Harga Kucing Hutan Terbaru dan Terlengkap!

HARGA KUCING HUTAN – Memiliki hewan peliharaan saat ini sudah menjadi trend bagi beberapa orang,  karena hewan peliharaan dipercaya bisa menghilangkan stress. Ada banyak sekali jenis hewan yang bisa dipelihara, baik itu mamalia, reptile, maupun lainnya. Kebanyakan orang saat ini juga menyukai hewan yang langka, seperti kucing hutan misalnya. Jika ingin memeliharanya, artikel ini akan mengulas tuntas harga kucing hutan.

Kucing hutan merupakan salah satu jenis kucing yang keberadaannya dilindungi oleh pemerintah. Hal ini disebabkan karena populasi kucing satu ini tidaklah banyak (langka). Itulah mengapa tidak sembarang orang yang bisa memeliharanya tanpa mengantongi surat izin memelihara. Terdengar ribet memang, tapi jika memang serius ingin memelihara, pasti akan diusahakan sepenuhnya.

Bagaimana dengan harga kucing hutan sendiri? Harganya memang agak sedikit lebih mahal dengan kucing yang lain. Seperti yang dibahas sebelumnya bahwa kucing ini sudah mulai langka, itulah mengapa harganya juga sedikit lebih tinggi. Ada beberapa orang yang masih takut memelihara kucing satu ini, dengan alasan hewan ini dilindungi. Padahal masih ada jenis kucing hutan yang tidak dilindungi dan bisa dipelihara.

Jenis-Jenis Kucing Hutan

Jenis-Jenis Kucing Hutan
perbedaan kucing hutan jawa dan sumatera – hewany.com

Sebelum mengetahui harga kucing hutan, ternyata ada beberapa jenis kucing endemic asli Indonesia yang keberadaannya sudah sangat langka. Untuk jenis  yang pertama adalah kucing hutan blacan, kucing batu , kucing emas asia, macan dahan, kucing merah Kalimantan, macan tutul, dan juga kucing bakau. Kesemua jenis kucing ini tersebar dibanyak daerah di Indonesia.

Seperti namanya, kucing liar pastilah hidupnya liar dan hidupnya pun di alam bebas. Beberapa spesies kucing hutan pun tergolong ganas, karena mangsanya bisa dicabik-cabik dan diterkam layaknya singa pada umumnya. Keberadaan kucing-kucing ini sudah sangat langka, dan itulah mengapa hewan ini dilindungi.

Dari lebih 40 spesies kucing hutan yang ada di dunia, 9 diantaranya dapat ditemukan di Indonesia.  Kucing hutan ini satu rumpun dengan singa, macan tutul, harimau, dan jaguar. Spesies kucing-kucing ini masuk ke dalam family felidae. Jika ingin memelihara ke Sembilan kucing ini, maka harus mengantongi izin memelihara terlebih dahulu.

Cara Merawat Kucing Hutan

Cara Merawat Kucing Hutan
cara merawat kucing hutan umur 1 minggu – youtube.com

Setelah mengetahui jenis-jenis kucing hutan apasaja yang legal untuk dipelihara, ada baiknya juga untuk mengetahui cara-cara memelihara kucing satu ini. Nah, ada beberapa cara dan syarat yang harus dipenuhi untuk bisa menjadikan kucing hutan ini sebagai peliharaan, berikut caranya :

  • Siapkan kandang yang luas. Cara dan hal yang pertama harus dilakukan jika memelihara kucing ini adalah menyiapkan kandang yang luas. Ini dilakukan untuk membuat kucing hutan menjadi nyaman dan menghindari kucing hutan menjadi stress.
  • Memberi pakan yang baik. Makanan untuk kucing hutan sendiri adalah daging. Jadi sebaiknya berikan daging yang baik ya, bisa dalam bentuk mentah ataupun yang telah direbus.
  • Memastikan kandang selalu bersih. Kucing hutan adalah hewan yang rentan sakit, jadi memastikan kandang selalu bersih bisa menghindari hal tersebut.
  • Rajin memandikan. Untuk menjaga kebersihan kucing hutan, jangan lupa untuk memandikan ya, tapi sebaiknya untuk anakan kucing jangan dimandikan terlebih dahulu karena daya tahan tubuhnya kurang.
  • Menjinakkan kucing hutan. Dalam merawat kucing hutan juga seseorang harus memiliki pengetahuan tentang bagaimana menjinakkannya.
  • Buat kucing nyaman. Kucing hutan memerlukan adaptasi yang lama dengan keadaan sekitar, untuk itu letakkan kucing hutan dalam kandang yang besar dan simpan kandang di tempat yang jauh dari lalu lang manusia.

