiri adalah agar burung pleci dapat lebih sehat. Juga membantu merangsang buruk untuk buka paruh.

2. Mandikan Pleci dan Lakukan Penjemuran 

Kemudian cara melatih burung pleci supaya cepat buka paruh selanjutnya adalah dengan memandikan burung. Untuk memandikan pleci sendiri bisa dengan semprotan khusus agar bisa lebih leluasa. Air sendiri bisa ditambahkan dengan shampo Jatijajar sebagai desinfektan. 

Penggunaan shampo Jatijajar saat memandikan burung adalah sebagai jenis infektan untuk membunuh kuman pada bulu. Dengan memandikan burung secara teratur maka hal ini dapat memberikan pengaruh terhadap kinerja burung. Juga agar bulu terbebas dari kuman. 

Setelah selesai memandikannya maka bisa segera lakukan penjemuran. Penjemuran sebaiknya dilakukan pada jam 07.00 pagi hingga jam 10.00 siang usahakan jangan lebih dari jam tersebut. Sebab menjemur saat jam 10.00 siang lebih tidak baik untuk kesehatannya. 

Perlu diingat lagi bahwa saat melakukan penjemuran usahakan untuk tidak memberikan makanan dan juga minuman. Hal ini bertujuan untuk melatih atau mengatur pernapasan burung. Sehingga nanti akan lebih mudah membuka paruh dan bersuara.

3. Beri Vitamin dan Letakkan di Tempat yang Teduh

Lalu langkah selanjutnya yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan vitamin. Pemberian vitamin ini bisa dicampur dengan minuman. Vitamin yang digunakan adalah Ebod Vit dan pastikan takaran yang digunakan pas. 

Untuk takarannya sendiri pun vitaminnya sebanyak 5 tetes dicampur dengan 50 ml air. Namun sebelum diberikan vitamin alangkah baiknya jika diberikan susu kental manis terlebih dahulu saat siang hari tanda pastikan dilakukan secara berurutan.

Setelah semua dilakukan maka bisa langsung angin-anginkan burung pleci selama kurang lebih 15 menit. Pastikan angin-anginkan burung pleci ini di tempat yang teduh dan sejuk tidak terkena panas. Ini bertujuan agar burung merasa tenang dan nyaman.

4. Jangan Dikerodong

Kemudian langkah selanjutnya yang dapat dilakukan adalah pastikan untuk membuka kerodong pada kandang burung. Ini pun berlaku saat malam hari. Pastikan juga untuk menggantung kandang burung di tempat yang tinggi.

Tak hanya di tempat yang tinggi namun pastikan juga jauh dari jangkauan hewan yang akan mengganggu seperti kucing anjing atau lainnya. Sehingga Burung pun akan merasa aman dan lebih tenang. Kemudian tinggal lakukan secara rutin.

Seperti yang telah diuraikan diatas, sebenarnya caranya cukup mudah hanya saja memang perlu dilakukan secara rutin. Baru nanti setelah membuka paruh cara merawat burung pleci akan sedikit berbeda. Bahkan untuk makanannya sendiri nanti juga akan berubah.

Tujuan membuka kerodong kandang pada saat malam hari adalah agar burung merasa tenang. Juga bertujuan agar burung tidak mudah stres dan tetap dapat melihat luar kandang. Jadi, pastikan jangan menutup kerodong jika ingin burung pleci cepat buka paruh.

5. Lakukan Pemasteran

Lalu selanjutnya yang harus dilakukan adalah dengan melakukan pemasteran. Tahap ini dapat dilakukan saat memang burung sudah membuka paruh dengan benar. Caranya sendiri pun cukup mudah yang terpenting adalah dengan mengangin-anginkannya di luar ruangan.

Sembari burung diangin-anginkan di luar ruangan gunakan audio MP3 atau suara burung yang sudah gacor. Sehingga nanti Burung pun dapat menirukan suara-suara dari MP3 yang diputar. Proses ini dapat dilakukan selama 15 menit sehari.

Lalu jangan lupa meletakkan burung pleci pada kandang umbaran atau tempat yang lebih besar. Hal ini bertujuan untuk melatih otot-otot pada burung sehingga tidak terbatas di sangkar saja. Sehingga nanti tidak ada penumpukan lemak pada tubuh.

Demikian tadi ulasan cara melatih burung pleci supaya cepat buka paruh yang dapat dilakukan. Tatap tahap-tahap diatas cukup mudah namun yang perlu diperhatikan adalah rutin dilakukan. Dengan begitu, maka burung akan cepat membuka paruhnya dan dapat berkicau. 

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.