Cara Mengobati Kucing Flu

CARA MENGOBATI KUCING FLU – Kucing merupakan hewan yang cocok dijadikan sebagai hewan peliharaan di rumah. Namun, jika memiliki kucing yang dipelihara di rumah, harus senantiasa menjaga kebersihan serta kesehatan kucing kesayangan.

Hal itu dikarenakan kucing yang sehat juga akan lebih menyenangkan hati pemiliknya serta aman berada disekitarnya. Berbeda dengan kucing yang sakit, ia akan lebih cenderung pendiam terlebih bisa menyebabkan penyakit bagi sang empunya. Sakit yang mungkin dan juga sering diderita oleh kucing yaitu flu.

Pemilik kucing tidak bisa membiarkan flu pada kucing tersebut terus menerus dan harus segera mencari cara mengobati kucing flu.

Penyebab Flu Pada Kucing

Penyebab Flu Pada Kucing
vitamin untuk kucing flu – bluecross.org.uk

Terkait dengan penyebab dari flu, umumnya flu disebabkan oleh cuaca dan daya tahan tubuh yang lemah. Namun, ada beberapa penyebab lainnya yang harus diketahui bagi pecinta kucing.

Penyebab dari flu kucing harus segera dikenali dan diketahui agar bisa segera memberikan pertolongan pertama dan pengobatan kepada kucing kesayangan. Berikut ini adalah beberapa penyebab flu yang terjadi pada seekor kucing.

1. Belum Divaksin

Vaksin adalah hal yang sangat penting yang tidak boleh dilupakan saat hendak memelihara seekor kucing. Kucing yang masih kecil atau sering disebut dengan  kitten harus dijaga ekstra agar tidak terserang flu.

Kucing bisa menjalani atau mendapatkan vaksin setelah kucing berumur sekitar 4 bulan. Vaksin harus dilakukan untuk mencegah terserangnya virus yang bisa mengakibatkan flu pada kucing.

2. Daya Tahan Tubuh Yang Lemah

Kucing yang memiliki daya tahan tubuh yang lemah lebih rentan terserang penyakit termasuk flu kucing. Kucing kesayangan kita yang memiliki daya tahan tubuh lemah bisa tertular flu dari kucing lainnya di sekitarnya. Karena itu,harus ekstra menjaga pergaulan kucing kesayangan dan membatasi area aman bermainnya.

Selain itu, menurunnya daya tahan tubuh bisa disebabkan oleh terjangkitnya virus pada kucing. Oleh sebab itu, si pemilik harus waspada dan segera mengetahui apakah kucing peliharaan terserang virus dan daya tahan tubuhnya menurun atau tidak.

3. Bakteri Yang Menyerang

Factor penyebab yang ketiga yaitu bakteri. Bakteri yang bisa menyerang kucing dan menjadi penyebab flu pada kucing yaitu bakteri Chlamydophila Felis dan juga Bordetella Bronchiseptica. Kedua bakteri tersebut, kucing kesayangan bisa terserang flu yang berat. Tidak hanya kucing, bateri tersebut juga bisa menyerang anjing. Karena itulah, pemiliknya harus menjaga kebersihan area yang ada disekitar kucing.

Mengetahui penyebab saja tidak cukup bila tidak mengetahui cara mengobati kucing flu. Namun sebelum itu, tentu harus tahu bagaimana ciri kucing yang terserang penyakit flu.Di bawah ini akan disaikan penjelasan selengkapnya mengenai ciri-ciri yang ada pada kucing saat terserang flu.

Ciri-Ciri Kucing yang Terserang Flu

Ciri-Ciri Kucing yang Terserang Flu
gejala kucing terserang flu – vets-now.com

Ada banyak ciri yang menunjukkan seekor kucing yang terserang flu. ciri-ciri tersebut merupakan tanda-tanda bahwa si kucing sedang dalam keadaan yang lemah dan membutuhkan bantuan. segeralah memeriksakannya ke dokter hewan atau memberikan obat sederhana sebagai pertolongan pertama, berikut gejala kucing yang terserang flu.

  • Suhu badan naik
  • Kucing mengalami bersin yang berlebihan
  • Nafsu makan yang berkurang derastis dan juga mendadak
  • Rona mata berubah menjadi kemerahan
  • Mata kucing berair seperti meneteskan air mata
  • Hidung cenderung beringus
  • Kucing mengalami batuk terus menerus

Lantas, setelah mengetahui ciri-ciri serta penyebab flu pada kucing bagaimana cara mengobati kucing flu? Setelah mengetahui gejala atau ciri flu  pada kucing maka harus segera melakukan pengobatan atau pertolongan pertama untuk mencegah flu tersebut bertambah parah terutama pada kucing kecil atau kitten.

