Harga Burung Manyar

127 View

Ketika membicarakan harga burung manyar, harganya masih cukup terjangkau bagi yang ingin memeliharanya. Namun, ketahui dahulu jenis-jenisnya agar tidak salah ketika hendak membelinya.

Memiliki nama saintifik Ploceus manyar, burung yang memiliki habitat di Asia Tenggara ini merupakan pemakan biji-bijian. Di Indonesia, burung manyar memiliki berbagai jenis dengan ciri khas yang berbeda.

Dengan postur mungil serta suara nyaring, tidak heran jika banyak yang ingin memelihara burung dengan bahasa Inggris weaver bird tersebut. Untuk itu, berikut apa saja jenis burung manyar disertai daftar harganya:

1. Burung Manyar Emas

Burung Manyar Emas

Memiliki nama saintifik Ploceus hypoxanthus, burung manyar emas pantas mendapatkan julukan tersebut. Sebab, jenis manyar ini memang memiliki bulu di sekujur tubuhnya yang didominasi oleh bulu keemasan.

Manyar emas memiliki penyebaran yang cukup luas di seluruh wilayah Asia Tenggara, salah satunya wilayah Indonesia. Untuk habitatnya, manyar emas biasanya di rumput hijau, rawa-rawa, dan sawah yang terbuka.

Burung yang juga memiliki bahasa Inggris Asian golden weaver ini, sayangnya termasuk dalam status yang mulai terancam. Hal ini dikarenakan habitatnya yang semakin berkurang di wilayah Asia Tenggara.

Membicarakan perbedaan jantan dan betina, manyar emas jantan memiliki bulu keemasan seperti yang disebutkan di atas. Lalu, bagian wajahnya memiliki warna hitam seperti menggunakan topeng hitam.

Sementara untuk betina, memiliki warna yang terkesan plain dan tidak semeriah versi manyar emas jantan. Terkadang, manyar emas betina sulit dibedakan dengan jenis manyar lainnya karena tampilan tersebut.

Sarang yang dibuat oleh manyar emas memiliki bentuk bundar, dengan lobang sebagai tempat untuk masuk. Peletakkan sarang ini umumnya satu hingga dua meter, tergantung apakah di rerumputan atau pohon tinggi.

Bagi yang ingin burung manyar dengan suara yang keras, maka jenis manyar emas ini lebih direkomendasikan. Jika tertarik dengan manyar emas, berikut daftar harga manyar emas berdasarkan umur dan kelaminnya:

BACA JUGA:  Tanda-Tanda Sapi Hamil
Jenis Burung Manyar EmasHarga Burung Manyar Emas
Burung Manyar Emas Anak JantanRp400.000,-
Burung Manyar Emas Anak BetinaRp200.000,-
Burung Manyar Emas Dewasa JantanRp500.000,-
Burung Manyar Emas Dewasa BetinaRp250.000,-
Burung Manyar Emas GacoranRp500.000,-
Baca Juga: Harga Burung Sanger

2. Burung Manyar Kembang

Burung Manyar Kembang

Jenis burung manyar selanjutnya yaitu manyar kembang atau yang juga disebut sebagai Finn’s weaver. Memiliki nama saintifik Ploceus megarhynchus, burung yang satu ini sering dijadikan sebagai masteran burung kicau.

Penyebaran manyar kembang masih tetap berada di wilayah Asia seperti jenis burung manyar lainnya. Hanya saja, habitat asli manyar kembang ini tidak berada di Indonesia, namun melainkan sungai Gangga di India.

Adapun ciri khas dari manyar kembang ini, ada pada bagian kepala dan lehernya yang berwarna kuning. Sementara itu, pada bagian sayap dan dadanya memiliki warna kecoklatan dengan sedikit keabu-abuan.

Perbedaan antara manyar kembang jantan dan betina cukup mudah. Pada manyar kembang betina, ukuran kepalanya lebih kecil dibandingkan yang jantan. Lalu, suara yang dihasilkan betina juga kurang keras.

Dalam membuat sarang, burung manyar kembang membuatnya di atas pohon atau tumbuhan yang menjulang. Karena itu, sarang burung manyar kembang terlihat jelas dari jauh, sehingga mudah ditemukan.

Bagi yang ingin burung manyar dengan harga yang cukup bersahabat, jenis ini dapat dijadikan pilihan yang tepat. Untuk daftar harga terbaru, berikut macam-macam harga burung manyar kembang yang lengkap:

Jenis Burung Manyar KembangHarga Burung Manyar Kembang
Burung Manyar Kembang Anak JantanRp80.000,-
Burung Manyar Kembang Anak BetinaRp60.000,-
Burung Manyar Kembang Dewasa JantanRp300.000,-
Burung Manyar Kembang Dewasa BetinaRp200.000,-

3. Burung Manyar Tempua 

Burung Manyar Tempua 

Jenis berikutnya yaitu burung manyar tempua, yang juga dinamakan sebagai Baya weaver atau Ploceus philippinus. Burung jenis ini dapat ditemukan mulai dari wilayah India hingga Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Akan tetapi, manyar tempua yang berada di Indonesia tidak mencakup pulau Jawa, Sulawesi, dan wilayah Timur. Namun, habitatnya di ujung pulau Sumatera, dan sekitar wilayah Sarawak di pulau Kalimantan.

