Cara Merawat Kucing Hutan

Cara Merawat Kucing Hutan – Bagi catlover mungkin sudah biasa merawat kucing kampung atau yang menjaga khusus untuk peliharaan. Namun, tentu agak berbeda dengan cara merawat kucing hutan karena habitatnya berbeda. Apalagi, kucing hutan merupakan hewan liar yang tentu saja galak. 

Bagi yang ingin merawat kucing hutan tentu harus bisa menjinakkan terlebih dahulu. Bahkan pemberian makanannya pun bisa berbeda dari kucing pada umumnya. Maka dari itu, dalam artikel kali ini akan diulas sedikit tentang bagaimana cara merawatnya. 

Perlu diketahui juga, bahwa kucing hutan adalah salah satu hewan langka, yang ironisnya saat ini menjadi sasaran perburuan ilegal. Jadi pastikan jika kucing hutan yang akan dirawat saat ini sudah mendapatkan izin. Karena jika tidak, maka sama saja sedang merusak ekosistem lingkungan. 

1. Siapkan Kandang yang Luas

cara merawat kucing hutan

Salah satu cara merawat kucing hutan yang dapat dilakukan pertama dalam memelihara kucing hutan adalah dengan menyiapkan kandang yang lebar atau luas. Hal ini karena kucing hutan habitatnya berada di alam liar yang luas, sehingga harus disesuaikan. 

Selain itu, penggunaan kandang yang lebar juga akan membantu kucing hutan beradaptasi. Sebab bagaimanapun jika kandang yang digunakan terlalu kecil, maka bisa mengakibatkan kucing stres. Jika stres maka bisa berakibat hingga mati. 

Sama halnya seperti manusia, kucing hutan juga butuh adaptasi yang lama dengan lingkungan baru. Maka dari itu kucing hutan tak bisa langsung diajak main. Pastikan juga meletakkan kandang jauh dari lalu-lalang manusia. 

Baca Juga: Cara Merawat Kucing Kampung

2. Berikan Makanan yang Baik 

cara merawat kucing hutan agar jinak

Dalam pemberian makan kucing ini ada beberapa perdebatan, ada yang mengatakan diberikan daging rebus. Namun ada juga yang menyarankan untuk memberikan daging mentah karena protein di dalamnya masih utuh. Namun, alangkah baiknya jika dikombinasikan. 

Pemberian daging rebus ini punya tujuan untuk meredam kebuasan kucing hutan. Namun agar adaptasi berjalan dengan baik, bisa sesekali ditambahkan dengan daging mentah. Sehingga keseimbangan tubuh kucing hutan bisa bertahan dengan baik. 

Jangan sekali-kali untuk memberikan kucing hutan dengan makanan kemasan atau cat food. Sebab pada makanan tersebut banyak sekali bahan pengawetnya dan ini tidak baik untuk kucing hutan. Jika masih bayi, maka bisa diberikan susu khusus dengan dot. 

Beberapa kucing hutan tak baik jika diberi pakan ikan lele, dan di beberapa kasus kucing akan mencret atau diare. Jadi bisa dengan memberikan daging ayam yang sudah direbus agar bakteri mati. Namun tetap diselingi dengan daging yang masih segar. 

3. Jaga Kandang Tetap Bersih dan Memandikannya

cara merawat bayi kucing hutan tanpa induk

Lalu hal lain yang dapat dilakukan adalah dengan menjaga janda agar tetap bersih. Hal ini karena kucing hutan menjadi rentan sakit jika berada di tempat yang baru. Sehingga harus benar-benar sering dibersihkan agar kucing merasa nyaman. 

Namun jika merawat kucing yang masih bayi, usahakan untuk memastikan kandang tetap hangat sehingga kucing akan merasa nyaman. Tak hanya kandangnya saja, namun kucing juga harus dimandikan. Namun khusus untuk yang berusia diatas 3 bulan. 

Jika masih bayi, maka sebaiknya tidak dimandikan karena daya tahan tubuhnya masih terlalu lemah. Memandikan kucing bertujuan agar parasit pada tubuh hilang, sehingga tetap sehat. Selain itu, juga untuk menghindari bau tak sedap. 

Jika memang ingin memandikan yang masih bayi, maka bisa coba untuk lap saja menggunakan tisu basah. Hal ini agar kebersihan kucing tetap terjaga namun tidak akan menimbulkan penyakit beru untuk kucing. Sehingga kucing akan tetap aman. 

