Cara Merawat Kucing Umur 1 Bulan Tanpa Induk

46 View

Pada umumnya hewan seperti seekor kucing yang baru lahir tentunya membutuhkan induknya terutama ketika umurnya masih 1 minggu hingga 1 bulan. Karena anak kucing masih rawan dan dapat mati kedinginan. Oleh sebab itu, perlu untuk tahu cara merawat kucing umur 1 bulan tanpa induk yang baik dan benar.

Sebenarnya merawat seekor kucing yang berumur 1 bulan memang tidak mudah karena perlu banyak perhatian khusus, Walaupun pertumbuhan anak kucing itu cukup cepat, namun tetap saja memenuhi kebutuhannya tersebut sangat penting.

Terlebih cara merawat kucing umur 1 bulan tanpa induk yang liar tersebut dapat menjadi sebuah trauma untuk anak kucing tersebut. Jadi ingin merawat anak kucing yang ditinggalkan induknya tersebut simaklah beberapa panduan caranya berikut:

1. Menyediakan Tempat yang Hangat dan Nyaman

Menyediakan Tempat yang Hangat dan Nyaman untuk merawat kucing

Langkah pertama yang penting dilakukan dalam cara merawat kucing umur 1 bulan tanpa induk adalah dengan menyediakan sebuah tempat yang hangat dan nyaman. Hal ini karena bagaimanapun anak kucing tersebut masih tergolong baru lahir. Jadi perlu sebuah tempat seperti sebuah kotak yang hangat dengan selimut.

Biasanya anak kucing yang baru lahir seharusnya mendapatkan pelukan dari induknya agar terus merasa hangat. Namun karena tidak ada maka menyediakan sebuah tempat yang hangat dan nyaman sangatlah penting untuk anak kucing tersebut.

Pastikan juga tempat yang diberikan untuk anak kucing memiliki suhu yang ideal dan cocok untuk anak kucing. Jangan sampai nantinya anak kucing kedinginan karena anak kucing harus tetap berada dalam kehangatan.

BACA JUGA:  Kumpulan Fakta Mengejutkan Kucing Kembang Telon

Baca Juga: cara memandikan anak kucing

2. Selalu Berada di Sisi Anak Kucing

Selalu Berada di Sisi Anak Kucing untuk merawat kucing umur 1 bulan

Biasanya karena anak kucing tersebut masih tergolong rentang karena umurnya yang baru 1 bulan perlu adanya perhatian yang ekstra. Apalagi anak kucing tersebut kehilangan induknya, hal ini akan berguna dalam anak kucing akan terus merasa kehangatan dan memungkinkan merasa kehadiran induknya.

Memang tidak dapat semua orang melakukan ini, namun jika memang sudah memutuskan anak kucing tersebut memang harus diperhatikan dengan serius dalam perawatannya.

3. Memberikan Susu dan Makanan yang sesuai dengan Usianya

Memberikan Susu dan Makanan yang sesuai dengan Usianya untuk merawat kucing umur 1 bulan

Dalam memilih merawat anak kucing tanpa induknya tentu juga harus memperhatikan asupan makanan dan susunya. Karena tidak memiliki induknya sebaiknya memberikan susu pengganti yang diberikan secara rutin untuk anak kucing. Karena masih kecil, anak kucing sangat membutuhkan susu terutama jika masih kesulitan dengan makanan padat.

Selanjutnya jika memang kucing sudah mulai bertumbuh dan mampu diberikan makanan, maka dapat diberikan makanan yang sesuai dengan usia dari anak kucing tersebut. Kalau masih terlalu kecil dapat memberikan bubur atau makanan yang lebih lembut dulu.

Memberikan makanan dan susu dengan kualitas yang baik akan sangat membantu anak kucing untuk terhindar dari berbagai virus dan penyakit. Oleh sebab itu, pastikan makanan yang diberikan memiliki kualitas yang baik dan tentu saja harus sehat untuk pertumbuhan anak kucing.

4. Membantu Anak Kucing untuk Bersendawa

Membantu Anak Kucing untuk Bersendawa | Cara Merawat Kucing Umur 1 Bulan Tanpa Induk

Selanjutnya cara merawat kucing umur 1 bulan tanpa induk harus melakukan sendawa untuk mengeluarkan gas yang menumpuk terutama saat setelah minum susu. Caranya dapat dengan menepuk-nepuk pelan bagian punggung anak kucing beberapa kali agar gas dapat keluar dengan maksimal.

5. Membantu Buang Air Besar dan Kecil

Membantu Buang Air Besar dan Kecil | Cara Merawat Kucing Umur 1 Bulan Tanpa Induk

Seperti halnya dengan sendawa, anak kucing juga harus dibantu dalam merangsang untuk buang air kecil dan besar. Setelah anak kucing minum susu atau makan, gunakan sebuah kain bersih dan lembut untuk mengusap bagian genital anak kucing. Hal ini akan berguna untuk merangsang refleks dari buang air kecil dan besar.

