Harga Grooming Kucing

117 View

HARGA GROOMING KUCING – Kucing peliharaan juga harus diberikan perawatan khusus. Layaknya manusia yang ingin cantik dan terawat, kucing juga perlu untuk dibawa ke salon perawatan kucing.

Terkadang pemilik kucing berpikiran bahwa harga grooming kucing atau istilah untuk perawatan kucing di salonnya cukup mahal. Sehingga pemilik kucing memilih untuk tidak melakukan grooming apalagi jika melihat kucingnya masih terlihat bersih saja.

Padahal bukan hanya sekedar memandikan kucing, ada beberapa serangkaian perawatan yang akan diberikan pada kucing saat melakukan grooming.

Untuk itu, kenali juga manfaat untuk melakukan grooming pada kucing. Bandingkan juga harganya untuk mengetahui apakah harga tersebut sebanding dengan perawatan yang diberikan pada kucing.

Manfaat Grooming Pada Kucing

Manfaat Grooming Kucing
gambar kucing sedang grooming – allbages.com

Seperti yang telah dijelaskan di atas grooming kucing bukanlah sekedar merawat kebersihan kucing, namun ada juga beberapa manfaat lainnya. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari melakukan grooming kucing.

1. Membersihkan Dari Bakteri Dan Kutu

Fungsi grooming yang pertama adalah membersihkan kucing dari segala macam bentuk bakteri dan kutu yang mengganggu. Bakteri dan kutu biasanya terdapat di antara bulu-bulu kucing yang jarang dibersihkan. Jika tidak dibersihkan maka kucing bisa terserang penyakit kulit.

2. Mencegah Bulu Rontok

Masih seputar kutu yang menempel pada bulu kucing. Jika seekor kucing memiliki kutu pada bulunya akan membuat kucing menggaruk permukaan kulitnya yang berlubang akibat kutu. Hal ini juga akan membuat bulu-bulu kucing menjadi rontok akibat garukan kucing.

3. Mencegah Bulu Yang Menggumpal (Hairball)

Manfaat grooming kucing lainnya adalah mencegah bulu-bulu kucing menggumpal. Karena pada grooming kucing akan dilakukan penyisiran secara khusus agar bulu-bulunya terawat. Tentuya bulu kucing yang menggumpal akan membuat kucing tersebut nampak tidak terurus dengan baik.

4. Mencegah Kulit Iritasi

Salah satu proses yang akan dilalui oleh kucing saat melakukan grooming adalah brushing. Yakni proses untuk menyisir bulu-bulu kucing agar terhindar dari kotoran. Selain itu juga akan diberikan minyak dengan bahan alami ke seluruh tubuh agar terhindar dari kusut dan mencegah iritasi.

BACA JUGA:  Tips Agar Bulu Kucing Tidak Rontok

5. Mencegah Kucing Stress

Manfaat grooming kucing selanjutnya adalah mencegah kucing dari stress. Serangkaian perawatan pada grooming tentunya akan membuat kucing menjadi nyaman dan rileks dengan tubuhnya sendiri. Jika kucing terhindar dari stress maka akan memperkecil kemungkinan kucing terjangkit penyakit lainnya.

Perawatan Kucing Lainnya yang Tak Boleh Dilupakan

perawatan vaksin untuk kucing tidak boleh dilupakan
prestigeanimalhospital.com

Mempersiapkan budget sesuai harga grooming kucing memang tak ada salahnya. Namun jangan sampai lupa kalau masih ada perawatan kucing lainnya. Beberapa hal di bawah ini tidak boleh dilupakan karena mempengaruhi kesehatan kucing juga, yaitu:

Baca Juga: Cara Merawat Kucing Sphynx dengan Benar

1. Vaksin

Setiap kucing harus diberi vaksin agar terlindungi dari berbagai penyakit, misalnya rabies. Penyakit ini sangat berbahaya karena bisa menular ke manusia. 99% manusia yang tergigit hewan rabies bisa meninggal.* Pentingnya vaksin tidak hanya melindungi kucing, tetapi juga manusia sekitarnya.

2. Vitamin

Memang tidak perlu setiap hari memberi vitamin pada kucing, namun hal ini tetap diperlukan. Kisaran harganya sekitar Rp20.000 hingga Rp200.000, mungkin ada yang lebih mahal lagi. Jadi selain mengetahui harga grooming kucing, harus tahu juga harga vitamin yang dapat membuat bulu lebih bagus, menambah nafsu makan, dan menambah nutrisi.

3. Memperhatikan Nutrisi Makanan

Kucing yang tampak cantik harus berasal dari makanannya juga. Berikan makanan yang mengandung nutrisi tinggi, seperti vitamin, protein, zat besi, dan sebagainya. Jangan berikan makanan anjing untuk kucing meskipun bentuknya sama. Makanan yang tidak cocok akan menyebabkan bulu rontok, diare, hingga nafsu makan berkurang.

