Kucing Birman

66 View

Kucing Birman merupakan jenis kucing berbulu panjang bermata biru safir dengan kepalanya yang bentuk bulat dan lebar serta hidung yang melekuk. Kucing Birman diduga hasil dari perkawinan silang antara kucing siam dan kucing longhair sehingga bulunya terlihat lebat, namun tidak terlalu panjang.

Tak sedikit yang menyebut kucing ini sebagai legenda cantik dikarenakan postur tubuhnya yang mungil dengan bulu halus. Di negara asalnya, Myanmar, kucing satu ini dianggap sebagai hewan yang suci dan memiliki legenda dan sejarah tersendiri.

Untuk pecinta kucing yang berniat memelihara kucing ras yang cantik ini, ada baiknya untuk mengenal kucing Birman terlebih dahulu dengan penjelasan di bawah ini:

Sejarah Mengenai Kucing Birman

Sejarah Mengenai Kucing Birman

Kucing Birman memiliki legenda yang cukup panjang di negara asalnya dan sering sekali dikaitkan dengan mitos yang telah berkembang oleh masyarakat Birma. Kucing ras ini dikenal sebagai sahabat biksu atau pendeta di negara Myanmar, bahkan beberapa orang menganggap kucing ini suci.

Konon, kucing Birman merupakan teman seorang pendeta bernama Mun H yang berasal dari Birma ketika tengah bersemedi di kuil Lao Tsun. Ciri fisik kucing ini adalah berwarna putih dan namanya adalah Sinh. Bahkan juga dipercaya bisa berubah warna menjadi kuning keemasan dan bola mata yang sebelumnya berwarna kuning berubah menjadi biru.

Perubahan ini terjadi setelah segerombolan rampok menyerang kuil Lao Tsun dan melukai Mun H hingga sekarat di depan patung Dewi Tsun Kyan Kse. Kemudian Sinh menempelkan cakarnya tepat di atas kepala Mun H dan terjadilah perubahan warna tersebut.

Esok harinya, kucing-kucing yang juga berada di dalam kuil Lao Tsun mengalami perubahan warna yang sama. Tujuh hari setelahnya, kucing Sinh mati dan pergi membawa roh Mun H ke surga.

BACA JUGA:  Cara Mengatasi Bulu Kucing Rontok

Baca Juga: Mengenal Kucing Ragdoll Mulai dari Sejarah Sampai Cara Merawatnya

Ciri-ciri Kucing Birman

Ciri-ciri Kucing Birman

Jika ada pecinta kucing yang berminat untuk mengadopsi jenis ras kucing cantik ini, harus tahu dahulu bagaimana ciri-cirinya. Mengetahui ciri-cirinya akan memudahkan pecinta kucing untuk membedakan kucing tersebut dengan ras kucing lain yang tampilannya hampir mirip. Untuk lebih jelasnya, ini cirinya:

  • Tubuhnya berukuran sedang dengan bobot di angka sekitar 4-6 kg.
  • Mata kucing berbentuk oval yang hampir bulat dengan ukuran agak besar.
  • Warna matanya biru seperti biru safir.
  • Warna bulunya adalah colorpoint, yaitu gelap pada bagian anggota tubuh seperti wajah, telinga, ekor dan kaki.
  • Untuk bagian tubuh lain seperti kepala, perut, dada, punggung serta leher berwarna putih dan ada keabu-abuan.
  • Cakar dan jari kucing tak berubah warna, tetap berwarna putih. Warna putihnya simetris sehingga terlihat seperti mengenakan sarung tangan berwarna putih.
  • Kucing tampak terlihat berotot dengan kaki yang kuat.
  • Kepalanya berbentuk bulat dan lebar serta hidung yang melekuk.
  • Telinga berukuran sedang dengan bagian ujung telinga melengkung.
  • Bulu-bulu di leher dan ekor sangat halus dan tebal.
  • Panjang bulu tidak terlalu panjang.
  • Di bagian tubuh, warna bulu terlihat lebih pucat.

Artikel Lain: Penambah Nafsu Makan Kucing

Sifat dari Kucing Birman

Sifat dari Kucing Birman

Kucing Birman merupakan jenis kucing ras yang memiliki sifat menyenangkan saat bermain bersama, cenderung tenang dan juga jinak. Kucing ras ini juga pintar dan cerdas, bahkan memiliki rasa keingintahuan yang cukup tinggi.

Birman termasuk ke dalam kucing yang suka menjelajahi lingkungannya karena rasa keingintahuannya yang tinggi, sehingga tak heran jika kucing ini bisa berada di manapun. Birman juga senang bermain dengan manusia dan mudah berbaur dengan anak-anak.

Sifat spesial lain dari kucing ini adalah setia pada pemiliknya dan bahkan tak segan-segan akan menunggu pemiliknya saat tengah keluar rumah. Birman memiliki keterkaitan dan ikatan yang sangat kuat dengan pemiliknya.

