Harga Burung Kapas Tembak

66 View

Pecinta burung kicau pasti sudah familiar dengan yang namanya burung kapas tembak. Saat ini harga burung kapas tembak sedang tinggi, karena peminatnya terus bertambah. Bertambahnya peminat ini dikarenakan kualitas suara burungnya yang menarik.

Banyak yang mencari burung ini untuk diikutsertakan dalam lomba kicau. Tidak sedikit burung kapas tembak yang memenangkan pertandingan. Jadi tidak heran jika burung ini terus dicari meski harganya tidak murah.

Jika tertarik dengan burung ini, maka harus tahu dulu kisaran harganya. Hal ini penting agar proses pembeliannya tidak salah. Untuk itu, simak daftar harga kapas tembak sesuai jenisnya di bawah ini sampai selesai:

1. Burung Kapas Tembak Bahan

Burung Kapas Tembak Bahan

Pada kategori pertama ada jenis kapas tembak bahan. Perlu dipahami bahwa jenis bahan ini artinya ada prospek untuk ikut pertandingan di masa depan. Namun jenis ini termasuk di tahap awal sehingga perlu pelatihan yang maksimal.

Salah satu ciri kapas tembak bahan adalah suaranya merdu. Jadi suara merdu ini sudah menjadi suara bawaan yang tidak dimiliki semua kapas tembak. Karena suaranya yang berkualitas sejak awal, maka kedepannya bisa ikut tahap pertandingan.

Meski masih di tahap awal, namun ada juga kapas tembak bahan yang sudah gacor. Jadi jika diklasifikasikan lagi, pilihannya ada jenis bahan anakan dan gacor. Sedangkan untuk harganya ada di tabel berikut ini:

JenisHarga
Kapas tembak bahan anakanRp150.000
Kapas tembak bahan gacorRp300.000

Seperti yang ada dalam tabel, sudah terlihat bahwa harga jenis bahan gacor dua kali lebih mahal dari jenis anakan. Kisaran harga ini sudah sangat normal mengingat jenis yang gacor lebih siap masuk tempat bertanding.

Baca Juga: Harga Burung Gagak

2. Burung Kapas Tembak Mini

Burung Kapas Tembak Mini

Harga burung kapas tembak lain yang perlu diketahui lebih fokus pada jenis mini. Untuk jenis ini, ukurannya memang lebih kecil dari jenis kapas tembak biasa. Selain ukuran, tidak ada perbedaan lain yang signifikan.

BACA JUGA:  Makanan Burung Hantu

Jadi arti kata mini ini bukan fokus usianya. Namun yang dimaksud mini adalah ukuran burungnya. Jadi jika dibedah lagi, maka akan ada jenis mini yang anakan dan dewasa dan hal ini menimbulkan perbedaan harga.

Perbedaan harga jenis mini anakan dan dewasa termasuk besar. Jadi agar tidak salah, maka informasi ini harus dipahami dengan baik. Agar lebih jelas, maka lihat tabel ini untuk mengetahui kisaran harga lengkapnya:

JenisHarga
Kapas tembak mini anakanRp100.000
Kapas tembak mini dewasaRp400.000

Melalui tabel tersebut sudah bisa terlihat bahwa ada perbedaan sekitar Rp300.000 untuk kedua jenisnya. Perbedaan ini tentu sangat penting untuk diketahui agar saat membeli tidak salah melakukan pemilihan.

3. Burung Kapas Tembak Jantan

Burung Kapas Tembak Jantan

Kisaran harga kapas tembak yang jantan juga harus diketahui. Banyak yang mencari pejantan karena cocok untuk masuk arena pertandingan. Bahkan burung yang sering juara gendernya lebih banyak pejantan.

Jenis pejantan ini termasuk mudah diidentifikasi. Jika kapas tembak memiliki jambul di bagian atas kepala, maka sudah termasuk jantan. Selain itu, ukuran jantan lebih besar dibandingkan ukuran burung betinanya.

Sebelum membeli kapas tembak jantan, maka harus paham dulu dengan rincian harganya. Jenis jantan ini bisa dibedakan untuk anakan dan dewasa. Sedangkan harganya sendiri bisa dilihat dalam tabel perkiraan berikut:

JenisHarga
Kapas tembak jantan anakanRp200.000
Kapas tembak jantan dewasaRp500.000

Pada tabel sudah terlihat jelas bahwa harga jantan dewasa sangat tinggi. Bahkan selisihnya Rp300.000. Semakin baik kualitasnya, maka selisih ini bisa lebih besar lagi sehingga perlu diperhatikan dengan baik saat membelinya.

