Penambah Nafsu Makan Kucing

133 View

Salah satu hewan peliharaan yang paling disukai semua orang adalah kucing. Kali ini akan dibahas beberapa rekomendasi vitamin penambah nafsu makan kucing yang perlu diketahui oleh sang pemilik. 

Seperti yang telah diketahui bahwa, kucing merupakan salah satu hewan dari yang termasuk dalam jenis mamalia, karena berkembang biak dengan cara melahirkan. Selain itu, kucing ini telah digolongkan dengan hewan karnivora

Diketahui bahwa, kucing dapat memakan berbagai makanan yang terbuat atau dari daging. Selain kucing peliharaan yang lucu, terdapat pula kucing besar yang biasa disebut dengan nama singa dan juga harimau. 

Namun terkadang, kucing mengalami fase dimana tidak mau makan. Oleh karenanya, berikut beberapa rekomendasi makanan untuk penambah nafsu makan kucing yang bisa digunakan oleh pemilik, diantaranya:

1. Makanan Basah

Makanan penambah nafsu makan kucing adalah makanan basah

Makanan penambah nafsu makan kucing yang pertama adalah makanan basah. Dengan cara memberikan makan makanan basah, biasanya kucing akan lebih menyukainya. Layaknya manusia yang terkadang lebih suka makanan yang berkuah.

Begitu pula dengan kucing, terkadang kucing bosan dengan makanan kering yang diberikan oleh pemiliknya dan mengakibatkan nafsu makan yang berkurang. Oleh karenanya, diperlukan beberapa kali untuk mengganti makanan instan kucing dengan makanan basah.

Selain rasa bosan, terdapat kucing yang belum terbiasa akan makanan kering yang diberikan. Karena hal tersebutlah,, dapat membuat pencernaan kucing bermasalah dan menurunkan nafsu makannya. 

Dengan makanan basah, kucing dapat lebih mudah untuk mencernanya. Karena kandungan air yang cukup, sehingga kucing tidak susah untuk mengunyah dan menelan makanan yang diberikan. 

Baca Juga: Makanan Kucing Anggora

2. Makanan Beraroma

Makanan penambah nafsu makan kucing adalah makanan yang memiliki aroma kuat

Makanan penambah nafsu makan kucing yang kedua adalah makanan yang memiliki aroma kuat. Beberapa hewan seperti kucing dan anjing memiliki indera pembau yang cukup kuat, seperti hal-hal yang memiliki aroma yang menyengat atau bau mereka pasti akan cepat menemukannya. 

BACA JUGA:  Jenis Kucing Persia

Dengan faktor tersebut, pemilik kucing dapat menjadikan makanan beraroma sebagai solusi penambah nafsu makan kucing yang dimilikinya. Aroma atau bau yang kuat akan menggugah selera kucing untuk makan dengan lahap. 

Salah satu contoh makanan yang beraroma adalah ketika ikan yang direbus ataupun berbagai daging rebus. Dengan cara memasak yang direbus, selain makanan menjadi lebih mudah dicerna, kucing juga memiliki aroma yang kuat. 

3. Makanan Favorit

Penambah Nafsu Makan Kucing yaitu makanan favorit kucing

Untuk penambah nafsu makan kucing yang kali ini, tidak dapat seluruh pemilik kucing melakukannya. Para pemula pemilik kucing, tentu belum tahu makanan apa saja yang menjadi favorit kucingnya, dapat mencari tahu dari berbagai sumber untuk mengetahui makanan favorit kucing. 

Memerlukan waktu untuk mengetahui apa saja yang menjadi kesukaan si kucing. Secara umum kucing sangat suka dengan makanan yang berupa snack ringan, atau cat treats.

Dengan memberikan makanan favorit bagi kucing, tentu kucing tidak akan menolak untuk memakannya. Kecuali memang kucing dalam keadaan tidak sedang baik-baik saja. 

4. Makanan Hangat

penambah nafsu makan kucing yaitu makanan hangat

Pada bagian kelima dalam penambah nafsu makan kucing terdapat cara untuk memberikan makanan yang hangat. Terdapat beberapa pemilik kucing yang hanya meninggalkan sekali dalam sehari makanan untuk kucingnya dalam jumlah yang banyak.

Hal tersebut mungkin dapat diubah, karena makanan yang diberikan pada pagi hari tentu sudah tidak hangat dan fresh ketika dimakan kucing pada malam hari. Dengan keadaan makanan yang seperti itu, kucing bisa saja tidak nafsu untuk makan.

Solusi yang dapat diberikan adalah dengan menghangatkan makanan yang sudah dibuat sebelumnya. Atau dengan cara selalu membuat makanan setiap kali kucing akan makan, sehingga makanan yang diberikan masih fresh dan hangat.

