Efek Madu Pada Kucing

61 View

Bagi manusia, madu adalah cairan yang punya banyak sekali manfaat. Namun, apa efek madu pada kucing jika meminumnya? Mungkin bagi para cat lover masih bingung dengan efek yang akan diterima saat kucing mengkonsumsi madu. 

Jadi sama halnya seperti manusia, madu juga baik untuk kucing, namun semua itu ada aturannya, sebab ada efek yang positif namun juga negatif. Sehingga semua harus diperhitungkan, saat akan memberikan madu pada kucing

Apalagi bagi kucing yang masih bayi, di mana sangat dilarang bagi pemiliknya untuk memberikan madu. Tentu semua itu berdasarkan alasan yang masuk akal. Sebab pada dasarnya madu bukan zat beracun untuk kucing, namun harus diperhatikan bagaimana pemberiannya. 

Efek Positif Madu Pada Kucing

Efek Positif Madu Pada Kucing

Penggunaan madu pada kucing ada efek positif dan juga negatifnya, dan pada poin kali ini akan diulas efek positifnya. Jadi ada beberapa efek positif yang akan didapatkan jika memberikan madu pada kucing. Untuk lebih jelasnya, maka bisa langsung simak uraiannya berikut:

1. Kandungan Vitamin Lengkap

Salah satu efek yang dimiliki oleh madu adalah karena kandungan vitamin yang lengkap. Di mana, dalam madu ada banyak nutrisi karena pada dasarnya ini dihadirkan oleh lebah dan berbeda dengan gula. Jadi pastikan madu yang digunakan adalah madu alami. 

Madu alami akan memberikan berbagai manfaat bagi tubuh kucing. Apalagi dengan kandungan yang dimiliki, maka tentu akan memberikan dampak yang baik. Namun tetap hati-hati dalam memberikan madu pada kucing, jika tidak tahu aturannya. 

Salah satu efek yang akan didapatkan adalah bahwa kucing peliharaan tidak akan mudah cepat sakit. Hal ini karena pemberian madu pada kucing dapat membantu meningkatkan kekebalan pada kucing. Tentunya dengan pemberian takaran yang pas. 

BACA JUGA:  Cara Membantu Kucing Melahirkan Beserta Tanda - Tanda Kehamilannya

Baca Juga: Kucing Makan Nasi

2. Sebagai Obat Pendamping dan Penambah Nafsu Makan

Kemudian efek lain yang juga akan diperoleh dari madu untuk kucing adalah sebagai obat pendamping. Jadi memang ada yang obat khusus untuk kucing, dan madu ini sebagai pendamping. Contohnya untuk mengobati diare atau muntah pada kucing. 

Efek dari madu sendiri adalah untuk meningkatkan kekebalan tubuh pada kucing. Hal ini juga berlaku untuk meningkatkan energi yang dimiliki oleh kucing. Sehingga, dirinya juga akan lebih tahan terhadap beberapa penyakit.

Tak hanya untuk itu saja, salah satu efek yang juga dimiliki oleh madu untuk kesehatan kucing adalah sebagai penambah nafsu makan. Ini akan sangat cocok bagi kucing yang tiba-tiba nggak doyan makan. Namun, tetap pastikan dengan memberikan dosis yang pas. 

3. Mencegah dan Menyembuhkan Flu

Tak hanya berlaku untuk manusia saja, nyatanya flu juga bisa menyerang hewan peliharaan, contohnya adalah kucing. Madu ini bisa menjadi obat herbal untuk mengobati penyakitnya tersebut. Tentu caranya dengan meminumkannya pada kucing. 

Banyaknya kandungan vitamin yang terdapat pada madu dapat membantu hewan peliharaan melalui masa pemulihan. Dalam pengaruh madu, batuk pada kucing saat akan harus akan reda. Namun tak hanya itu, karena juga bisa meningkatkan kualitas tidur di kucing. 

Namun penggunaan madu ini hanya disarankan untuk kucing dewasa saja. Pemberian madu pada kucing dewasa sendiri sebanyak 2 sendok dan ini akan mengurangi intensitas batuk pada kucing. Hal ini bisa dibandingkan dengan kucing yang tidak diberikan madu sebelum tidur. 

Artikel Lain: Makanan untuk Kucing Menyusui

4. Sembuhkan Luka 

Lalu untuk efek madu pada kucing positif selanjutnya adalah untuk sembuhkan luka pada kucing. Jadi madu tak hanya bisa memberikan manfaat ketika diminum saja, namun juga ketika dioleskan. Termasuk pada luka. 

