Makanan Burung Merpati

78 View

Burung merpati atau kebanyakan juga disebut dengan burung dara ini merupakan burung yang sudah banyak dijadikan peliharaan. Burung merpati memang terkenal sebagai burung yang ramah dan mudah untuk dilatih. Ingin tahu bagaimana memberi makanan burung merpati yang berkualitas.

Memberi makanan burung merpati haruslah yang kaya akan nutrisi agar dapat tumbuh dengan sehat dan kuat. Untuk makanannya burung merpati tidaklah sulit untuk didapatkan dan mudah untuk ditemui.

Secara alami burung merpati sangat menyukai makanan seperti biji-bijian, buah buahan, kacang-kacangan, dan masih banyak lagi. Namun dalam menjaga kesehatan dan kebutuhan nutrisi dari burung merpati baiknya memberi makanan sehat lainnya juga.

Jika ingin tahu apa saja makanan yang bergizi dan cocok untuk asupan nutrisi. Maka berikut ini beberapa anjuran makanan yang cocok:

1. Beras Merah

Beras Merah Makanan Burung Merpati

Rekomendasi makanan burung merpati yang memiliki nutrisi yang baik adalah beras merah. Beras merah memiliki berbagai kandungan nutrisi baik untuk pertumbuhan merpati seperti vitamin B1. Vitamin B1 ini akan meningkatkan stamina dan tidak membuat merpati untuk mudah lelah serta dapat menguatkan organ-organ burung merpati.

Dibandingkan dengan beras putih lebih baik memberikan beras merah karena beras putih lebih banyak mengandung gula. Sehingga kandungan nutrisi dari beras merah jauh lebih sehat dari segi nutrisi daripada beras putih.

Baca Juga: Cara Menggiringkan Merpati dengan Cepat

2. Jagung

Jagung Makanan Burung Merpati

Jenis makanan burung merpati berikutnya yang sehat adalah jagung. Jagung yang tergolong dalam jenis biji-bijian ini memang kaya akan nutrisi yang sehat untuk merpati. Walaupun jagung menjadi jenis biji-bijian yang dijadikan makanan burung. Tetapi perlu diperhatikan dalam pemilihan jagungnya.

Jagung yang cocok untuk dijadikan sebagai makanan burung merpati adalah jenis jagung kristal. Karena jagung kristal memiliki ukuran yang lebih kecil, sehingga mudah untuk dikonsumsi oleh burung merpati.

BACA JUGA:  Cara Tepat Mengobati Sayap Burung Merpati yang Patah

3. Voer

Voer Makanan Burung Merpati

Voer adalah makanan burung yang diolah dan berasal dari biji-bijian yang dihancurkan dan dijadikan menjadi serbuk. Biasanya makanan burung ini dibuat oleh tempat pakan yang berbasis pabrikan dan paling banyak dijual dipasaran. Voer ini ada yang terbuat dari biji-bijian dan voer yang terbuat dari ayam.

Voer dapat menjadi pilihan makanan burung yang dapat membantu dalam memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi. Namun untuk memberi voer ini hanya dapat diberikan 15-25 persen saja. Karena untuk makanan utamanya burung merpati harus tetap biji-bijian.

4. Buah dan Sayuran

Buah dan Sayuran Makanan Burung Merpati

Makanan sehat dan bergizi lainnya yang dapat diberikan untuk burung merpati adalah buah dan sayuran. Memberikan buah dan sayuran dapat dilakukan dengan menghaluskan buah dan sayuran atau mencincangnya menjadi lebih kecil, agar burung merpati dapat memakannya dengan lebih mudah.

Untuk jenis buah-buahan yang dapat diberikan pada burung merpati adalah pisang, pepaya, melon, dan masih banyak lagi. Namun memberikan buah dan sayuran juga tidak boleh terlalu sering cukup satu kali dalam seminggu saja.

Artikel Terkait: Harga Burung Manyar

5. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan Makanan Burung Merpati

Jenis makanan burung merpati lainnya yang dapat diberikan untuk burung merpati pastinya adalah jenis kacang-kacangan. Tetapi pemberian kacang-kacangan tidak boleh diberikan setiap hari karena kandungan lemaknya yang tinggi tidak baik bagi kesehatan burung merpati.

Kacang-kacangan yang baik untuk kesehatan burung merpati adalah kacang kedelai karena kandungan vitaminnya yang banyak. Seperti vitamin A, vitamin E, vitamin B kompleks, serta berbagai serat alami, dan juga kandungan protein. Tetapi kacang tanah juga dapat menjadi pilihan lain karena kandungan vitamin K, vitamin A, zat besi, protein, dan lemak.

