Cara Merawat Burung Anis Merah Agar Cepat Bunyi

CARA MERAWAT BURUNG ANIS MERAH AGAR CEPAT BUNYI – Saat musim hujan, para pemelihara anis merah mendapatkan berkahnya.

Hal ini dikarenakan burung anis merah mendapat rangsangan untuk berkicau dari suara gemericik hujan. Namun ketika masuk musim kemarau tentu burung anis merah tidak mendapat rangsangan untuk berkicau. Untuk itu dibutuhkan cara merawat burung anis merah agar cepat bunyi. 

Mengenal Burung Anis Merah 

Mengenal Burung Anis Merah 
satwanesia.com

Di Indonesia, burung anis merah menjadi salah satu burung yang populer. Hampir di berbagai daerah di Asia, burung ini tersebar termasuk di Asia Tenggara. 

Punglor merah atau punglor cacing menjadi nama lain dari burung yang satu ini. Burung ini memiliki ciri khusus dan karakter yang membuat burung ini spesial di kalangan pecinta burung kicau. 

Apabila mendapatkan perlakuan kasar, burung anis merah akan mudah stres. Terlebih lagi jika burung anis merah mengalami perubahan situasi lingkungan yang berbeda dari habitat aslinya.

Burung ini juga memiliki karakteristik yang cukup membuat repot pemiliknya yaitu ketika di suatu tempat yang lama ditempati maka burung malas berkicau. 

Mau tidak mau para pemiliknya harus memindahkan lokasi kandang burung anis merah ke tempat yang baru. Burung anis merah juga memiliki kelebihan yang tidak terlalu membebani pemiliknya yaitu jinak kepada sang pemilik.

Selain jinak, burung anis merah juga termasuk burung yang memiliki sifat manja karena burung tidak akan berkicau jika ada pemiliknya. 

Cara Merawat Burung Anis Merah 

Cara Merawat Burung Anis Merah 
jalaksuren.net

Jika sudah mengenal sedikit mengenai burung anis merah, saatnya untuk mengerti cara merawat burung anis merah agar cepat bunyi. Cara ini bisa dicoba ketika burung baru dibeli dari pedagang burung. Berikut di bawah ini adalah cara dalam merawat burung anis merah dengan tujuan agar cepat bunyi. 

1. Meletakkan Kandang Di Tempat Yang Sesuai 

Meletakkan Kandang Di Tempat Yang Sesuai Untuk Merawat Anis Merah
ocehankenari.blogspot.com

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, burung anis merah akan stres jika mengalami perubahan situasi lingkungan. Untuk mengatasi cara ini maka cara yang diterapkan adalah meletakkan kandang burung di tempat yang sesuai.

Maksud dari tempat yang sesuai adalah tempat yang jauh dari hembusan angin kencang atau jauhkan dari tempat aktivitas memasak seperti dapur. 

Tempat dengan hembusan angin yang tidak kencang dan teduh menjadi tempat yang nyaman menjadi kesukaan dari burung anis merah.

Hindarkan juga burung anis merah dari lokasi yang berisik terutama dekat suara-suara seperti radio dan televisi. Agar cepat berbunyi sebaiknya burung anis merah diletakkan pada lokasi yang dekat dengan sumber air. 

2. Memberi Pakan Harian 

Memberi Pakan Harian untuk Perawatan Burung Anis Merah
jalaksuren.net

Sama halnya seperti burung pada umumnya, agar cepat berbunyi harus diberi pakan selain menjaga burung tetap hidup. Pakan burung anis merah ini bisa dibilang cukup mudah didapat di toko pakan burung. Para pemelihara burung bisa memberi makan anis merah dengan voer dengan kadar protein sebesar 18 persen atau 12 persen. 

Dalam pemeliharaan sehari-hari, para pemelihara anis merah mengganti voer setiap dua hari. Di samping itu, berikan burung anis merah pakan berupa buah-buahan segar.

Usahakan untuk memberi makan yang variatif serta memenuhi kebutuhan protein, vitamin, mineral, dan karbohidrat. Tujuannya agar burung anis merah bisa cepat berkicau. 

3. Memandikan Dan Menjemur 

Memandikan Dan Menjemur Untuk Merawat Burung Anis Merah
duniakicau.com

Burung anis merah juga perlu untuk dimandikan dan dijemur yang mana sama halnya dengan burung peliharaan pada umumnya.

Beri waktu 30 menit kepada anis merah untuk diangin-anginkan sebelum dimandikan. Untuk memandikannya bisa dengan disemprot atau dengan menggunakan keramba. Ada waktu yang tepat agar burung anis merah bisa cepat berkicau. 