4. Menjaga Aktivitas Fisik dengan Bermain

Terakhir, bermain dengan kucing pun penting sebagai bentuk perhatian kepada mereka. Bermain menjaga kucing untuk tetap aktif bergerak sehingga mengurangi resiko obesitas. Bermain bisa dilakukan di rumah dengan mainan atau mengajaknya berjalan-jalan di sekitar lingkungan rumah.

Harga Grooming Kucing

Harga Grooming Kucing
daftar harga grooming kucing – lifeasapet.com

Setelah mengetahui beberapa manfaat dari melakukan grooming pada kucing, berikut ini akan diberikan gambaran mengenai harga grooming kucing pada setiap perawatannya. Tentunya harga setiap perawatan akan berbeda tergantung tingkat kesulitan dan alat yang digunakan.

Artikel Lain: Cara Membuat Kucing Gemuk

1. Grooming Kucing Universal Sticky Buddy

Perawatan pertama yang dilakukan saat melakukan grooming adalah universal sticky buddy. Perawatan ini adalah proses penyisiran bulu kucing untuk membersihkan dari bulu-bulu yang rontok. Hal ini dimaksudkan agar perawatan pada tahap selanjutnya bisa lebih maksimal lagi.

Harga grooming kucing universal sticky buddy ini biasanya dipatok dengan harga Rp33.000,00 rupiah. Harga ini dinilai sesuai karena alat roller atau sisir bisa mencapai Rp63.000,00 rupiah atau bahkan lebih.

BACA JUGA:  Makanan Kucing Anggora

Tentu lebih hemat jika dibandingkan dengan melakukan perawatan grooming universal sticky buddy sendiri yang mungkin belum tentu maksimal hasilnya.

2. Grooming Kucing Shampo Anti Jamur

Jamur memang bisa saja menjangkit tubuh kucing yang sehari-hari aktif di luar rumah. Atau di dalam rumah jika memang jarang dimandikan dan berada di ruangan yang lembab.

Dan pertumbuhan jamur ini tentunya akan mengganggu kebersihan dan kesehatan kucing. Oleh sebab itu pada grooming kucing ada langkah untuk memandikan kucing dengan shampo anti jamur.

Harga grooming kucing shampo anti jamur pada umumnya akan dikenakan biaya sebesar Rp65.000,00. Harga ini dinilai wajar karena shampo yang digunakan untuk kucing berbeda dari manusia. Oleh sebab itu tidak mudah untuk mendapatkannya dan harganya cukup lebih mahal dibandingkan shampo biasa.

3. Grooming Kucing Hand Blower

Setelah dimandikan dan diberi shampo, maka bulu kucing harus segera dikeringkan. Karena bulu kucing biasanya akan lama keringnya dan harus dibantu oleh alat yang bernama hand blower ini. Tujuannya agar kucing bisa segera melakukan perawatan berikutnya.

Harga yang harus dibayarkan untuk melakukan perawatan hand blower ini cukup mahal dibandingkan dua perawatan sebelumnya. Yakni sebesar Rp325.000,00 rupiah. Besarnya nominal tersebut dinilai pas karena harga alat hand blower pun cukup mahal.

4. Grooming Kucing Unipet

Grooming kucing unipet adalah langkah grooming untuk menyisir bulu kucing dengan menggunakan sisir kawat. Sisir ini bermanfaat untuk menghilangkan bulu yang rontok pada permukaan tubuh atau yang ada di dekat kulit kucing. Selain itu dapat mengangkat kotoran dari kulit dan membuat bulu kucing rapi dan tidak mengembang.

Harga grooming kucing unipet ini dinilai cukup murah karena hanya cukup dengan membayar sebesar Rp25.000,00 saja. Apalagi harga alat atau sisirnya juga cukup murah dan mudah untuk mendapatkannya.

5. Grooming Kucing Nail Trimmer Clipper

Perawatan selanjutnya yang cukup penting juga adalah proses pemotongan kuku kucing. Kuku kucing yang panjang dan tajam bisa melukai orang lain atau terhadap kucing itu sendiri. Apalagi kuku yang tidak dirawat akan membuat pertumbuhan bakteri lebih cepat.

Harga grooming kucing nail trimmer clipper ini juga cukup murah. Yakni sekitar Rp26.000,00 yang masih cukup terjangkau. Alat untuk memotong kuku untuk kucing biasanya menggunakan alat khusus.

6. Grooming Kucing Electric Clipper Kit

Tahap selanjutnya adalah proses pencukuran bulu kucing. Proses ini biasanya berlaku hanya untuk jenis kucing yang memiliki bulu lebat seperti anggora. Karena bulu yang terlalu lebat biasanya tidak baik untuk kesehatan kulit kucing yang bisa menimbulkan penyakit kulit.