Artikel Lain: Cara Merawat Kucing Umur 1 Bulan Tanpa Induk

4. Jinakkan Kucing Hutan 

cara merawat anak kucing hutan

Lalu hal lain yang juga dapat dilakukan sebagai cara merawat kucing hutan adalah dengan menjinakkan kucing hutan. Kucing hutan sendiri adalah hewan yang liar, sehingga pemiliknya harus berusaha menjinakkan. Tentu untuk menjinakkannya, tak semudah seperti kucing kampung. 

Salah satu cara agar kucing dapat jinak adalah dengan membangun untuk cepat beradaptasi. Jika kucing sudah bisa beradaptasi dengan baik pada lingkungan barunya, maka akan membuatnya mudah jinak. Maka, ini sangat perlu dilakukan. 

Agar kucing bisa beradaptasi, maka bisa dengan memanipulasi kandang seperti berada di hutan. Jangan terlalu lama juga mengurung kucing di dalam kandang sebab dapat meningkatkan resiko stres. Ini juga upaya dalam menjinakkan kucing hutan. 

5. Ajak Kucing Bermain 

cara memelihara kucing hutan blacan

Memang saat masih baru, kucing tidak bisa langsung diajak bermain, namun saat sudah sedikit jinak ini dapat dilakukan. Hal ini karena pada dasarnya kucing hutan adalah hewan yang sangat aktif. Jadi tips ini dapat diterapkan. 

Mengajak kucing bermain juga bisa menjadi salah satu hal yang akan menjadikan hewan tersebut semakin akrab dengan pemiliknya. Tentu sudah tahu jika ada mainan khusus untuk kucing. Ini bisa coba untuk diterapkan. 

Atau bisa juga dengan menyiapkan bangku-bangku dengan ketinggian yang beragam sehingga kucing bisa memanjatnya. Ini akan menjadikan kucing merasa bebas dan tidak terkekang di dalam kandang. Kucing juga akan terhindar dari stres. 

Terus ajak bermain sehingga kucing bisa lebih kenal dengan pemiliknya dan tidak akan terlalu ganas. Saat kucing tidak stres, maka daya tahan tubuh kucing juga akan meningkat. Namun tentu harus kembali diperhatikan juga nutrisinya. 

Artikel Terkait: Cara Merawat Bayi Kucing

6. Lakukan Vaksinasi

cara merawat kucing hutan bayi

Kemudian hal lain yang harus dilakukan dalam cara merawat kucing hutan adalah dengan melakukan vaksinasi. Tak hanya manusia saja yang butuh vaksinasi, hewan pun juga sama. Tentu untuk memberikan perlindungan yang maksimal. 

Sebab tujuan dari pemberian vaksin sendiri adalah untuk memberikan perlindungan pada kucing agar terhindar dari penyakit. Untuk vaksinasi sendiri, dapat dilakukan di klinik hewan, sehingga nantinya juga akan mendapatkan pemeriksaan. 

Dengan pemeriksaan tersebut, setidaknya kucing akan mendapatkan vaksin yang tepat sesuai dengan kebutuhan tubuh kucing. Jadi jangan sekali-kali memberikan vaksin sendiri kepada kucing tanpa anjuran dokter, sehingga hal-hal buruk tak akan terjadi.

7. Perhatikan Kesehatan Kucing

cara merawat kucing hutan umur 1 minggu

Kemudian hal lainnya yang juga jangan sampai terlewatkan adalah dengan memperhatikan kesehatan kucing hutan. Seperti yang diketahui, dalam tahap adaptasi kadang ada saja masalah yang terjadi. Seperti misalnya kesalahan pemberian pakan atau sebagainya. 

Untuk menjaga agar kucing tetap sehat, maka usahakan untuk membawa ke dokter secara rutin. Entah tiap bulan, atau tiap tahun jika memang merasa kucing baik-baik saja dan tidak mengalami masalah. 

Jika melihat ada hal aneh yang terjadi pada kucing, maka bisa dengan membawanya ke dokter. Sehingga nanti akan mendapatkan perawatan yang tepat dan tidak sampai berakibat fatal. Jadi memelihara kucing hutan pun juga akan membutuhkan biaya yang cukup banyak. 

Itu tadi adalah beberapa tips cara merawat kucing hutan yang dapat dilakukan. Alangkah karena ini hewan langka, maka perawat yang diberikan juga harus spesial, apalagi kucing ini jarang sekali yang memilikinya karena memang berupa tindakan melanggar hukum. 

Pastikan saat memelihara kucing hutan ini sudah mendapatkan izin dari dinas terkait, sehingga kucing dapat dirawat dengan baik. Pastikan juga pemberian nutrisi yang cukup agar tumbuh kembang si kucing tidak terganggu. Juga jangan lupa untuk memperhatikan kebersihannya. 

Cara Merawat Kucing Hutan

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.