Harga Kucing Hutan

Harga Kucing Hutan
kucing hutan blacan – hewany.com

Bagi yang berminat untuk memelihara jenis kucing satu ini, pasti poin ini menadi yang paling ditunggu-tunggu. Nah, berapa sih harga kucing hutan yang bisa dipelihara itu? Berikut ulasannya :

1. Kucing Hutan Anakan Blacan

Harga kucing hutan yang pertama adalah dari jenis kucing hutan blacan. Untuk harga dari jenis kucing ini sendiri dipatok dengan harga sekitar Rp8.000.000,-. Dengan harga ini seseorang sudah mendapatkan sepasang anakan blacan dengan umur kucing yakni sekitar enam bulan.

2. Kucing Hutan Anakan Jenis Blacan Non-Ped

Jenis kucing yang kedua adalah balcan non-ped, untuk kucing ini sendiri memang akan banyak sekali mengeluarkan uang. Uang yang harus dikeluarkan untuk bisa memiliki kanakan blacan non-ped ini adalah sekitar Rp22.000.000,-.

3. Kucing Hutan Anakan Blacan Kitten

Untuk anakan blacan kitten sendiri harganya jauh lebih murah dibandingkan kedua jenis kucing diatas. Untuk bisa memiliki kucing dengan jenis ini, uang yang harus dikeluarkan adalah sebesar Rp4.500.000,-. Tentunya, harga juga akan berbeda tergantung umur dan kesehatannya.

4. Kucing Hutan Anakan Blacan Asli

Harga kucing hutan jenis anakan blacan asli sendiri sekitar Rp8.700.000,-. Dengan mengeluarkan uang sebesar itu seseorang sudah bisa memelihara anakan kucing ini. Adapun umur kucing yang akan didapatkan dengan harga 8 juta tadi adalah berusia tiga bulan.

5. Kucing Hutan Anakan Blacan Jantan

Untuk harga anakan blacan jantan berbeda dengan balacan betina. Di mana untuk yang jantan harga yang ditawarkan berkisar Rp4.000.000,- sedangkan untuk anakan blacan betina harganya sedikit lebih tinggi, yakni Rp6.000.000,-.

6. Kucing Hutan Macan Dahan

Jenis kucing macan dahan harganya sedikit lebih murah dibandingkan dengan jenis kucing anakan blacan. Untuk bisa memiliki kucing dahan sendiri , seseorang harus membayar seharga Rp3.000.000,- dan macan dahan berumur 31-1 tahun bisa dibawa pulang.

7. Kucing Hutan Asli Sumatera

Untuk harga kucing hutan asli Sumatera sendiri dengan umur 4 bulan, harga yang ditawarkan hanya berkisar Rp450.000,-. Dengan uang tersebut, seseorang sudah bisa membawa pulang dan memelihara kucing hutan satu ini.

8. Kucing Hutan Asli Jawa

Sama seperti namanya, kucing ini bisa ditemukan di Pulu Jawa, tetapi tidak menutup kemungkinan untuk teman-teman yang ada di daerah lain untuk memilikinya juga. Untuk bisa memelihara kucing hutan asli Jawa berumur 1 ini, seseorang harus membayar sekitarRp1.000.000,-.

9. Kucing Hutan Anakan Murah

Tidak semua kucing hutan mahal harganya, jika memang teman-teman ingin sekali memelihara kucing satu ini, kucing hutan anakan murah mungkin bisa jadi solusi. Untuk bisa memelihara anakan murah ini, seseorang tidak perlu mengeluarkan budget jutaan, karena harga kucing hutan anakan hanya Rp350.000,-.

10. Kucing Hutan Kalimantan

Sama seperti kucing hutan asli Jawad an Sumatera tadi, ternayata kucing hutan juga bisa didapatkan di Pulau Kalimantan. Untuk bisa memiliki dan memelihara kucing ini sendiri, seseorang harus membayar seharga Rp400.000,-. Harganya terbilang cukup murah diabnding yang lain, dengan harga tersebut kucing berumur 2,5 bulan ini bisa dibawa pulang.

Semua harga kucing diatas bisa saja berbeda setiap kotanya. Bagi yang membeli kucing hutan ini bisa mengunjungi toko-toko hewan di seluruh kota besar yang ada di Indonesia. Harga yang tinggi bisa dipengaruhi oleh umur dan juga vaksnisasi dari kucing itu sendiri.

Itulah tadi beberapa ulasan mengenai jenis-jenis, cara merawat sampai harga kucing hutan. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi teman-teman untuk menemukan jenis kucing apa yang pas untuk dipelihara. Apapun jenisnya, jangan lupa untuk merawat sepenuh hati ya.

HARGA KUCING HUTAN

Categories Kucing

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.