Pagi hari dari jam 8 hingga jam 10 menjadi waktu yang tepat untuk memandikan serta menjemur burung anis merah. Pastikan untuk burung anis merah tidak didekatkan pada burung anis merah lain. Ada cara lagi yang harus dilakukan setelah dimandikan dan dijemur yaitu diangin-anginkan selama 10 menit di teras kemudian dikerodong. 

4. Melatih Burung Anis Merah 

Melatih Burung Anis Merah Untuk Perawatannya
jalaksuren.net

Hampir semua burung berkicau harus dilatih agar cepat berkicau sama halnya dengan burung anis merah. Melatih burung anis merah menjadi salah satu cara merawat burung anis merah agar cepat bunyi.

Sama seperti burung berkicau lainnya, melatih atau istilahnya masteran bisa dilakukan dengan menggunakan suara dari mp3 burung berkicau. 

Melatih anis merah juga bisa dengan burung anis merah lain dan untuk melatih burung bisa dilakukan saat siang hingga petang. Untuk waktu tepatnya adalah mulai jam 10 pagi hingga jam 3 siang. Pemasteran burung anis merah ini dilakukan ketika masih anakan dengan tujuan agar menjaga ingatan burung ketika dewasa nanti. 

5. Menjaga Stabilitas Lingkungan 

Menjaga Stabilitas Lingkungan Itu Cara Merawat Anis Merah
okdogi.com

Hal yang penting dari memelihara burung anis merah adalah menjaga lingkungannya. Sedikit fakta mengenai burung anis merah, lingkungan yang tenang dan nyaman menjadi hal yang disukai burung anis merah.

Maka dari itu, pastikan bahwa para pemelihara burung anis merah dapat menjaga ketenangan dan stabilitas lingkungan tempat pemeliharaan anis merah. 

Para pemelihara bisa membuat suasana yang nyaman kepada burung anis merah dengan tujuan agar burung cepat berbunyi. Hindarkan juga burung anis merah dari gangguan hewan seperti tikus, kucing, maupun anjing.

Karena gangguan dari hewan yang sudah disebutkan tersebut dapat mempengaruhi suara dan mental burung anis merah yang dipelihara. 

Baca Juga: Cara Merawat Burung Cucak Jenggot Serta Tips Memilih Bakalan Burung yang Bagus

6. Memberi Kerodong Full 

Memberi Kerodong Full 

Banyak dari penggemar burung kicau yang mengetahui bahwa memberi kerodong full kepada anis merah memang harus dilakukan.

Memberi kerodong memiliki maksud supaya burung selalu nyaman serta aman ketika berada pada kondisi yang tidak memungkinkan. Waktu efektif untuk memberikan kerodong pada burung anis merah adalah lima hari dalam satu minggu. 

7. Menjaga Kebersihan Sangkar 

Menjaga Kebersihan Sangkar Burung Anis Merah
bigsta.net

Para pemelihara juga harus menjaga kebersihan sangkar burung anis merah agar burung bisa nyaman dan cepat berkicau.

Setiap hari, kandang atau sangkar burung anis merah bisa dibersihkan termasuk juga untuk membuang kotoran burung. Penggantian air minum juga harus dilakukan setiap hari dan usahakan untuk menggunakan air mineral atau air yang sudah dimasak. 

8. Memberi Pakan Tambahan 

Memberi Pakan Tambahan Burung Anis Merah
youtube.com

Extra food atau yang juga bisa disebut dengan makanan tambahan merupakan cara merawat burung anis merah agar cepat bunyi.

Pakan tambahan ini diberikan sama seperti burung yang lain, yaitu jangkrik, ulat hongkong, ataupun cacing. Pemberian jangkrik ini dilakukan setiap hari, akan tetapi untuk ulat hongkong atau cacing diberikan beberapa kali dalam seminggu. 

9. Menangani Anis Merah Yang Over Birahi 

Menangani Anis Merah Yang Over Birahi 

Sebelumnya di paragraf atas disampaikan bahwa burung anis merah terkenal dengan sifatnya yaitu birahi yang berlebihan.

Hal yang harus dilakukan untuk menangani over birahi pada anis merah adalah memberikan jangkrik paling banyak masing-masing satu ekor pada sore dan pagi hari. Dalam seminggu dua kali berikan cacing sebanyak satu ekor. 

Di Indonesia, banyak orang yang memelihara burung anis merah karena burung ini dikenal dengan pemeliharaannya yang mudah. Selain itu, burung ini memiliki sifat yang malas berkicau ketika menempati tempat baru. Untuk itu perlu ditangani dengan cara merawat burung anis merah agar cepat bunyi di atas. 

CARA MERAWAT BURUNG ANIS MERAH AGAR CEPAT BUNYI

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.