Harga Burung Robin

163 View

Harga burung robin termasuk harga yang cukup mahal, mulai dari setengah juta hingga mencapai satu juta rupiah. Harga-harga ini, mencakup seluruh jenis robin yang saat ini dipelihara oleh pecinta burung di Indonesia.

Burung robin merupakan burung yang menjadi andalan pemelihara burung pada zaman dahulu. Sedangkan di zaman sekarang, pecinta burung khususnya pemula akan memilih kenari, murai batu, hingga parkit.

Akan tetapi, burung robin masih menjadi salah satu spesies yang menarik bagi yang suka burung kecil. Bagi yang penasaran seperti apa jenis-jenis dan begitu juga harganya, dapat melihat informasi berikut:

1. Burung Robin Eropa

Burung Robin Eropa

Yang pertama dan paling sering dilihat di kalangan pecinta burung robin, yaitu robin yang berasal dari Eropa. Tidak hanya memiliki nama saintifik Eritachus rubecula, robin Eropa juga disebut sebagai European robin.

Sesuai dengan namanya, burung pemakan serangga ini asalnya di wilayah Eropa, terutama Britania Raya dan Irlandia. Akan tetapi, robin Eropa juga dapat berpindah ke wilayah lain, seperti Eropa Timur dan Selatan.

Perbedaan burung robin Eropa jantan dan betina tidak terlalu begitu signifikan. Bagian wajah hingga dada robin Eropa berwarna orange, dengan bagian sisi leher dan badan yang berwarna abu-abu kebiruan.

Lalu, pada bagian atas robin Eropa memiliki bulu warna kecoklatan, hingga ke bagian sayap dan ekornya. Sedangkan untuk kakinya, robin Eropa tidak memiliki ukuran yang panjang seperti burung kecil lainnya. 

Karena tidak berasal di Indonesia, robin Eropa umumnya diimpor dari asalnya, sehingga harganya lebih mahal. Bagi yang ingin membeli dan memelihara burung robin Eropa, berikut daftar harga yang umumnya ditawarkan:

Jenis Burung Robin EropaHarga Burung Robin Eropa
Burung Robin Eropa Anak Betina/JantanRp300.000,-
Burung Robin Eropa Dewasa BetinaRp800.000,-
Burung Robin Eropa Dewasa Jantan Rp800.000,-
Burung Robin Eropa Gacor Rp1.000.000,-
Baca Juga: Harga Burung Cipoh

2. Burung Robin Pekik

Burung Robin Pekik

Jenis robin selanjutnya yang juga sering dibahas di berbagai kalangan pecinta burung, yaitu robin pekik. Burung dengan nama saintifik Leiothrix lutea, dan nama Inggris pekin robin, juga tidak berasal di Indonesia.

BACA JUGA:  Harga Burung Macaw

Adapun habitat asli dari robin pekik yaitu di kawasan Himalaya dan daerah Tiongkok Selatan. Meski begitu, robin pekik juga pernah dinaturalisasikan di Hawaii sejak tahun 1918, dan Jepang sekitar tahun 1980-an.

Seperti jenis robin lainnya, robin pekik jantan dan betina hanya memiliki sedikit perbedaan saja. Robin pekik jantan memiliki paruh yang lebih gelap, dan suara kicauannya lebih bervariasi dibandingkan robin pekik betina.

Secara umum, robin pekik memiliki bulu kuning pada bagian dada, dan bulu hijau zaitun pada bagian kepalanya. Yang paling unik dari robin pekik ini, adalah bulu kuning bergaris pada sayap, dan biru pada ekornya.

Seperti halnya robin Eropa, terkadang robin pekik akan perlu diimpor dari habitat asalnya untuk pembeli asal Indonesia. Untuk jenis ini, simak daftar harga yang sebenarnya tidak terlalu berbeda dengan robin lainnya:

Jenis Burung Robin PekikHarga Burung Robin Pekik
Burung Robin Pekik Anak Betina/JantanRp300.000,-
Burung Robin Pekik BakalanRp750.000,-
Burung Robin Pekik Dewasa BetinaRp800.000,-
Burung Robin Pekik Dewasa JantanRp900.000,-
Burung Robin Pekik Gacor Rp1.000.000,-

3. Burung Robin Sunda

Burung Robin Sunda

Lalu selanjutnya juga ada burung robin Sunda, yang memiliki warna biru ikonik dari burung robin jenis lain. Burung robin ini juga memiliki nama lain seperti burung robin indigo, burung robin Jawa, atau Javan blue robin.

Burung dengan nama saintifik Myiomela diana ini memiliki habitat asli di Indonesia, tepatnya pulau Jawa. Selain di Jawa, juga subspesies burung robin Sumatra (Myiomela sumatrana) yang berasal di pulau Sumatra.