BACA JUGA:  Jenis Burung Mantenan

Manyar tempua merupakan burung yang hidup berkelompok, terutama saat mencari biji yang dapat dimakan. Karena sering berada di ladang atau sawah, terkadang manyar tempua disebut sebagai kategori hama.

Mengenai kelamin, perbedaannya cukup mudah meski dilihat dari jauh. Untuk yang jantan, manyar tempua memiliki mahkota kuning, area wajah kecoklatan, dada kuning, dan bagian atas memiliki pola bergaris.

Sementara untuk manyar tempua betina, warnanya lebih dominan ke coklat gelap tanpa perbedaan area wajah. Selain itu, bagian atas dan bawah/dada manyar tempua betina lebih berwarna orange kecoklatan. 

Suara yang dihasilkan oleh manyar tempua umumnya lebih panjang dan nyaring, terutama yang jantan. Namun pada musim selain musim kawin, intensitas bunyi burung manyar tempua lebih lembut dan kecil.

Meski demikian, jenis manyar yang satu ini tetap menarik untuk dipelihara, serta tingkat populasinya masih aman. Bagi yang ingin memelihara burung manyar tempua, maka silahkan cek harga burung manyar tempua berikut:

Jenis Burung Manyar TempuaHarga Burung Manyar Tempua
Burung Manyar Tempua Anak JantanRp100.000,-
Burung Manyar Tempua Anak Betina Rp80.000,-
Burung Manyar Tempua Dewasa JantanRp400.000,-
Burung Manyar Tempua Dewasa BetinaRp250.000,-
Artikel Lain: Harga Burung Kapas Tembak

4. Burung Manyar Jambul

Burung Manyar Jambul

Burung manyar yang satu ini, merupakan salah satu jenis yang umum ditemukan di Indonesia. Masyarakat lokal umumnya menyebutnya dengan burung manyar jambul, sesuai dengan tampilannya.

Burung ini memiliki penyebaran mulai dari Pakistan, bagian Cina Selatan, hingga ke wilayah Asia Tenggara. Sementara itu, habitatnya berada di area terbuka seperti sawah, hutan, rawa-rawa, hingga padang rumput.

Perbedaan burung manyar jambul jantan dan betina cukup sulit, apabila dilihat dari jauh. Namun apabila dilihat dan diperhatikan dengan baik-baik, ternyata burung manyar jambul jantan dan betina memiliki perbedaan.

Untuk yang jantan, burung memiliki bagian kepala berwarna kuning, yang persis seperti jambul sesuai namanya. Lalu, bagian perutnya berwarna kuning tua, sedangkan bagian punggung dan sayap memiliki pola garis lurus.

Sementara versi betina, manyar jambul tidak memiliki jambul kuning, melainkan coklat keabu-abuan di kepalanya. Untuk bagian tubuhnya mirip dengan jantan, hanya saja terdapat perbedaan ukuran paruhnya.

BACA JUGA:  Harga Burung Cililin

Seperti jenis burung manyar lainnya, jenis ini juga ahli dalam menenun sarang burung yang unik. Karenanya, tidak sedikit orang terutama pecinta burung yang ingin memelihara salah satu burung Ploceus manyar tersebut.

Setelah mengetahui tentang burung manyar jambul, bagaimana dengan kisaran harga yang diberikan untuk burung manyar jambul? Bagi yang penasaran, berikut kisaran harga burung untuk jenis yang satu ini:

Jenis Burung Manyar JambulHarga Burung Manyar Jambul
Burung Manyar Jambul JantanRp130.000,-
Burung Manyar Jambul BetinaRp100.000,-
Burung Manyar Jambul BakalanRp100.000,-
Burung Manyar Jambul GacoranRp500.000,-
Burung Manyar Jambul Full GacoranRp600.000,-

Itu dia informasi lengkap mengenai daftar harga burung manyar sesuai dengan jenis-jenisnya. Selanjutnya tinggal pilih mana jenis yang ingin dipilih, baik jika ingin yang jantan, betina, atau yang sudah terlatih.

Sebelum membeli, perlu diingat jika daftar yang dicantumkan di atas adalah harga umum. Jadi, kemungkinan tempat penjual tertentu akan menawarkan harga burung yang berbeda dari daftar di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.