Cara Merawat Kenari Agar Cepat Gacor: Sering Menang Kontes!

95 View

Jika berbicara soal penggemar kicauan burung, maka burung kenari bisa dibilang salah satu jenis yang paling populer. Walaupun secara alami burung kenari adalah jenis burung yang suka berkicau. Namun, ada cara merawat kenari agar cepat gacor terutama untuk kontes. 

Burung kenari yang dirawat dengan baik dan tepat, akan lebih suka berkicau dengan kicauan yang lebih merdu. Tidak heran, jika burung kenari dengan perawatan seperti ini akan lebih sering memenangkan kontes. 

Tidak hanya sekedar menang dan mendapatkan hadiah saja. Harga burung kenari yang sudah gacor dan sering menang kontes akan sangat tinggi dan mahal. Bahkan, bisa mencapai jutaan bahkan puluhan juta. 

Tentang Burung Kenari 

Cara Merawat Kenari Agar Cepat Gacor 

Sebelum mencari tahu cara merawat kenari agar cepat gacor. Tidak ada salahnya untuk mengenal jenis burung satu ini terlebih dahulu. Burung kenari memiliki nama ilmiah Serinus Canaria merupakan burung kicau yang sangat populer. 

Burung ini identik dengan tubuh yang kecil dan rambung dan warna kuning. Namun, soal warna pada tubuh sendiri sebenarnya sangat tergantung dengan jenis burung kenari itu sendiri. Sampai saat ini, sudah diketahui ada 11 jenis burung kenari dari kenari lokal sampai impor. 

Tempat asal dari burung kenari adalah Kepulauan Canary. Burung ini pertama kali ditemukan pada abad ke-15. Tepatnya oleh Jean de Berthan Cout yang merupakan seorang pelaut dari Perancis. 

Cara Merawat Kenari Agar Cepat Gacor 

Cara Merawat Kenari Agar Cepat Gacor 

Seperti yang disebutkan sebelumnya, burung kenari pada dasarnya merupakan burung yang suka berkicau. Namun, untuk memaksimalkan kicauannya memerlukan perawatan yang tepat.  Dan ada beberapa kondisi burung kenari sedang tidak mau berbunyi, Anda harus harus mengetahui cara mengatasi kenari macet bunyi.

BACA JUGA:  Panduan Lengkap Cara Budidaya Burung Kenari untuk Pemula

Berikut ada beberapa cara yang bisa diikuti bagi orang yang memelihara burung kenari. Dengan mengikuti cara di bawah ini, burung kenari bisa lebih sering berkicau, lebih sehat, dan tentu saja lebih gacor: 

1. Memilih Tempat Menggantung Sangkar yang Tepat 

Banyak orang yang berpikir burung kenari harus digantung di tempat yang dekat dengan jendela atau tempat terbuka agar dapat merasakan hembusan angin. Ternyata, pemikiran ini kurang tepat. 

Justru sebaliknya, lokasi menggantung sangkar yang seperti ini bisa berbahaya bagi kesehatan burung kenari. Tempat terbuka dengan pencahayaan baik memang bagus untuk burung kenari. 

Namun, usahakan tempatnya tidak memiliki hembusan angin secara langsung dan terlalu kuat. 

2. Hindarkan dari Paparan Sinar Matahari Langsung 

Menjemur burung kenari memang penting, namun paparan sinar matahari langsung sebenarnya tidak terlalu bagus untuk burung kenari. Karena itu, penting untuk melindungi burung kenari dari paparan sinar matahari secara langsung. 

Pilihlah waktu yang tepat untuk menjemur burung kenari, di mana matahari tidak terlalu panas dan cahayanya masih hangat. Waktu yang paling disarankan adalah pada saat matahari terbit atau jika kesulitan untuk bangun pada pagi hari. 

Cahaya matahari pada saat terbenam juga cukup bagus untuk burung matahari. Jika memang tidak bisa menjemur di dua waktu tersebut. Sebenarnya tidak apa untuk menjemur burung kenari di siang hari. 

Namun, burung kenari harus diawasi, jangan sampai burung kenari terengah-engah dan kepanasan saat dijemur. 

3. Jaga Kebersihan Kandang 

Cara merawat kenari agar gacor selanjutnya adalah selalu menjaga kebersihan kandang. Ternyata kebersihan kandang berpengaruh secara langsung pada kemampuan kicauan kenari. Burung kenari hanya akan berkicau di lingkungan yang membuatnya nyaman. 