Artikel Lain: Harga Burung Sanger

4. Burung Kapas Tembak Betina

Burung Kapas Tembak Betina

Harga burung kapas tembak betina juga harus dipahami setelah mengetahui harga jenis jantannya. Jika dibandingkan, maka harga jenis betina ini jauh lebih murah dibandingkan jenis jantan yang sudah dijelaskan.

Jadi jenis betina ini memang tidak seeksis jenis jantan sehingga harganya tidak terlalu tinggi. Meski demikian, jenis ini masih banyak diminati selain untuk budidaya juga untuk dipelihara karena harga yang lebih terjangkau. Berikut daftar harganya:

BACA JUGA:  Harga Burung Jalak Suren
JenisHarga
Kapas tembak betina anakanRp80.000
Kapas tembak betina dewasaRp300.000

Untuk kapas tembak betina yang masih anakan memang termasuk murah. Bahkan jika dibandingkan jenis lainnya, maka harga Rp80.000 ini termasuk yang paling rendah. Banyak yang memilih jenis ini karena tidak terlalu mahal.

Namun sebelum membeli, pastikan dulu bahwa burungnya sudah sesuai. Jika tujuannya adalah membeli kapas tembak betina, maka di bagian atasnya tidak ada jambul. Selain itu, ukurannya tidak sebesar jenis jantan.

Meski ada beberapa perbedaan, namun jenis ini akan sangat pas untuk tujuan dipelihara. Sedangkan untuk masuk perlombaan, jenis betina ini kurang cocok. Alasan lainnya karena tidak banyak jenis betina yang memiliki suara merdu.

5. Burung Kapas Tembak Bakalan Gacor

Burung Kapas Tembak Bakalan Gacor

Sebenarnya untuk jenis kapas tembak bakalan ini hampir sama dengan jenis bahan. Namun untuk jenis ini sudah termasuk dalam jenis yang gacor sehingga bisa mendatangkan banyak keuntungan jika dimiliki.

Jika memiliki burung bakalan gacor ini, maka kemenangan akan mudah didapatkan. Jadi untuk jenis bakalan ini, burungnya sudah termasuk yang terlatih namun belum memenangkan kejuaraan. Namun karena sudah terlatih, maka kualitasnya terjamin.

Untuk satu ekor jenis bakalan gacor ini biasanya dibandrol dengan harga Rp400.000. Harga ini termasuk standar dan umum di pasaran. Jadi jika ada embel-embel gacor dan harganya di kisaran ini, maka kemungkinan kualitasnya terjamin.

Apabila ingin membeli kapas tembak untuk kejuaraan, maka jenis ini juga termasuk yang direkomendasikan. Dengan membeli jenis ini, maka proses pelatihan dan pemeliharaannya juga tidak terlalu sulit.

6. Burung Kapas Tembak Juara

Burung Kapas Tembak Juara

Kisaran harga burung kapas tembak terakhir yang akan dijelaskan adalah jenis juara. Jadi untuk jenis ini, kualitasnya sudah tidak perlu diragukan lagi. Biasanya untuk jenis ini sudah sering memenangkan pertandingan kicau.

Karena sudah sering menang, maka proses pelatihannya sudah tidak terlalu sulit. Burungnya sudah terbiasa dengan perlombaan dan sangat matang. Untuk satu ekornya, harga yang dibandrol sekitar Rp2.000.000.

Jadi jika dibandingkan dengan jenis lainnya, kapas tembak juara ini memang jauh lebih mahal. Meski demikian, memiliki burung jenis ini tidak akan mengecewakan karena kedepannya bisa memenangkan lebih banyak lagi.

BACA JUGA:  Makanan Burung Prenjak

Kisaran Rp2.000.000 ini termasuk yang standar dan normal. Ada juga burung juara dengan harga yang lebih tinggi. Asal kualitasnya tinggi, maka harganya akan terus meningkat dari waktu ke waktu secara bertahap.

Demikianlah rincian harga burung kapas tembak yang bisa diketahui. Berdasarkan daftar di atas, sudah terlihat bahwa burung ini memang memiliki harga yang tinggi. Semakin baik kualitas kicaunya, maka harganya tidak akan turun.

Jadi jika ingin membeli burung ini, sesuaikan dulu dengan tujuannya. Apabila ingin burung ini untuk dipelihara, maka cari yang biasa dengan harga murah. Namun jika ingin memilikinya untuk lomba, maka jangan terkejut dengan harga mahalnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.