Makanan Burung Hantu

60 View

Makanan burung hantu memang berbeda dengan burung pada umumnya. Sebab seperti yang diketahui, bahwa burung hantu adalah jenis hewan karnivora atau pemakan daging. Maka dari itu, pemberian makan harus benar-benar diperhatikan agar burung hantu dapat bertahan. 

Burung hantu ada banyak sekali jenisnya, dan semuanya bisa punya selera makan yang berbeda. Maka dari itu dalam memelihara burung hantu harus diperhatikan dengan bentuk apa makanan yang cocok, sehingga burung hantu akan tetap sehat.

Karena sama dengan hewan peliharaan lain, jika merasa makanan tersebut tidak cocok, maka tak akan memakannya. Selain itu beberapa makanan juga bisa menyebabkan hal buruk terjadi. Oleh sebab itu langsung simak saja ulasan lengkapnya, berikut:

1. Pakan Burung Hantu Jenis Celupuk Reban

Pakan Burung Hantu Jenis Celupuk Reban

Pembahasan pertama kali ini adalah mengenai apa makanan bagi burung hantu jenis Celupuk Reban. Burung hantu jenis ini adalah yang paling banyak ditemukan di Indonesia. Habitatnya sendiri adalah di pulau Jawa, Bali, Kalimantan, dan sumatera. 

Selain dapat ditemukan di Indonesia Celupuk ini dapat ditemukan di negara Filipina. Ciri dari burung ini sendiri cenderung kecil. Bahkan masuk pada salah satu jenis burung hantu yang memiliki tubuh kecil. 

Untuk jenis pakan yang cocok untuk burung hantu jenis ini cukup mudah ditemukan. Karena makanan kesukaannya sendiri adalah tikus kecil. Atau jika tidak maka bisa dengan memberinya tikus yang masih anakan. 

Baca Juga: Harga Burung Hantu

2. Pakan Burung Hantu Jenis Oriental Bay Owl

Pakan Burung Hantu Jenis Oriental Bay Owl

Lalu makanan untuk burung hantu yang kedua adalah khusus jenis Oriental Bay Owl. Burung jenis ini punya ciri khas yang mencolok untuk membedakan dengan jenis lainnya. Yakni memiliki warna merah untuk kelopak matanya. 

BACA JUGA:  Panduan Lengkap: Cara Merawat Burung yang Sedang Mabung

Sama halnya seperti burung hantu pada umumnya, Oriental Bay Owl juga sangat aktif mencari makan saat malam hari. Untuk jenis makanannya sendiri berupa serangga kecil seperti jangkrik atau hewan lainnya. 

Namun tak jarang juga burung ini mampu memakan tikus kecil atau yang masih anakan. Jadi pemberian makan harus disesuaikan. Jangan tiba-tiba diberikan pakan lele, karena beranggapan yang penting daging. 

3. Pakan Burung Hantu Spotted Wood Owl dan Burung Hantu Salju

Pakan Burung Hantu Spotted Wood Owl dan Burung Hantu Salju

Lalu yang ketiga adalah untuk jenis pakan yang khusus diberikan pada jenis burung Spotted Wood Owl dan Burung Hantu Salju. Sebenarnya untuk jenis makanan untuk burung Spotted Wood Owl hampir sama seperti sebelumnya. Jadi bisa memberikan tikus putih. 

Namun untungnya jenis ini tak hanya mengkonsumsi tikus putih saja. Tapi juga bisa memakan daging lainnya seperti misalnya daging ayam atau jenis lain. Tapi sedikit berbeda dengan burung hantu salju. 

Karena di Indonesia tidak ada salju, tentu akan sulit menemukan jenis burung ini. Dinamakan dengan burung salju bukan hanya karena hidupnya yang berada di lingkungan dingin. Namun juga bulunya yang putih seperti salju. 

Untuk makanan burung hantu jenis ini sedikit berbeda dengan jenis lainnya. Di mana pakan kesukaannya adalah ikan. Namun tak jarang juga memakan burung-burung kecil dan juga anakan tikus yang juga menjadi kesukaan burung hantu. 

Artikel Lain: Harga Burung Manyar

4. Pakan Burung Hantu Jenis Buffy Fish Owl

Pakan Burung Hantu Jenis Buffy Fish Owl

Ini adalah salah satu jenis burung yang juga cukup mudah ditemukan di Indonesia dan dipelihara. Di mana burung ini punya tingkat adaptasi yang baik ketimbang jenis lainnya. Sehingga wajar jika banyak diminati oleh warga Indonesia. 

