Harga Burung Sanger

89 View

Bagi pecinta burung kicau, maka burung sanger adalah jenis yang sangat diperhitungkan. Jika dibandingkan dengan burung biasa, harga burung sanger memang termasuk tinggi. Bahkan untuk satu ekornya bisa mencapai angka jutaan rupiah.

Namun harga dari burung tidak sama rata. Ada beberapa aspek yang menentukan harga burung ini seperti ukuran, gender, dan juga kualitas kicaunya. Jadu hampir semua aspek memberikan pengaruh yang signifikan.

Agar paham mengenai rincian harganya, maka pada artikel ini akan diinformasikan datanya satu per satu. Data yang ada di bawah ini adalah kisaran harga paling umum di pasaran. Inilah daftar harganya yang bisa diketahui:

1. Burung Sanger Betina

Burung Sanger Betina

Harga burung sanger betina menjadi opsi pertama yang dijelaskan dalam artikel ini. Jadi untuk sanger betina tentu memiliki harga yang berbeda dengan jenis jantan. Jika dibandingkan, maka harga sanger betina lebih murah.

Meski demikian, harga ini masih tergolong tinggi jika dibandingkan dengan burung biasa. Jadi jika ingin membeli jenis betina, tetap harus mempersiapkan biaya yang lumayan agar bisa memiliki satu ekor di rumah.

Pada umumnya, harga sanger betina ini akan dibedakan menjadi yang biasa dan yang siap bertelur. Untuk sanger betina biasa, hal utama yang dijadikan patokan adalah besar atau kecilnya burung. Untuk lebih jelasnya, lihat daftar berikut:

JenisHarga
Sanger betina biasaRp400.000 – Rp600.000
Sanger betina siap nelorRP450.000

Seperti yang sudah terlihat, sanger betina akan dibandrol dengan harga mulai dari Rp400.000. Jika ukurannya normal, maka harga ini sangatlah wajar. Namun jika ukurannya besar dan kualitasnya sangat tinggi, maka harganya bisa sampai Rp600.000.

Kemudian untuk sanger betina yang siap bertelur akan memiliki harga yang berbeda lagi. Jenis sanger yang siap bertelur akan banyak dicari untuk budidaya. Harga paling rendah akan dimulai dengan angka Rp450.000.

Namun jika kualitasnya sudah sangat tinggi, maka harga untuk jenis yang siap bertelur ini juga bisa meningkat. Harga ini termasuk standar di pasaran, jadi saat akan membeli jenis betina, sesuaikan dengan kisaran ini.

BACA JUGA:  Harga Burung Kapas Tembak

Baca Juga: Harga Burung Robin

2. Burung Sanger Jantan

Burung Sanger Jantan

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, sanger jantan memiliki harga yang lebih mahal jika dibandingkan dengan sanger betina. Harga sanger jantan lebih mahal karena umumnya jenis ini yang paling sering diperlombakan.

Jadi tidak heran jika harganya lebih tinggi. Bahkan untuk sanger jantan yang masih kecil pun harganya masih tergolong mahal. Apabila ingin membeli jenis ini, maka harus diperhatikan dengan baik disesuaikan dengan jenisnya.

Agar bisa dipahami dengan baik, maka pada artikel ini akan diinformasikan harga sanger jantan sesuai dengan jenisnya. Ada dua pembagian yang bisa dijadikan acuan. Lihat daftar ini untuk mengetahui rinciannya:

JenisHarga
Sanger jantan biasaRp650.000 – Rp850.000
Sanger jantan umur 2 bulanRp390.000

Seperti yang sudah terlihat, klasifikasi pertama ada sanger jantan biasa. Jadi untuk jenis ini termasuk yang paling sering dicari. Secara umum, harganya ada di kisaran Rp650.000 – Rp850.000 sebagai harga normal.

Sedangkan untuk sanger jantan yang masih berusia dua bulan, maka harganya menjadi lebih murah dan ada di kisaran Rp390.000. Namun, harga ini bisa disesuaikan lagi jika tempat jualnya membandrol harga yang lebih tinggi atau rendah.

3. Burung Sanger Sepasang

Burung Sanger Sepasang

Selain jenis betina dan jantan, di pasaran sering muncul sanger yang sudah sepasang. Jenis ini juga dijual dan akhirnya laku keras di pasaran. Dengan satu pasang sanger, maka pembelinya tidak perlu memasangkan dengan burung lainnya.

