Tanda Kucing Betina Sudah Kawin yang Perlu Diketahui

Tanda Kucing Betina Sudah Kawin  – Para pecinta kucing harus memahami tanda kucing betina sudah kawin dengan kucing jantan. Hal ini perlu diketahui agar lebih mudah mempersiapkan perawatan untuk kucing yang sedang hamil.

Kucing betina yang sudah kawin apalagi sampai berhasil dibuahi harus diperhatikan dengan baik. Supaya kehamilan kucing bisa berjalan lancar dan anak kucing yang dilahirkan sehat semua.

Kucing betina tidak sembarangan kawin karena biasanya kucing betina memiliki masa birahi yang berlangsung selama 2 kali dalam setahun. Jadi harus diperhatikan ciri kucing birahi agar mudah mengawinkannya. Berikut ada beberapa tanda kucing betina sudah kawin juga ciri kucing betina yang sedang birahi.

Ciri-Ciri Kucing Betina Sedang Birahi

Ciri-Ciri Kucing Betina Sedang Birahi
twitter.com

Kucing adalah binatang yang masa birahinya berulang selama 2 kali dalam setahun. Biasanya saat sedang tidak mengalami birahi kucing betina enggan untuk dikawinkan.

Namun apabila sedang birahi kucing betina akan menunjukkan ciri-ciri yang tidak biasa dilakukan sebelumnya. Karena pada saat birahi kucing betina akan melepaskan hormon pheromone yang bisa menarik kucing lawan jenisnya. Berikut ciri-cirinya.

1. Kucing Jadi Lebih Gelisah

Ciri Kucing Birahi: Kucing Jadi Lebih Gelisah
flickr.com

Tidak hanya manusia yang sering mengalami gelisah, kucing betina pun mengalaminya. Hanya saja kucing betina mengalami gelisah saat sedang masa birahi. Kucing yang gelisah ditandai dengan seringnya mondar-mandir pada saat sedang berada dalam kandang.

Seolah tidak bisa melakukan sesuatu seperti biasanya juga merupakan ciri kucing betina sedang birahi. Jadi kucing akan minta dikeluarkan dari kandang agar bisa bebas mencari pejantan.

2. Sering Mengeong dengan Suara yang Khas

Cir Kucing Betina Birahi: Sering Mengeong dengan Suara yang Khas
youtube.com

Suara mengeong dari kucing betina yang sedang birahi berbeda dengan suara mengeong seperti biasanya. Kucing betina yang sedang birahi akan lebih sering mengeong dengan suara yang keras dan terdengar berat.

Pada saat mengeong pun suaranya akan terdengar lebih lama dari biasanya. Jika kucing betina merupakan kucing kampung yang biasa ditemukan di jalan, biasanya kucing betina akan berkeliaran di atap rumah untuk mencari pejantan.

3. Sering Menggesekkan Tubuh Di Dinding

Ciri Kucing Betina Birahi: Sering Menggesekkan Tubuh Di Dinding
catastrophicreations.com

Ciri yang paling umum terlihat saat kucing sedang birahi adalah sering menggesekkan tubuhnya ke dinding. Kucing betina melakukan hal tersebut untuk menarik perhatian dari kucing jantan.

Tidak hanya untuk menarik kucing jantan tapi juga untuk sedikit melampiaskan birahinya sampai kucing betina menemukan kucing jantan yang mau mengawinkannya.

4. Ekor Kucing Melengkung

Ciri Kucing Betina Birahi: Ekor Kucing Melengkung
gopetplan.com

Hal yang membuktikan bahwa kucing betina sedang dalam masa birahi adalah ekornya akan refleks melengkung saat disentuh pada bagian punggung.

Apalagi jika disentuh tepat diatas pangkal ekor maka kucing betina refleks melengkungkan ekornya ke salah satu sisi. Tidak hanya itu kucing betina juga akan refleks mengangkat bokongnya. Hal ini dilakukan oleh kucing betina agar kucing jantan mudah tertarik olehnya.

5. Sering Menggulingkan Badan

Ciri Kucing Birahi: Sering Menggulingkan Badan
knownpets.com

Ciri kucing betina sedang dalam masa birahi yaitu sering menggulingkan badannya ke tanah atau lantai. Saat sedang berguling tatapan mata kucing betina akan terlihat lebih meratap.

Saat sedang menggulingkan badan pun intensitas kucing betina menjilat tubuhnya akan lebih sering dilakukan. Tentunya kucing betina melakukan ini agar menarik perhatian dari kucing jantan yang mungkin ada di sekitarnya.

Baca Juga: Ciri-ciri Kucing Mau Melahirkan dan Cara Membantunya

Beberapa Tanda Kucing Betina Sudah Kawin Yang Perlu Diketahui

Beberapa Tanda Kucing Betina Sudah Kawin Yang Perlu Diketahui
encyclopedia.com

Setelah memasuki masa birahi, biasanya kucing betina akan meminta untuk dikawinkan dengan kucing pejantan. Kucing betina tidak akan berhenti mengeong sampai birahinya tersalurkan.