BACA JUGA:  Kucing Cacingan

6. Membersihkan Anak Kucing secara Teratur

Membersihkan Anak Kucing secara Teratur | Cara Merawat Kucing Umur 1 Bulan Tanpa Induk

Biasanya jika memiliki induk, anak kucing akan dijilati oleh induknya secara rutin. Namun karena tidak memiliki induk sebagai yang merawat anak kucing tersebut harus membersihkannya juga.

Caranya cukup mudah dengan membersihkan seluruh tubuh anak kucing dengan kain atau handuk bersih yang dapat diberi air. Gosokkan ke seluruh tubuh anak kucing hingga bersih. Biasanya untuk kucing yang masih kecil cukup rentan jika harus dimandikan secara langsung.

Artikel lain: kucing savannah

7. Melakukan Pemeriksaan Rutin ke Dokter Hewan

Melakukan Pemeriksaan Rutin ke Dokter Hewan | Cara Merawat Kucing Umur 1 Bulan Tanpa Induk

Saat memutuskan untuk merawat seekor anak kucing terutama yang masih kecil, tentu juga harus selalu memperhatikan kondisi kesehatannya. Karena anak kucing masih kecil biasanya memang lebih rentan untuk sakit atau terkena penyakit.

Oleh sebab itu perlu melakukan pemeriksaan secara rutin untuk anak kucing, apalagi jika memang terdapat tanda-tanda kondisi anak kucing kurang sehat. Segeralah bawa anak kucing ke dokter hewan terdekat untuk secara diobati dengan benar.

8. Memberikan Vaksinasi Secara Rutin

Memberikan Vaksinasi Secara Rutin | Cara Merawat Kucing Umur 1 Bulan Tanpa Induk

Cara lainnya untuk terus menjaga kesehatan dari anak kucing adalah memberikan vaksinasi yang dilakukan secara rutin untuk menghindarkan dari penyakit. Karena masih kecil anak kucing lebih rentan terkena penyakit dan virus yang dapat menyerang kapan saja.

Biasanya vaksinasi akan diberikan saat usianya 6 hingga 8 minggu atau bahkan jika usianya sudah 16 minggu. Serta vaksinasi yang diberikan ini harus memiliki jarak setahun dari sebelumnya.

Contoh vaksinasi yang biasanya dapat diberikan pada anak kucing diantaranya Feline panleukopenia virus (FPV), Calicivirus (FCV) atau Rabies, dan masih banyak lagi. Pastikan juga ini diberikan secara rutin untuk menghindari anak kucing terkena penyakit.

9. Selalu Mengajarkan Hal-Hal Positif

Selalu Mengajarkan Hal-Hal Positif | Cara Merawat Kucing Umur 1 Bulan Tanpa Induk

Untuk cara merawat kucing umur 1 bulan tanpa induk perlu untuk selalu mengajarkannya melakukan hal-hal positif memang sangatlah penting. Hal ini akan berguna untuk anak kucing menjadi lebih terlatih akan hal-hal sederhana. Contohnya untuk mengajarkan agar tidak membuang kotorannya sembarangan serta mengajarkan bersikap baik terhadap orang lain.

BACA JUGA:  Mata Kucing Berair

10. Melatih Anak Kucing untuk Bergerak dengan Aktif

Melatih Anak Kucing untuk Bergerak dengan Aktif |  Cara Merawat Kucing Umur 1 Bulan Tanpa Induk

Dalam merawat seekor hewan peliharan haruslah melatihnya untuk menjadi hewan yang aktif terutama akan lebih baik jika dimulai dari kecil. Begitu juga anak kucing baiknya untuk dilatih agar lebih aktif

Caranya dapat melatihnya dengan berlari, melompat, menangkap dan masih banyak lagi. Hal ini juga dapat membuat anak kucing lebih sehat karena banyak bergerak baik untuk pertumbuhannya.

11. Membersihkan Little Box atau Tempat Kucing dengan Teratur

Membersihkan Little Box atau Tempat Kucing dengan Teratur | Cara Merawat Kucing Umur 1 Bulan Tanpa Induk

Dalam menjaga kebersihan dan kesehatan dari anak kucing perlu melakukan pembersihkan little box dengan teratur. Selain itu akan membuat anak kucing menjadi nyaman untuk tinggal dan kotoran kucing juga sebaiknya dibersihkan secara teratur.

12. Menjauhkan Anak Kucing dari Kucing Dewasa

Menjauhkan Anak Kucing dari Kucing Dewasa | Cara Merawat Kucing Umur 1 Bulan Tanpa Induk

Menjauhkan kucing dewasa dari anak kucing akan menjadi salah satu merawat anak kucing karena biasanya kucing yang sudah dewasa akan mudah penasaran. Hal ini dilakukan demi keamanan dan tumbuh kembang anak kucing yang secara masih sangat rentan.

Biasanya kucing dewasa dapat membuat anak kucing menjadi takut sehingga dapat menimbulkan kurang percaya diri pada anak kucing dalam menghadapi dunia luar.

Itulah penjelasan dan pembahasan mengenai cara merawat kucing umur 1 bulan tanpa induk dengan baik dan benar. Semua cara dan penjelasannya sudah dijelaskan dengan lengkap di bagian atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.