Harga grooming kucing electric clipper kit ini merupakan rangkaian perawatan yang paling mahal. Biaya yang dikenakan sekitar Rp300.000,00. Karena untuk mencukur bulu membutuhkan alat dan keahlian khusus.

BACA JUGA:  Cara Merawat Kucing Sphynx dengan Benar

7. Grooming Kucing Unipet Blue

Perawatan pada grooming kucing selanjutnya adalah unipet blue. Ini merupakan perawatan menyisir bulu-bulu kucing saat mandi. Hal ini agar proses memandikan kucing bisa lebih maksimal lagi. Selain bulu-bulu yang rontok bisa disapu bersih, bisa juga membersihkan jamur yang menempel pada kulit kucing.

Harga grooming kucing unipet blue ini merupakan yang paling murah dibandingkan dengan yang lain. Yakni berkisar pada Rp23.000,00 atau mungkin lebih. Harga ini dikatakan wajar apalagi jika dibandingkan harus membeli alatnya sendiri.

8. Grooming Kucing Serit

Kutu biasanya lebih sering menjadi masalah pada kucing. Apalagi kutu yang bersarang di bulu kucing dapat membuat bulunya menjadi rontok. Dan pada grooming kucing biasanya akan dilakukan perawatan untuk membersihkan kutu dari bulu kucing.

Harga grooming kucing sering akan dikenakan biaya Rp65.000,00. Hal ini disebabkan karena untuk membersihkan kutu kucing membutuhkan kesabaran ekstra. Apalagi ahli grooming harus meneliti helai per helai bulu kucing untuk memastikan benar-benar bersih dari kutu.

Tips Sederhana Grooming Kucing Sendiri di Rumah

Tips Sederhana Grooming Kucing Sendiri di Rumah
vetvoice.com.au

Bagi sebagian orang harga grooming kucing di atas mungkin terjangkau. Apalagi dengan penanganan profesional pasti hasilnya memuaskan. Namun ada kalanya kesibukan membuat tidak ada waktu untuk ke pet shop. Agar kebersihan kucing tetap terjaga, lakukan hal-hal sederhana di bawah ini:

1. Siapkan Alat Grooming

Tidak butuh alat khusus seperti di salon hewan atau yang berharga mahal. Kalau punya alat cukur di rumah, hair dryer, gunting berujung tumpul atau dengan ujung pisau membulat, dan palm brush (sarung tangan karet dengan duri-duri kecil di bagian telapak tangan) sudah cukup.

Sikat bulu nilon pun bisa digunakan kalau tidak ada palm brush. Ingat, jangan gunting kuku kucing dengan gunting kuku manusia.

2. Pijat Kucing

Lakukan pemijatan sebentar pada kucing di bagian kepala dan badannya. Saat memijat pastikan tidak ada benjolan dan luka ditubuhnya. Selain untuk memeriksa kondisi kucing, pemijatan juga agar kucing merasa nyaman dan rileks. Cukup 10 hingga 15 menit kucing merasakan sentuhan tangan pemiliknya.

3. Mulai dari Menyisir Bulu

Kalau punya alat pemotong kuku khusus kucing bisa diawali dengan membersihkan kuku. Tujuannya untuk menghindari cakaran kalau tiba-tiba kucing merasa tidak nyaman.

Tapi kalau tidak punya alatnya, sisirlah bulu kucing supaya tidak rontok saat dimandikan. Sisir perlahan sambil berikan sentuhan-sentuhan manja agar kucing semakin rileks.

4. Bersihkan Telinga

Cek apakah ada noda kecoklatan atau hitam di dinding telinga. Kalau ada, bersihkan noda-noda itu dengan cotton bud yang sudah dibasahi dengan baby oil atau minyak VCO. Kalau kotoran tidak bisa dibersihkan perlahan, jangan digosok atau dipaksa sebab kotoran itu harus menggunakan cairan khusus.

5. Mandikan Kucing

Mandikan kucing dengan air hangat. Mulai dari bagian tubuhnya atau perlahan dari bawah. Jangan sampai air kena mata dan telinga karena akan menyebabkan infeksi.

Apabila ingin membersihkan bagian kepala, gunakan handuk basah untuk bagian belakang telinga dan sekitar mulut. Segera keringkan dengan handuk lalu hair dryer, akan lebih baik lagi kalau bisa di bawah matahari.

Beberapa informasi mengenai manfaat dan harga grooming kucing bisa menjadi gambaran mengenai pentingnya perawatan tersebut. Memang untuk melakukan grooming sendiri lebih murah jika dibandingkan dengan di tempat khusus. Namun, hasilnya tidak akan maksimal jika orang yang melakukannya belum ahli dan tidak teliti seperti yang di pet shop.

HARGA GROOMING KUCING

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.