Cara Memelihara Ikan Louhan agar Cepat Jenong

88 View

Cara Memelihara Ikan Louhan agar Cepat Jenong – Ikan louhan menjadi jenis ikan hias yang diminati berbagai kalangan. Ciri khasnya adalah kepala jenong yang unik. Namun keunikan ini bisa lebih menarik asal cara memelihara ikan louhan agar cepat jenong diperhatikan dengan baik.

Jadi ukuran kepala jenong pada ikan louhan ini bisa dikembangkan atau ditingkatkan kualitasnya. Pemula harus tahu cara-caranya agar ikan louhan peliharaan bisa memberikan tampilan yang jauh lebih menarik.

7 Cara Memelihara Ikan Louhan agar Cepat Jenong

Cara Memelihara Ikan Louhan agar Cepat Jenong

Oleh sebab itu, pada artikel ini akan diberikan tujuh cara utama yang bisa diaplikasikan. Masing-masing cara akan dijelaskan satu per satu secara menyeluruh. Untuk mengetahui detailnya, maka simak uraian berikut ini:

1. Cari Bibit Louhan yang Unggul

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk memiliki ikan louhan dengan kepala jenong adalah dengan mencari bibit yang unggul. Pastikan untuk mencari bibit unggul sejak awal agar presentasi hasilnya sesuai dengan harapan.

Saat ini sudah banyak pilihan indukan louhan yang berkualitas. Jika tidak tahu harus mencari dimana, maka segera tanyakan kepada ahli yang sudah berpengalaman. Dengan demikian, informasi terbaik akan didapat.

Agar kepala louhan bisa jenong lebih cepat, maka cari ikan yang memiliki tubuh pendek serta berotot. Selain itu, cari juga jenis yang mudah akrab dengan orang. Biasanya, jenis seperti ini akan mudah memiliki kepala jenong.

Sebenarnya ini bisa dilakukan bahkan sebelum memelihara louhan. Jadi penting untuk mencari bibit unggul sejak awal agar hasilnya juga berkualitas. Pemula harus benar-benar memperhatikannya agar hasilnya tidak mengecewakan.

2. Ajak Louhan Berinteraksi dan Bermain

Cara memelihara ikan louhan agar cepat jenong yang kedua adalah dengan mengajaknya berinteraksi. Semakin sering berinteraksi dengan louhan, maka karakternya juga lebih agresif dan jenong di kepalanya akan mudah tumbuh.

BACA JUGA:  Makanan Ikan Cupang Agar Cepat Besar

Agar lebih mudah dalam proses interaksinya, maka usahakan untuk selalu memberikan kesempatan louhan bercengkrama saat memberinya makan. Jadi jangan hanya memberi makan kemudian langsung ditinggal begitu saja.

Pastikan juga untuk melakukan proses interaksi ini secara konsisten. Semakin sering berinteraksi, maka tingkat agresifitasnya juga akan meningkat. Pemilik memang memiliki andil besar dalam hal ini sampai hasilnya terlihat.

Jenis louhan yang mudah agresif juga termasuk cerdas. Proses interaksi yang baik akan memberikan hasil yang cepat. Hal ini bisa dilihat dari kualitas jenong pada ikan yang muncul setelah beberapa waktu lamanya.

3. Beri Cermin

Meski terkesan sepele, tapi nyatanya memberikan cermin ke dalam akuarium bisa membuat kepala jenong ikan louhan semakin bertumbuh. Saat ikan louhan melihat dirinya dalam pantulan cermin, maka agresifitasnya akan bertambah.

Apabila hal tersebut dibiarkan lama, maka kepala jenongnya juga akan terus bertumbuh dari waktu ke waktu. Dengan cara ini, maka pemilik tidak harus melakukan cara-cara khusus yang menyulitkan atau memakan waktu lama.

Namun perlu dipahami juga bahwa tidak semua louhan akan bereaksi dengan cermin. Jika louhannya tidak terlalu agresif, maka cermin tidak akan memberikan efek yang terlalu ampuh. Hal ini dikarenakan gennya berbeda-beda.

Agar reaksinya bisa terlihat, maka coba dulu cara ini kepada ikan louhan. Setelah cermin dipasang, maka amati pergerakan dan perubahan yang terjadi pada ikan louhannya. Jika semakin agresif, maka penggunaan cermin termasuk berhasil.