Kali ini, kelamin dari burung robin Sunda dapat dibedakan dengan mudah, tidak seperti robin lainnya. Untuk yang jantan, robin Sunda memiliki warna biru dengan bulu putih di sekitar dahi dan perut bawah.

Namun, ada juga robin Sunda jantan yang warna perut ke dahinya hitam. Sedangkan untuk betina, burung robin Sunda memiliki warna bulu kecoklatan, yang dilengkapi dengan warna putih abu-abu pada perut dan tenggorokan. 

Karena pemalu, robin Sunda ini juga tidak sering berkicau, meski suaranya bagus. Bagi yang ingin berminat dengan burung pemakan serangga kecil ini, maka berikut daftar harga yang diberikan untuknya:

BACA JUGA:  Harga Burung Dara
Jenis Burung Robin SundaHarga Burung Robin Sunda
Burung Robin Sunda Anak Betina/JantanRp300.000,-
Burung Robin Sunda Dewasa BetinaRp500.000,- s/d Rp1.000.000,-
Burung Robin Sunda Dewasa JantanRp500.000,- s/d Rp1.000.000,-
Burung Robin Sunda GacorRp1.000.000,-

4. Burung Robin Bali

Burung Robin Bali

Tidak hanya di pulau Jawa, pada pulau Bali pun juga memiliki burung robinnya tersendiri, yang dinamakan robin Bali. Meski dinamakan robin Bali secara lokal, burung ini diberi nama Inggris oriental magpie-robin.

Perihal habitat, robin Bali memiliki area yang sangat luas, tidak hanya di pulau Bali saja. Burung dengan nama ilmiah Copsychus saularis ini juga dapat ditemukan di beberapa negara Asia Selatan, hingga wilayah Indochina.

Membicarakan tampilan, robin Bali jantan dan betina untungnya tidak terlalu sulit dibedakan. Dari segi postur saja, robin Bali jantan memiliki ukuran yang lebih ramping, bila dibandingkan dengan robin Bali betina.

Selain itu, bagian atas badan robin Bali jantan memiliki warna hitam kebiru-biruan, sedangkan betina lebih ke hitam abu-abu. Keduanya memiliki warna putih di bagian perut, dengan sayap dan ekor berwarna hitam.

Karena habitatnya yang luas, maka robin Bali memiliki status least concern, meski populasinya menurun di daerah tertentu. Kira-kira jika ingin memeliharanya, maka berikut kisaran harga yang ditawarkan untuknya:

Jenis Burung Robin BaliHarga Burung Robin Bali
Burung Robin Bali Anak Betina/JantanRp300.000,-
Burung Robin Bali Dewasa BetinaRp800.000,-
Burung Robin Bali Dewasa Jantan Rp900.000,-
Burung Robin Bali Gacor Rp1.000.000,-
Artikel Terkait: Harga Burung Cililin

5. Burung Robin Papua

Burung Robin Papua

Jenis burung robin terakhir yang tidak kalah menariknya, yaitu robin Papua atau Snow Mountain robin. Burung yang diberi nama saintifik Petroica archboldi ini, berada di kawasan Jayawijaya, Papua Pegunungan.

Untuk yang jantan, robin Papua memiliki warna kehitaman dengan dada berbulu orange, serta ekor putih. Sedangkan robin Papua betina memiliki bulu yang cenderung lebih pucat, serta bintik putih di sayapnya.

Lalu untuk dietnya, robin Papua merupakan pemakan buah-buahan, meski juga mencari makanan serangga. Sementara untuk aktivitasnya, robin Papua senang bertengger di pepohonan.

BACA JUGA:  Rekomendasi Harga Shampo Kucing Terbaik

Suara kicauan yang dihasilkan oleh robin Papua ini juga sangat kencang, sehingga cukup menarik bagi pecinta burung. Jika ada yang menjual robin Papua yang dikembangbiakkan,  berikut harga yang umum ditawarkan:

Jenis Burung Robin PapuaHarga Burung Robin Papua
Burung Robin Papua Anak Betina/JantanRp300.000,-
Burung Robin Papua Dewasa BetinaRp650.000,-
Burung Robin Papua Dewasa Jantan  Rp650.000,-
Burung Robin Papua Gacor Rp1.000.000,-

Singkat cerita, harga burung robin memang tidak terlalu berbeda dari satu sama lain. Hal ini dapat memberikan kebebasan bagi yang ingin burung robin, karena dapat memilih spesies yang diinginkan dengan harga serupa.

Meski tidak sepopuler zamannya, burung robin merupakan burung menarik yang tentunya tak lekang oleh waktu. Jika ada yang menjual burung antik ini, maka jangan ragu untuk membeli dan memeliharanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.