Artikel Lain: penyakit cakar kucing

5. Makanan Berprotein 

Penambah nafsu makan kucing adalah makanan berprotein

Penambah nafsu makan kucing yang selanjutnya adalah makanan dengan protein yang cukup untuk memenuhi kebutuhan kucing. Kucing juga makhluk hidup seperti manusia yang memiliki kebutuhan pokok seperti karbohidrat, protein, dan gizi lainnya.

Kucing sangat menyukai makanan dengan kandungan protein dan asam amino. Selain karena merupakan makanan kesukaannya, protein juga sangat membantu tumbuh kembang kucing. 

BACA JUGA:  Virus Kucing 

Faktanya kucing dapat mengetahui apakah makanan tersebut mengandung banyak protein atau tidak. Kucing akan sulit makan dengan makanan yang hanya mengandung protein dibawah 20 persen. 

Pastikan bahwa makanan yang diberikan cukup mengandung berbagai kebutuhan kucing, salah satunya adalah protein dan asam amino. 

6. Minyak Ikan

penambah nafsu makan kucing adalah minyak ikan

Rekomendasi penambah nafsu makan yang keenam adalah minyak ikan. Jika pada bagian sebelumnya ikan sangat suka makanan yang memiliki aroma kuat dan ikan menjadi salah satu contohnya.

Kali ini minyak ikan menjadi solusi lainnya untuk kucing yang kehilangan nafsu makan. Rasa dan aroma dari minyak ikan sangat menggugah selera makan kucing. Rasa manis dan aroma yang sangat sedap bagi kucing dapat menambah nafsu makan nya.

Selain aroma dan rasa yang sedap bagi kucing, kandungan dari minyak ikan sendiri sangat bagus bagi pertumbuhan kucing. Nutrisi dan vitamin yang ada dalam minyak ikan tidak hanya diperlukan manusia, melainkan juga dibutuhkan oleh kucing. 

Pemberian minyak ikan pada kucing dapat dilakukan dengan cara diteteskan secara langsung kedalam mulutnya. Atau mencampurkan beberapa tetes minyak ikan dengan makanan yang akan diberikan pada kucing. 

Artikel Terkait: Virus Kucing

7. Air 

penambah nafsu makan kucing

Salah satu sebab menurunnya nafsu makan kucing adalah ketika kucing merasa dehidrasi. Kekurangan cairan atau mineral bagi tubuh kucing menjadikan kucing malas dan tidak selera untuk makan.

Pemilik kucing wajib memastikan bahwa cairan yang diberikan pada kucing pas dan cukup untuk memenuhi kebutuhannya, agar kucing tidak merasa dehidrasi. Pemberian air atau mineral pada kucing dapat dilakukan dengan cara menyediakannya langsung saat makan.

Selain itu dapat menggunakan opsi sebelumnya, yakni memberikan makanan basah dengan kandungan air yang cukup. 

8. Vitamin 

Vitamin adalah Penambah Nafsu Makan Kucing

Jika pada poin sebelumnya terdapat beberapa makanan yang dapat menjadi solusi penambah nafsu makan. Kali ini akan dibahas bagaimana vitamin menjadi bagian dari penambah nafsu makan kucing. 

Selain beberapa makanan diatas, vitamin juga dapat menjadi solusi penting untuk menambah nafsu makan kucing. Terdapat berbagai macam vitamin yang dapat diberikan pada kucing dengan manfaat yang berbeda-beda. 

BACA JUGA:  Pengobatan Sariawan Pada Kucing

Beberapa vitamin diantaranya dapat menambah nafsu makan, dan lainnya dapat memberikan manfaat bagi bulu, dan masih banyak lagi. Vitamin dapat dibeli di beberapa pet shop terdekat dengan bentuk yang bervariasi. 

9. Penanganan Dokter

memerika ke dokter untuk mengatasi menambah nafsu makan kucing

Pada step terakhir adalah dengan adanya penanganan dari dokter. Dalam realitanya, banyak kucing yang kehilangan nafsu makan akibat adanya kesalahan dalam tubuhnya atau mengalami suatu penyakit yang serius.

Jika hal tersebut pada kucing, maka perlu adanya penanganan khusus dari dokter hewan sebagai ahlinya. Kucing akan diperiksa apakah mengalami sakit atau masalah lainnya, dan hal apa yang menjadikannya kehilangan nafsu makan. 

Jika memang tidak terjadi hal serius, kucing hanya akan diberikan beberapa vitamin atau suplemen saja. Apabila kucing mengalami hal yang serius dan diperlukan tindakan khusus, tentu dokter akan melakukan tugasnya untuk menangani hal tersebut.

Demikianlah beberapa makanan dan hal yang dapat menjadi solusi penambah nafsu makan kucing. Beberapa diantaranya berupa makanan dan vitamin atau suplemen, pada tingkatan tertinggi terdapat penanganan khusus dari dokter jika diperlukan. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.