Nah jika sudah mengetahui ciri dari kucing betina yang sedang birahi, tentu harus mengetahui tanda-tanda bahwa kucing betina sudah menyalurkan birahinya (sudah kawin). Berikut tanda kucing betina sudah kawin.

1. Siklus Birahi Berhenti

Ciri Kucing Sudah Kawin: Siklus Birahi Berhenti
thesprucepets.com

Jika kucing betina sudah kawin tentunya siklus birahinya akan berhenti. Biasanya kucing akan sering melakukan perkawinan saat sedang masa birahi.

Namun jika masa birahi sudah selesai atau kucing mengalami pembuahan maka siklus birahinya berhenti. Kucing betina akan berhenti untuk menyerang kucing jantan yang mengajaknya kawin jika masa birahinya sudah selesai.

2. Kucing Betina Lebih Sering Tidur

Tanda Kucing Sudah Kawin: Kucing Betina Lebih Sering Tidur
pets4homes.co.uk

Jika kucing betina sudah kawin maka akan lebih sering tidur. Hal ini dikarenakan kucing betina memerlukan waktu istirahat lebih banyak agar tubuhnya tetap kuat.

Kalau setelah kawin terjadi pembuahan, tidur lebih sering pada kucing betina akan membuat kandungannya lebih terjaga. Kucing betina yang sudah kawin dan mengalami pembuahan akan berusaha untuk menjaga kandungannya sampai anak kucing yang dikandung berhasil dilahirkan.

3. Nafsu Makan Bertambah

Ciri Kucing Sudah Kawin: Nafsu Makan Bertambah
rover.com

Selain lebih sering tidur, tanda kucing betina sudah kawin salah satunya yaitu nafsu makannya bertambah. Kucing betina akan mengalami peningkatan nafsu makan karena sudah lepas dari masa birahi dan sudah mengalami pembuahan dari kucing jantan.

Hal ini terjadi karena kucing betina membutuhkan asupan gizi yang lebih banyak dari sebelumnya. Sebab kucing tidak hanya memberi asupan nutrisi untuk dirinya sendiri melainkan kandungan yang ada di dalam perutnya.

4. Menjauhi Kucing Jantan

Tanda Kucing Betina Sudah Kawin: Menjauhi Kucing Jantan
needpix.com

Biasanya tanda kucing betina sudah kawin adalah menjauhi kucing jantan. Hal ini dikarenakan area kewanitaan  pada kucing betina terasa sakit sehingga dia menjauhi kucing jantan yang mungkin ingin mengajaknya kawin.

Menjauhi kucing jantan juga menghindari risiko keguguran pada kucing betina. Jadi kucing betina akan lebih memilih untuk menjauhi kucing jantan agar calon anak yang dikandungnya selamat.

5. Berhenti Mengibaskan Ekor

Kucing Betina Sudah Kawin Bila Berhenti Mengibaskan Ekor
rover.com

Seperti ciri kucing birahi diatas, bahwa kucing betina yang sedang birahi akan melengkungkan ekornya. Berbeda setelah kucing betina kawin, maka ia akan berhenti mengibaskan ekornya.

Hal ini bertujuan agar area bokongnya tertutup  sehingga kucing jantan tidak mudah mendekatinya. Kucing betina akan bersikap biasa saja saat disentuh punggungnya apabila ia sudah kawin atau tidak birahi lagi.

6. Stress Mereda

Ciri Kucing Betina Sudah Kawin JikaStress Mereda
whycatsdo.com

Biasanya kucing betina yang birahi tapi tidak kunjung dikawinkan maka bisa mengalami stress. Apalagi jika di sekitarnya terdapat kucing betina yang berhasil kawin, maka kucing betina akan semakin stress.

Hal ini dikarenakan kucing betina menahan birahinya karena tak juga menemukan pasangan untuk dikawinkan. Namun kalau sudah dikawinkan maka stress pada kucing betina akan mereda dengan sendirinya.

7. Kucing Betina Jalannya Lebih Lambat

Kucing Betina Jalannya Lebih Lambat
bestlifeonline.com

Setelah proses perkawinan kucing betina biasanya akan berjalan lebih lambat seperti berhati-hati. Hal ini dikarenakan rasa sakit saat proses perkawinan masih dapat dirasakan oleh kucing betina.

Jadi kucing betina akan berjalan lebih lambat. Tidak hanya itu kucing betina pun terkadang menjadi lebih galak apabila disentuh bagian ekornya. Sudah dapat dipastikan rasa sakit itulah yang membuat kucing betina menjadi lebih galak dan berjalan lambat.

Itulah ciri-ciri kucing betina yang sedang masa birahi dan juga tanda kucing betina sudah kawin. Tanda-tanda di atas jika terjadi pada kucing betina menunjukkan bahwa kucing sudah kawin dan sudah dibuahi.

Jika kucing sudah mengalami pembuahan maka harus diberi perhatian khusus agar anak yang dikandungnya bisa lahir sehat. Namun perlu diperhatikan juga kucing betina yang memasuki masa birahi sebelum dikawinkan usianya harus sudah cukup untuk mengandung. Hal ini dikarenakan agar saat melahirkan kucing betina bisa selamat dan mampu mengurus anak-anaknya.

Tanda Kucing Betina Sudah Kawin

Categories Kucing

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.