6. Gabah Padi

Gabah Padi Makanan Burung Merpati

Jenis pakan lainnya yang dapat diberikan pada burung merpati adalah gabah/ padi yang dapat membantu menambah nilai gizi pada burung merpati. Dibandingkan dengan beras yang biasa gabah padi ini akan memberikan manfaat nutrisi yang baik untuk burung merpati.

7. Batu Kerikil

Batu Kerikil Makanan Burung Merpati

Mungkin terdengar asing dengan memberi makanan burung merpati batu kerikil. Tetapi nyatanya mengkonsumsi batu kerikil dapat membantu memperlancar pencernaan dari burung merpati. Pada prosesnya batu kerikil tersebut akan dimakan oleh merpati dan disimpan dalam temboloknya.

BACA JUGA:  Cara Menjodohkan Burung Merpati Piyik dengan Mudah dan Cepat

Dengan begitu batu kerikil tersebut akan berguna  dalam membantu menghancurkan makanan lainnya seperti biji-bijian ataupun yang lainnya yang termasuk makanan keras menjadi lebih mudah untuk dicerna dengan bantuan batu kerikil.

8. Grit Asinan

Grit Asinan Makanan Burung Merpati

Alternatif lainnya yang memiliki fungsi yang sama dengan batu kerikil adalah grit asinan. Grit asinan ini juga dapat membantu burung merpati untuk mempercepat proses pencernaan makanannya dengan lebih cepat. Biasanya grit asinan ini juga banyak dijual di toko pakan untuk hewan.

Terlebih lagi grit asinan ini akan sangat cocok untuk burung merpati betina yang mungkin akan bertelur. Hal ini karena komposisi dari grit asinan yang kaya akan fosfor dan mineral kalsium yang baik dalam meningkatkan kualitas dari telur dihasilkan.

9. Air

Air Makanan Burung Merpati

Selain makanan tentu burung juga sangat membutuhkan asupan air juga terutama air putih. Justru kebutuhan air ini harus selalu disediakan pada kendang burung merpati agar dapat dikonsumsi burung merpati setiap saat.

Pastikan juga air yang diberikan harus air yang bersih karena demi kualitas kesehatan dari burung merpati. Jangan lupa untuk selalu membersihkan tempat airnya dengan air dan sabun yang bersih untuk menjaga kesehatan dari burung merpati.

10. Suplemen Tambahan

Suplemen Tambahan Makanan Burung Merpati

Selain makanan yang telah dijelaskan diatas tersebut, jangan lupakan untuk juga memberikan asupan suplemen tambahan untuk burung merpati. Karena dengan memberikan suplemen tambahan akan membuat burung merpati menjadi lebih sehat dan memiliki daya tahan tubuh yang lebih baik.

Biasanya beberapa suplemen akan banyak mengandung vitamin serta minyak ikan yang cocok untuk dicampur dalam makanan burung merpati yang akan membuat menjadi lebih sehat dan memiliki stamina yang kuat.

Namun ada juga beberapa makanan yang tidak boleh untuk diberikan pada burung merpati karena dapat berbahaya untuk kesehatan.

  • Untuk buah-buahan sebaiknya jangan berikan buah alpukat karena dapat membuat burung merpati kesulitan bernafas. Serta buah apel yang bijinya dapat berbahaya untuk burung merpati.
  • Selain itu makanan lain seperti jamur yang dapat menganggu pencernaan dari burung merpati jika dikonsumsi.
  • Lalu ada bawang putih maupun bawang merah yang dapat memicu kerusakan pada sel darah dari burung merpati dan membuat kerongkongan serta mulut dari burung merpati akan mengalami iritasi.
  • Terakhir ada garam yang tidak diboleh oleh burung merpati. Karena kandungan dari garam akan dapat membuat burung merpati mengalami dehidrasi, gangguan parah pada ginjal, dan yang terparah dapat menyebabkan pada burung merpati.
BACA JUGA:  Ampuh! Usir Burung Merpati Bersarang di Rumah Secara Efektif

Itulah penjelasan mengenai rekomendasi makanan burung merpati yang baik serta berkualitas untuk menunjang kesehatan dari burung merpati. Makanan yang diberikan pada burung merpati dapat dari bahan alami maupun makanan hewan khusus untuk burung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.