Jika kebersihan kandang tidak terjaga dan lebih sering dalam kondisi kotor. Tentu saja, hal ini akan membuat burung kenari tidak nyaman bahkan bisa sampai stress. Karena itu, kebersihan kandang burung kenari tidak bisa dianggap remeh. 

Mulai dengan membersihkan kandang dari kotoran burung kenari setiap hari, mengganti air minum, dan juga memberikan cairan anti bakteri. Lakukan pembersihan kandang ini minimal satu minggu sekali namun lebih baik jika dilakukan lebih sering juga. 

BACA JUGA:  Cara Mudah Memilih Burung Kenari Berkualitas Baik

4. Beri Pakan Biji-Bijian 

Selain kebersihan dari kandang, nutrisi dan apa saja yang dimakan burung kenari akan berpengaruh pada kicauannya. Pada dasarnya, burung kenari adalah burung pemakan biji-bijian. Karena itu, pakan biji-bijian adalah nutrisi yang wajib untuk burung kenari. 

Pakan yang disarankan untuk nutrisi burung kenari adalah niger seed, canary seed, dan millet. Lebih baik lagi jika ketiganya digabungkan untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya. Setidaknya burung kenari harus makan 5% sampai 10% dari berat badan burung. 

5. Tunjang dengan Pakan Tambahan 

Biji-bijian memang merupakan makanan burung kenari yang secara alamiah burung tersebut sering mengkonsumsinya. Namun, jika para pemilik ingin burung kenari semakin sehat dan gacor. Sangat disarankan untuk memberikan pakan tambahan. 

Dengan pakan tambahan maka keseimbangan nutrisi akan lebih terjaga. Beberapa jenis pakan tambahan yang bisa diberikan oleh para pemilik adalah sayuran dan buah-buahan. Misalnya saja, bayam, gambas, daun selada, kemudian ada tomat, apel, wortel. 

Para pemilik juga bisa memberikan protein hewani untuk burung kenari. Misalnya, kroto, kuning telur puyuh, cacing, ulat bambu, dan berbagai jenis makanan burung lainnya. 

6. Jaga Kesehatan dengan Suplemen 

Cara merawat kenari agar gacor selanjutnya adalah memberikan suplemen dan tambahan vitamin pada burung kenari. Pakan sehat dan rutin memang perlu untuk menjaga kesehatan burung kenari. Namun, lebih baik lagi ditunjang dengan suplemen dan multivitamin. 

Selain itu, ada beberapa suplemen yang memang dikhususkan agar burung kenari bisa lebih gacor dan mudah berkicau. Namun, pemberian vitamin tambahan ini tidak boleh dilakukan sembarangan dan harus ada takarannya. 

Karena, burung kenari juga bisa mengalami kondisi kelebihan vitamin. Jika kebutuhan vitaminnya tidak seimbang. Hal ini bisa membuat tubuh burung kenari lemas, bahkan bisa sampai gangguan penglihatan pada burung kenari. 

7. Gunting Kuku Burung Kenari

Kuku burung kenari akan semakin panjang dari waktu ke waktu apalagi jika sudah memasuki usia satu tahun. Jika burung kenari dirawat di rumah, maka kuku burung kenari ini perlu dipotong secara rutin. 

BACA JUGA:  Panduan Lengkap Merawat Burung Kenari agar Gacor

Hal ini karena kuku burung kenari mungkin saja akan menyakiti tubuh burung kenari sendiri dan pasangannya nanti. Apalagi, jika para pemilik ingin menjodohkan dan mengembang biakan burung kenari ini. 

8. Beri Minum Air Bersih 

Banyak orang yang berpikir bahwa burung kenari bisa minum air apa saja. Sebenarnya, hal ini tidak salah, namun jika para pemilik mengharapkan burung kenari yang gacor dengan suara kicauan merdu. 

Maka, wajib bagi para pemilik untuk memberikan air minum dengan air bersih dan matang pada burung kenari. Burung kenari sendiri pada dasarnya merupakan jenis burung yang memiliki metabolisme yang tinggi dan cepat. 

Burung ini tidak bisa bertahan 1 hari pun tanpa air. Jadi, sangat penting untuk mengganti dan mengisi air di kandang secara rutin. Lebih baik lagi jika diberikan air matang atau air isi ulang. 

Itulah cara merawat kenari agar gacor yang bisa jadi panduan para pemilik. Sekarang, para pemilik sudah tahu bagaimana caranya dan tidak sembarangan lagi dalam merawat burung kenari. Dengan perawatan yang tepat, bukan mustahil kenari bisa memenangkan kontes. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.