Birman termasuk ke dalam kucing yang mudah untuk dilatih. Kucing birman memiliki suara yang lembut, dan juga menyukai pelukan dari pemiliknya. Birman akan merasa tenang dan rileks saat diperlakukan seperti itu.

BACA JUGA:  Cara Merawat Anak Kucing

Artikel Terkait: Cara Mengatasi Kucing Stres

Fakta Menarik Mengenai Kucing Ras Birman

Fakta Menarik Mengenai Kucing Ras Birman

Setelah mengetahui sifat dan juga karakteristik kucing birman, pecinta kucing juga harus tahu bahwa ada fakta-fakta menarik mengenai ras satu ini. Fakta-fakta menarik ini bisa membuat pecinta kucing makin menyukai dan ingin segera untuk mengadopsinya.

Berikut pemaparan tentang fakta menariknya di bawah ini. Mari disimak:

1. Asal-usul Kucing yang Masih Simpang Siur dan Misterius

Sampai kini, asal-usul kucing ras Birman masih jadi perdebatan karena ada kisah legenda berbeda yang membahas mengenai kucing ini. Pertama adalah kucing ini awalnya adalah penjaga kuil Lao Tsun di Burma dan dipercaya sebagai pembawa keberuntungan.

Kedua adalah legenda yang mengatakan bahwa kucing ini berasal dari abad-20, yang mana kucing ini dibawa oleh seorang pria yang bernama August Pavie ke negara Prancis. Namun, sebagian besar awal dari sejarah ini mengatakan bahwa ras ini telah hilang disebabkan oleh perang dan kekacauan politik yang terjadi di Burma.

2. Mitos Sepatu Putih Pada Kaki

Fakta selanjutnya dari kucing ras ini adalah mitos sepatu putih di keempat kakinya. Dari legenda yang beredar, mitos ini masih berhubungan dengan asal kucing Birma yang tinggal di kuil Lao Tsun di Burma kuno.

Katanya, kucing ras ini memiliki bulu berwarna keemasan dengan mata biru seperti biru safir. Lalu sepatu putih yang dimaksud adalah bekas tapal alas kaki dewa yang memberikan berkat kepada kucing-kucing.

3. Bulunya yang Lebat dengan Mata Biru Berwarna Seperti Safir

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa Birman termasuk ke dalam jenis kucing yang memiliki bulu yang lebat dan mata biru berwarna sama seperti biru safir. Bulunya yang lebat menjadikan Birman termasuk ke dalam golongan ras kucing jenis semi longhair.

Matanya yang biru dengan bentuk agak oval membuat kucing ini terlihat lucu dan menggemaskan. Ditambah lagi postur tubuhnya yang besar dengan kepala berbentuk bulat dan lebar serta hidung yang melekuk, makin membuat kucing terlihat super menggemaskan.

BACA JUGA:  Kucing British Shorthair yang Lucu dan Menggemaskan

4. Berkepribadian yang Penuh dengan Kasih Sayang

Kucing ras Birman dikenal sebagai kucing dengan kepribadian yang penuh akan kasih sayang. Entah kepada pemiliknya ataupun kepada hewan-hewan lain yang berada di sekitarnya.

Birman juga termasuk ke dalam kucing yang mudah sekali bersosialisasi, beradaptasi, pintar dan cerdas, patuh dan penurut pada pemiliknya dan berorientasi penuh terhadap manusia. Maka, tak heran jika kucing ini dikembangbiakkan sampai beberapa generasi agar tidak punah.

5. Mudah Sekali Cemburu

Meski tergolong ras kucing yang mudah beradaptasi, Birman termasuk ke dalam kucing yang sangat loyal dan setia pada pemiliknya. Kesetiaan inilah yang membuat kucing ini mudah sekali cemburu dengan kucing atau hewan lainnya.

Apabila ada kucing atau hewan lain yang mendapatkan perhatian lebih dari pemiliknya, kucing ini akan cemburu. Sehingga pemilik hanya boleh memberikan perhatian hanya pada kucing Birman saja atau tidak terlihat oleh kucing ini.

6. Mirip dengan Kucing Ras Himalaya

Dari segi fisik, Birman mirip sekali dengan kucing ras Himalaya, yang merupakan bagian dari ras kucing Persia. Bulu kedua kucing ini sama-sama berbulu panjang dengan bagian ujungnya berwarna gelap.

Meskipun keduanya terlihat mirip, tetap ada perbedaan yang cukup mencolok dari keduanya yaitu pada wajah. Hidung kucing Birman bentuknya lebih runcing dibandingkan Himalaya, selanjutnya bentuk wajah Himalaya datar, sementara Birman terlihat lebih bulat.

Sudah lebih paham kan sekarang mengenai Kucing Birman, mulai dari sejarah hingga fakta-fakta menarik kucing ini. Dengan pembahasan detail ini semoga ada gambaran jika ingin membeli kucing ras satu ini ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.