Sama seperti namanya, jika makanan kesukaan dari burung ini adalah ikan. Terutama dirinya akan menyukai ikan lele. Jadi tentu perawatan yang diberikan cukup mudah karena untuk mendapatkan makannya juga tidak sulit. 

Namun tak hanya ikan saja, burung hantu jenis ini juga bisa diberikan makan berupa tikus putih, anakan ayam, anakan burung atau justru burung Pipit. Karena burung hantu punya naluri berburu, maka bisa diberikan hidup-hidup. Tentu ketika burung hantu sudah dewasa. 

BACA JUGA:  Harga Burung Gelatik

5. Pakan Burung Hantu Jenis Serak Jawa

Pakan Burung Hantu Jenis Serak Jawa

Lalu di Jawa juga ada jenis lain yakni serak Jawa atau juga sering disebut dengan bam owl. Burung ini punya ciri khas yang unik ketimbang burung lainnya. Yakni pada burung ini punya wajah berbentuk seperti hati.

Di Indonesia sendiri burung ini sering dimanfaatkan oleh para petani untuk mengendalikan hama seperti tikus. Jadi salah satu pakan favoritnya adalah tikus. Burung ini juga kerap memangsa kelelawar atau burung kecil. Cukup mudah bukan?

Namun sebagian dari burung ini juga menyukai daging sapi segar. Jadi bisa coba sesekali memberinya makan ini karena kandungan proteinnya yang tinggi. Tapi pastikan juga untuk memotong dengan kecil agar makanan dapat tertelan.

Artikel Terkait: Makanan Burung Merpati

6. Pakan Burung Hantu Jenis Beluk Jampuk

Pakan Burung Hantu Jenis Beluk Jampuk

Kemudian makanan burung hantu selanjutnya yang akan dibahas adalah untuk jenis Beluk Jampuk. Burung hantu jenis ini juga kerap disebut dengan bubo Sumatranus namun ada juga yang mengenalnya dengan eagle owl. Hal ini karena bentuknya seperti elang putih. 

Bahkan burung hantu jenis ini dikategorikan sebagai yang tercantik dan eksotis. Juga cukup banyak menjadi incaran karena punya bentuk alis yang seperti tanduk. Selain itu bulu burung ini berwarna abu-abu ditambah dengan paruh berwarna kuning menyala.

Namun burung ini sangat sulit dipelihara karena tingkat stresnya yang tinggi. Oleh sebab itu mulai dari pakan harus diperhatikan. Untuk jenis makanannya pun kebanyakan berupa burung kecil. 

Jadi jika memelihara burung ini, maka bisa memberikannya pakan berupa burung puyuh, Pipit, anak ayam, kadal, katak, kelelawar bahkan kepiting kecil. Untuk pemberian pakan sendiri bisa disesuaikan dengan besaran burung hantu. Namun biasanya diberikan dalam keadaan hidup .

7. Pakan Burung Hantu Jenis Punggok Coklat

Pakan Burung Hantu Jenis Punggok Coklat

Lalu untuk makanan burung hantu selanjutnya adalah untuk jenis Punggok Coklat. Burung dengan tubuh yang sedang ini juga kerap disebut juga dengan brown hawk owl. Hal ini karena warna bulunya yang berwarna coklat. 

BACA JUGA:  Efek Samping Obat Metabolis Untuk Burung

Bahkan banyak yang beranggapan jika burung jenis ini hampir mirip seperti burung elang. Yakni dengan bulu coklat yang khas, mata bulat dan berwarna coklat. Namun ini bukan burung hantu endemik Indonesia. 

Pakan untuk burung ini sendiri adalah berupa daging-dagingan, seperti tikus, kepiting dan kelelawar. Namun burung hantu ini juga bisa memakan serangga. Juga mau saat diberikan capung dan sejenisnya.

Karena terbiasa dengan perburuan, maka tentu pemberian pakan ini bisa saat masih hidup. Hal ini untuk membangkitkan jiwa berburunya dalam menerkam mangsa. Jadi tidak langsung diusapkan pada si burung.

Demikian tadi adalah penjelasan tentang beberapa makanan burung hantu dari berbagai jenis yang ada. Tentu jenis burung hantu masih ada beberapa dan bukan hanya yang telah disebutkan saja. Namun sebagai burung hantu yang ada di Indonesia telah disebutkan. 

Agar burung hantu dapat hidup dan sehat, maka makanan ini sangat perlu dipertimbangkan. Selain itu bisa coba untuk diselang-seling dengan makanan lain seperti yang telah disebutkan di atas. Sehingga burung hantu tidak merasa bosan dengan makanannya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.