4. Perhatikan Aquarium

Cara memelihara ikan louhan agar cepat jenong yang lain yaitu memperhatikan akuarium. Meski terkesan sepele, tapi sebenarnya ukuran akuarium memberikan pengaruh besar dalam proses perkembangan jenong pada ikan louhan.

Ukuran akuarium yang paling pas untuk louhan adalah sepanjang 90 cm. Sedangkan untuk tingginya 50 cm dan lebarnya 40 cm. Struktur ukuran ini adalah yang paling standar dan bisa dijadikan acuan dalam proses pembuatannya.

Namun sebenarnya, semakin tinggi akuariumnya maka akan semakin baik. Hal tersebut akan membantu louhan bergerak bebas saat agresifitasnya meningkat. Jadi jangan asal dalam membuat akuariumnya.

BACA JUGA:  Tips Memelihara Ikan Koki yang Baik dan Benar

Sedangkan untuk tambahan lain bisa fokus ke filter dan lampu. Untuk filter sebaiknya ditempatkan di samping akuarium. Kemudian untuk lampunya sangat disarankan memakai warna merah muda dan dihidupkan selama 10 jam.

Baca Juga:

5. Perhatikan Makanannya

Jangan lupa juga untuk memperhatikan makanan louhan di akuarium. Pastikan untuk memberi makan secara teratur paling tidak dua kali sehari. Waktu yang paling tepat untuk memberi makan adalah saat pagi dan sore hari.

Lalu jangan pernah memberi louhan makanan hidup seperti jangkrik, cacing tanah, udang, dan ikan sereal. Jangkrik bisa menyebabkan warna louhan menjadi gelap dan jenis lain tersebut mengandung parasit berbahaya.

Sangat disarankan untuk memberi makanan louhan dengan konsep makanan beku. Contohnya seperti udang beku, cacing beku, dan jenis lainnya. Makanan hewan beku jauh lebih baik untuk perkembangan louhan.

Berikan juga makanan yang mengandung lemak seperti kombinasi cacing beku, hati sapi, bayam, cacing tanah, dan wortel. Pemberian makanan yang mengandung beta carotena dan pelet juga sangat baik untuk diberikan.

6. Perhatikan pH Air

Pilihan cara memelihara ikan louhan agar cepat jenong selanjutnya adalah dengan memperhatikan pH air yang ada di akuarium. Umumnya, pH yang paling pas untuk louhan agar cepat jenong adalah pH 7-8.

Selain rentang pH tersebut, maka akan sulit menstimulasi kepala louhan menjadi lebih jenong dari sebelumnya. Mungkin bagi orang awam hal ini terkesan sulit, tapi sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan pengecekan.

Sekarang sudah banyak cara yang bisa ditempuh untuk mengatur pH air dalam akuarium. Pertama ukur dulu pada rentang berapa pH air yang ada akuarium tempat louhan tinggal. Setelah diketahui kadarnya, maka lakukan proses lanjutan.

Mungkin bagi pemula, proses ini akan terasa asing. Jika demikian dan takut salah, maka tanyakan langsung ke ahlinya atau orang terdekat yang paham tentang louhan. Dengan demikian, proses pengerjaannya akan lebih mudah.

BACA JUGA:  Cara Membuat Umpan Ikan Mas

7. Perhatikan Suhu Air

Terakhir, coba perhatikan suhu airnya. Ukuran suhu yang pas untuk louhan adalah 29-30 derajat celcius. Apabila air memiliki suhu yang lebih rendah, maka pakai pemanas sehingga suhunya bisa sesuai.

Sedangkan jika suhu air masih terlalu rendah, maka pakai pendingin sehingga suhunya bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Semakin pas suhu airnya, maka jenong pada louhan bisa berkembang dengan lebih baik.

Pastikan juga untuk mengganti air dua minggu sekali. Sangat tidak disarankan mengganti air akuarium setiap hari karena bisa memberi efek buruk ke louhan. Apabila tips tersebut dijalankan, maka pertumbuhannya akan lebih maksimal.

Itulah beberapa cara memelihara ikan louhan agar cepat jenong yang harus diperhatikan dengan baik. Jadi jika ingin kepala ikan louhan cepat jenong, setidaknya tujuh cara tersebut bisa diimplementasikan secara konsisten.

Ada banyak aspek yang mempengaruhi jenong ikan louhan. Bukan hanya makanan, tapi juga masalah suhu dan akuariumnya. Oleh karenanya, jangan sepelekan semua informasi tersebut dan segera pelajari satu per satu sampai akhir.

Cara Memelihara Ikan Louhan agar Cepat Jenong

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.