Inilah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengobati kucing yang sakit flu.

Cara Mengobati Kucing Flu

Cara Mengobati Kucing Flu
racikan obat flu untuk kucing – nypost.com

Ada berbagai cara yang bisa dicoba sebagai cara mengobati kucing flu. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dicoba di rumah untuk mengobati si kucing kesayangan.

1. Memberi Larutan Madu

Madu merupakan obat yang ampuh mengobati segala jenis penyakit. Namun siapa sangka jika madu juga bermanfaat untuk mengobati flu pada kucing. pemilik anya perlu membuat larutan madu yang berupa campuran madu dan air. Campurkan keduanya dan aduk hingga merata.

Minumkan kepada kucing peliharaan. Dengan pengobatan menggunakan larutan madu dengan rutin selama  4 jam sekali, maka kucing kesayangan sudah bisa sembuh dari flu yang dideritanya.

2. Mencukupi Asupan Vitamin

Cara mengobati kucing flu lainnya yaitu dengan memberikan vitamin pada kucing. Vitamin yang pas untuk mengobati kucing yang terserang flu yaitu vitamin yang mengandung probiotik.

Vitamin akan meningkatkan kekebalan dan juga daya tahan tubuh si kucing kesayangan. Selain itu, vitamin juga akan mencukupi kebutuhan nutrisinya sehingga ia lebih kebal terhadap penyakit.

3. Merjemur Si Kucing

Sinar matahari merupakan anugrah tersebesar dan mampu mengobati penyakit apapun termasuk flu pada kucing. Sinar matahari mampu membunuh dan memusnahkan kuman dan bakteri penyebab flu pada kucing. Caranya sangatlah mudah.

Jemurlah si kucing di bawah sinar matahari sekitar pukul 7 hingga 9 pagi. Janganlah terlalu lama menjemurnya karena si kucing akan kepanasan. Cukup 10 menit saja. Selain itu, perhatikan jam menjemur. Usahakan jemurlah kucing di pagi hari dan jangan terlalu siang.

4. Memastikan Kucing Tetap Hangat

Salah satu cara mengobati kucing flu yang paling penting adalah menjaga si kucing tetap dalam keadaan yang hangat. Entah saat ia sakit ataupun saat sehat. Menjaga suhu tubuh juga merupkaan antisipasi pencegahan flu pada kucing.

Jika cuaca di luar sedang buruk seperti hujan lebat dan angina yang sangat kencang, pastikan melindungi si kucing dengan sempurna sehingga kucing tetap dalam keadaan hangat dan nyaman.

5. Bersihkan Ingus Kucing

Jika si kucing sedang mengalami flu, maka sang pemelihara harus rajin-rajin untuk membersihkan ingus si kucing. Ingus tersebut mengandung banyak kuman dan bakteri yang dapat memperparah flu si kucing. Jika ingin ia lekas sembuh, usap dan bersihkan ingusnya.

6. Tidak Memandikan Terlalu Sering

Saat si kucing kesayangan sedang flu, pastikan untuk tidak memandikannya. Hal itu karena saat mengalami flu, kucing jadi rentan terhadap air sehingga akan lebih baik jika tidak memandikannya terlebih dahulu hingga si kucing sembuh total dari flu yang di deritanya.

Selain itu, jika memandikannya selagi sehat, sebagai pencegahan yakni harus mengeringkan bulu dan kulitnya setelah selesai mandi.

Selain untuk menjaga si kucing agar tidak kedinginan, mengeringkan  kucing juga bisa mencegahnya masuk angin dan mencegah tumbuhnya bakteri pada kulit kucing yang basah. kulit yang lembab terlalu lama akan menjadi sarang jamur dan membuat si kucing gatal-gatal.

Cara Mengobati Kucing Flu Secara Alami

Cara Mengobati Kucing Flu Secara Alami
iammangageek.ru

Sama halnya dengan manusia, kucing pun rawan terkena flu pada musim pancaroba. Pada periode pancaroba tahun lalu, Januari – Februari 2019, jumlah kucing yang dirawat di Puskesmas hewan di Cimahi karena kasus flu saja mencapai 208 kucing.

Untuk mencegah kucing sampai perlu dirawat di puskesmas, maka para pemilik kucing harus mengetahui cara mengobati kucing flu secara alami.