Jadi saat kucing peliharaan mengalami luka, catlover bisa coba untuk mengoleskan madu pada bekas luka tersebut. Namun pastikan juga bahwa luka tersebut sebelumnya sudah dibersihkan, sehingga manfaat madu akan lebih dirasakan. 

BACA JUGA:  Kenapa Kucing Mengeong

Pemberian madu ini bisa sehari sekali, atau diganti setelah dua hari. Penggantian atau pemberian madu yang kedua kali ini, alangkah baiknya dibersihkan terlebih dahulu menggunakan tisu bersih. Hal ini dilakukan agar tetap steril, setelahnya bisa ditutup menggunakan jasa steril.

5. Sebagai Antioksidan 

Kemudian efek yang juga dimiliki oleh madu adalah sebagai antioksidan pada tubuh kucing. Namun perlu diketahui, bahwa setelah melalui proses pemasakan kandungan pada madu mentah bisa hilang. Jadi pastikan untuk memberikan madu murni. 

Lalu harus diketahui juga, madu sasetan kadang ada yang bukan merupakan madu, namun hanya sirup madu. Jadi pastikan jika ingin memberikan antioksidan yang baik pada kucing, maka berikan yang masih murni. 

Hal ini juga untuk menghindari hal-hal tak diinginkan, jika memberikan madu olahan atau ternyata hanya sirup rasa madu saja. Fitonutrien adalah salah satu kandungan yang biasa ditemukan pada bunga. Manfaatnya adalah untuk melindungi tanaman dari sinar UV dan juga bahaya lainnya. 

Kandungan tersebut juga ikut dalam madu. Jika madu dengan kandungan tersebut diberikan kepada kucing, maka akan memberikan manfaat antiinflamasi, dan juga antioksidan. Sehingga sangat baik untuk kesehatan kucing. 

Efek Negatif Madu Pada Kucing

Efek Negatif Madu Pada Kucing

Tak hanya efek positifnya saja yang harus diperhatikan. Karena pada dasarnya juga ada efek madu pada kucing yang bersifat negatif. 

Salah satu penyebabnya adalah dikarenakan salahnya pemberian madu, maka dari itu harus benar-benar diperhatikan. Berikut efek negatif yang ditimbulkan akibat pemberian madu yang salah pada kucing:

1. Beresiko Keracunan

Seperti yang dijelaskan di atas, madu tidak bahaya pada kucing dan punya banyak manfaat. Namun ini juga bisa membuat atau menyebabkan resiko keracunan pada kucing. Jika hanya mengkonsumsi sedikit, maka tentu tak akan memberikan pengaruh kesehatan pada kucing. 

Namun saat kucing terlalu banyak mengkonsumsi madu, maka bisa menyebabkan atau bisa beresiko Keracunan. Atau bukan keracunan, namun kucing akan mengalami diare. Jika ini terjadi, maka bisa membawanya ke dokter hewan. 

Artikel Terkait: 5 Cara Memberi Makan Kucing yang Benar

BACA JUGA:  Virus Calici pada Kucing

2. Menyebabkan Botulisme

Lalu efek madu pada kucing yang negatif selanjutnya adalah menyebabkan botulisme yang bisa terjadi pada bayi kucing. Jadi sangat tidak dianjurkan untuk memberikan madu pada bayi kucing. Ini juga dengan alasan medis. 

Di mana bayi kucing masih belum bisa menelan sesuatu yang lengket seperti madu, sehingga bisa berakibat fatal. Botulisme sendiri adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri clostridium botulinum yang melepaskan racun syaraf ke aliran darah. 

3. Masalah Pencernaan

Lalu efek negatif selanjutnya yang juga akan ditimbulkan dari pemberian madu pada kucing adalah masalah pencernaan. Ini bisa terjadi meski pada kucing dewasa sekalipun. Bahkan ini bisa terjadi meski hanya mengonsumsi setelah sendok teh madu saja. 

Umumnya pada kucing yang sehat, hal ini tidak akan terjadi. Maka dari itu perhatikan kesehatan kucing terlebih dahulu apakah bermasalah dengan madu atau tidak. Atau bisa konsultasikan terlebih dahulu ke dokter hewan. 

Itu tadi adalah beberapa efek madu pada kucing baik yang bersifat positif maupun negatif. Jadi madu sendiri punya banyak sekali manfaat yang akan diterima oleh kucing. Namun tidak semua kucing merasa cocok atau mengalami alergi.

Selain itu pemberian madu pada kucing sebaiknya juga dilakukan dengan takaran yang baik dan pas. Sehingga tidak ada masalah yang ditimbulkan karena kucing yang terlalu banyak mengkonsumsi madu. Cat lover bisa memberikan perlindungan terbaik pada kucingnya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.