Perlu dipahami bahwa proses memasangkan burung sanger ini tidak mudah. Jadi jika sanger sepasang ini dibandrol dengan harga tinggi, maka termasuk konsep yang wajar. Biasanya, harga burung sanger sepasang akan dibandrol dengan kisaran Rp3.000.000.

Tentu di setiap wilayah dan penjual akan mematok harga berbeda. Belum lagi jika kualitas sangernya di tingkatan atas, maka bisa dipastikan harganya akan lebih mahal lagi. Jika ingin membelinya, pastikan untuk menyediakan biaya yang sesuai.

Dengan harga tersebut, pembeli akan langsung mendapatkan dua ekor sanger yang terdiri dari pejantan dan betina. Biasanya satu set burung ini sudah cocok dan tidak akan sulit dalam proses perawatannya.

BACA JUGA:  Makanan Burung Hantu

Artikel Terkait: Harga Burung Gagak

4. Burung Sanger Gacor

Burung Sanger Gacor

Selanjutnya ada klasifikasi untuk sanger gacor di pasaran. Jika dibandingkan dengan tiga jenis sebelumnya, jenis yang satu ini memiliki daftar terbanyak. Hal ini dikarenakan jenis yang ada di pasaran memang lebih luas.

Jika diklasifikasikan, ada lima jenis yang harus diketahui harganya. Masing-masing jenis memiliki kisaran yang berbeda menyesuaikan tingkat gacor atau kualitasnya. Semakin gacor kicauannya, maka harganya akan semakin tinggi.

Perbedaan wilayah juga sangat menentukan harga burung ini. Oleh sebab itu, sebelum membeli perlu dilakukan perbandingan terlebih dahulu. Agar lebih jelas, maka bisa diperhatikan rincian harga yang ada di bawah ini:

JenisHarga
Sanger Gacor BiasaRp1.200.000
Sanger full gacorRp1.500.000
Sanger gacor lotRp900.000
Sanger gacor siap kawinRp850.000
Sanger gacor ngerol Yogyakarta KotaRp800.000

Pada tabel tersebut sudah jelas beberapa klasifikasi sanger gacor di pasaran. Seperti yang sudah terlihat, jenis paling mahal adalah sanger full gacor. Biasanya, jenis ini memang sangat berkualitas dan sering menang di perlombaan.

Meski demikian, jenis lainnya juga termasuk mahal dan perlu biaya besar untuk perawatannya. Jadi sebelum memutuskan untuk membeli, segala biaya harus dipersiapkan dengan baik agar tidak kaget dengan harga di pasaran.

5. Burung Sanger Import

Burung Sanger Import

Harga burung sanger terakhir yang dijelaskan berkaitan dengan jenis impor. Jadi saat ini juga ada jenis impor yang beredar di pasaran. Untuk jenis ini terbilang jauh lebih mahal karena ada banyak biaya tambahan di dalamnya.

Untuk satu ekor jenis impor, harganya memang lebih mahal dibanding jenis lokal. Belum lagi ada biaya pengiriman serta pemeliharaannya yang tidak mudah. Jadi harganya akan lebih mahal dan hal ini memang wajar.

Klasifikasi untuk jenis impor ini terbagi ke dalam dua opsi. Ada jenis impor biasa, dan ada jenis impor yang gacor. Rentang harga untuk dua jenis ini termasuk lebih mahal. Inilah daftar harganya:

JenisHarga
Sanger jantan impor biasaRp900.000 – Rp1.570.000
Sanger jantan gacor imporRp1.990.000 – Rp2.310.000

Karena harga untuk jenis impor ini mahal, maka tidak semua orang bisa membelinya. Pecinta burung yang memang mengincar jenis ini harus mempersiapkan biaya besar untuk membeli dan melakukan perawatan lanjutan.

BACA JUGA:  Tips Ternak Burung Jalak Suren

Itulah rincian harga burung sanger berdasarkan beberapa kategorinya. Melalui daftar di atas, maka bisa dipastikan bahwa harga dari burung ini tidak selalu sama. Ada perbedaan besar jika masing-masing jenisnya dibandingkan.

Meski demikian, perbedaan wilayah juga tetap menjadi aspek yang perlu diperhatikan. Jadi harga burung ini akan berbeda jika penjualnya tidak sama. Hal ini juga harus diperhatikan saat akan membeli burung sanger.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.