Pada umumnya, kucing flu dianggap sebagai penyakit yang ringan dan tidak membahayakan. Padahal jika tidak segera ditangani dengan benar, maka penyakit flu bisa semakin parah dan menyebabkan kucing meninggal.

Flu pada kucing biasanya ditandai dengan peradangan hingga lendir hidung yang membuatnya susah bernafas yang bisa berujung ke kematian kucing.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan pada kucing kesayangan, maka para pemilik kucing wajib mengetahui cara mengobati kucing flu secara alami.

Cara alami memang tidak langsung menyembuhkan, namun dapat mengurangi sakit pada kucing. Berikut adalah cara-cara alami yang dapat dicoba oleh para pemilik kucing:

1. Bersihkan Lendir pada Kucing

Kucing yang terkena flu sebaiknya tidak dimandikan karena berpotensi menyebabkan penyakit semakin parah. Namun, untuk mencegah persebaran virus pada kucing, bersihkanlah lendir dan bagian-bagian kotor pada kucing seperti mata dan bulu. Hal ini bisa membuat kucing menjadi lebih nyaman terutama jika menggunakan air hangat.

2. Menjemur Kucing

Salah satu cara mengobati kucing flu secara alami adalah dengan menjemur kucing pada pagi hari. Dengan berjemur selama 10-15 menit, sistem kekebalan tubuh kucing akan meningkat sehingga membantu melawan kuman yang ada pada tubuh. Jadi, meskipun tidak sakit, kucing memang sebaiknya dijemur sekitar 15 menit setiap paginya.

3. Memberikan Madu

Manfaat mengkonsumsi madu yang dirasakan oleh manusia juga bisa dirasakan oleh kucing. Madu merupakan obat yang mujarab untuk menyembuhkan segala penyakit termasuk flu. Berikan sedikit madu pada air minum kucing, lalu pastikan bahwa air tersebut dikonsumsi. Madu dapat diberikan kepada kucing paling tidak setiap 1×4 jam.

4. Makanan Bernutrisi

Untuk membuat badan kucing menjadi lebih sehat dan kuat maka pastikan untuk memberinya makanan sehat dan bernutrisi. Pastikan jumlah yang diberikan cukup dan seluruhnya dikonsumsi sehingga tidak ada yang terbuang. Usahakan untuk memberikan makanan yang banyak mengandung vitamin B untuk memperkuat daya tahan tubuhnya.

5. Air Gula Merah

Jika kucing menjadi tidak nafsu makan, maka berilah air gula merah yang hangat. Resep ini membantu menjaga badan kucing agar tidak lemas dan tetap bisa melawan virus dan kuman dalam tubuh. Usahakan untuk memberikan resep ini paling tidak 2 jam sekali jika memang nafsu makan kucing menurun.

6. Istirahat & Vitamin

Cara ampuh untuk membantu menyembuhkan flu pada kucing adalah dengan membiarkannya istirahat yang cukup. Istirahat yang cukup bisa membuat daya tahan tubuh kembali dan meningkat, membantu melawan virus yang ada di tubuh kucing. Jangan lupa untuk memberikan vitamin juga agar kucing semakin cepat pulih.

Cobalah menggunakan cara alami diatas terlebih dahulu sebelum ke dokter hewan. Jika dalam waktu seminggu kucing tidak menunjukkan ada perubahan yang membaik, maka segeralah ke dokter. Jangan menunggu terlalu parah, karena bisa menyebabkan hal-hal yang tidak diinginkan pada kucing.

Cara mengobati kucing flu secara alami sangat mudah dan dapat dilakukan dari rumah. Pada dasarnya, mengobati kucing flu hampir sama dengan mengobati manusia yang terkena flu.

Namun, jika manusia bisa merawat dirinya sendiri, berbeda halnya dengan kucing. Oleh karena itu, ketika ada kucing yang terserang flu, pastikan untuk merawatnya dengan baik hingga sembuh.

Sebagai kesimpulan, pecinta kucing perlu memperhatikan kebutuhan kucing yang dimiliki. Jagalah kebersihan dan kesehatannya. kenalilah gangguan kesehatan kucing dan atasi dengan cara mengobati kucing flu. Beri ia waktu istirahat yang cukup, makanan yang cukup dan sehat, serta jagalah kebersihan di sekitar area kandang kucing.

Selain itu, cukupi kebutuhan vitamin untuk menjaga daya tahan tubuhnya. Dengan begitu, kucing akan tetap sehat dan ceria.

CARA MENGOBATI KUCING FLU

Categories Kucing

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.