Kucing Susah Tidur

76 View

Sebagai pemilik hewan peliharaan kucing, tentunya sudah lumrah ketika melihat kucing susah tidur di malam hari. Tanpa disadari, kucing yang susah tidur dapat terjadi karena ada berbagai macam penyebabnya.

Seperti yang diketahui, kucing merupakan salah satu hewan yang memiliki jam tidur terbanyak dalam sehari. Seekor kucing dewasa normal, umumnya memiliki jam tidur di antara 12-16 jam dalam sehari.

Meski begitu, terkadang kucing tidak dapat memiliki waktu jam tidur yang cukup, sesuai perkiraan tersebut. Karena itu, merupakan tanggung jawab pemilik kucing untuk mengetahui apa yang menjadi penyebabnya.

Penyebab Kucing Susah Tidur

Penyebab Kucing Susah Tidur

Seperti halnya manusia yang mengalami insomnia, kucing yang tidak bisa tidur juga terjadi karena alasan tertentu. Berikut beberapa alasan umum yang membuat makhluk yang menggemaskan ini susah tidur:

1. Sedang Merasa Lapar

Seperti makhluk hidup lainnya, kucing juga memerlukan makanan untuk bertahan hidup. Sayangnya, kucing yang berada di rumah tidak dapat keluar untuk berburu makanan sendiri, berbeda dengan hewan di luar.

Akan tetapi, terkadang kucing minta makanan di saat waktu yang tidak tepat, terutama di tengah malam. Wajar saja, hal ini mengingat bahwa kucing termasuk hewan nokturnal, yang artinya aktif di malam hari.

Karena manusia di dalam rumah sudah tertidur dengan lelap, maka tidak ada yang memberikan kucing di malam hari. Inilah yang membuat kucing tidak dapat tidur, karena masih lapar namun tidak bisa mendapatkan makanan. 

Baca Juga: Kenapa Kucing Mengeong

2. Sedang Merasa Bosan

Penyebab kucing susah tidur lainnya, yaitu rasa jenuh yang diakibatkan oleh kurangnya hal yang menghibur di rumah. Pada dasarnya, kucing merupakan hewan energetik, dan aktif jika ada yang menarik perhatiannya.

BACA JUGA:  Jenis Kucing Persia

Akan tetapi, tidak selamanya manusia dapat meluangkan waktu untuk mengajak si kucing bermain. Terutama jika sedang mendapatkan pekerjaan yang memakan waktu lama, sehingga membuat lelah dan ingin tidur.

Selain itu, kurangnya alat mainan untuk kucing juga dapat membuat kucing menjadi terasa bosan. Dengan rasa bosan, kucing akan malas untuk tidur, dan berusaha untuk mencari sesuatu yang dapat dijadikan hiburan.

3. Ingin Berburu Hewan

Bukan merupakan hal rahasia, bila kucing merupakan hewan yang gemar berburu mangsa. Hal ini mengingat bahwa kucing mulai aktif untuk berburu di malam hari, saat manusia sedang beristirahat dan tidur.

Maka itu, kucing susah tidur juga dikarenakan oleh nalurinya untuk berburu mangsa. Meskipun pada akhirnya, hewan yang diburu merupakan serangga kecil, atau bahkan mainan berbentuk tikus.

4. Butuh Perhatian dari Majikan

Meski ada beberapa kucing yang galak, namun kucing sebenarnya merupakan hewan sosial yang ingin perhatian. Terutama kucing rumahan, yang tidak akan mendapatkan kucing lainnya sebagai teman untuk bersosialisasi.

Karena hanya ada di rumah hanya segelintir manusia, maka kucing akan mencoba untuk mencari perhatian di malam hari. Tentunya, cara yang kucing lakukan untuk mencari perhatian akan beragam.

Sebab itu, kucing yang merasa kurang mendapatkan perhatian akan memilih untuk tidak tidur. Misalnya seperti mengeong di malam hari, hingga lari-lari di sekeliling rumah hingga membuat manusia terbangun.

Artikel Lain: Makanan Kucing Basah

Solusi untuk Membantu Kucing Tidur

Solusi untuk Membantu Kucing Tidur

Lalu, bagaimanakah solusi yang bisa dilakukan untuk membantu kucing menjadi dapat tidur dengan lelap? Ternyata, cara mengatasinya cukup gampang. Tinggal ikuti beberapa tips yang mudah di bawah ini:

1. Menentukan Jadwal Makan Kucing

Untuk mengatasi kucing susah tidur akibat meminta makan di malam hari, solusinya adalah untuk membuat jadwal makan kucing. Artinya, pemberian makan kucing dilakukan terlebih dahulu sebelum jam tidur.

Dengan begitu, maka kucing akan tidak merasa lapar di malam hari, sehingga membuatnya tertidur dengan pulas. Apabila tidak tidur di siang hari, maka berikan makanan kepada kucing secara teratur, namun sedikit-sedikit.

BACA JUGA:  Cara Mengobati Luka Pada Kucing

Apabila perlu, pemilik kucing juga dapat menggunakan pemberi makan otomatis, yang bisa diatur kapan keluarnya makanan kucing. Dengan alat ini, kucing tidak akan mengganggu ketika majikannya sedang tidur.

2. Mengajak Kucing untuk Bermain

Sebagai pemilik kucing, sudah merupakan tanggung jawab untuk memberikan kucing perhatian. Salah satunya adalah dengan mengajak kucing bermain di rumah, atau di halaman rumah jika tersedia.

Sebisa mungkin, ajak kucing bermain selama siang, atau mendekati malam agar energinya terkuras. Dengan begitu, kucing akan merasa puas dan lelah, sehingga ingin tidur lelap untuk mengisi kembali energinya.

Apabila di tengah malam, berikan kucing mainan yang menarik untuk membuat kucing menjadi terhibur. Misalnya seperti bola benang, tikus-tikusan, tiang burung, dan berbagai macam mainan lainya.

3. Memberi Ruangan Khusus Kucing

Jika kucing terus mencoba untuk mencari perhatian di tengah malam, maka cobalah untuk memberi ruangan bagi kucing. Pada ruangan ini, siapkan juga tempat tidur yang nyaman bagi kucing untuk dapat tertidur pulas.

Karena kucing merupakan hewan yang suka mengawasi sekitar, maka tempatkan tempat tidur di posisi yang cukup tinggi. Berikan juga tempat makan dan berbagai macam permainan di ruangan tersebut.

Selain itu, pastikan juga kondisi ruangan kamar kucing nyaman, hangat, dan tidak lembab. Perlu diingat, jika ruangan hanya dipakai untuk tidur. Tetap buat kucing bebas di rumah supaya juga tidak merasa bosan.

Artikel Terkait: Kucing Makan Nasi

4. Membuat Kucing Merasa Nyaman

Kucing yang tidak bisa tidur di malam hari, dapat terjadi karena merasa kurang nyaman dengan kondisi rumah. Hal ini bisa diatasi dengan cara mencari tahu apa penyebab kucing menjadi tidak nyaman, misalnya:

  • Kehadiran orang baru seperti tamu, atau teman yang menginap di rumah.
  • Pemilik kucing baru saja pindah rumah, sehingga kucing belum beradaptasi sepenuhnya.
  • Adanya hewan peliharaan baru, mengingat bahwa kucing termasuk hewan teritorial.
  • Adanya kehadiran atau hilangnya suatu barang yang membuat kucing nyaman.

Jika ini penyebabnya kucing susah tidur, maka kucing akan perlu beradaptasi terlebih dahulu. Selalu temani kucing dalam beradaptasi, supaya kucing menjadi terbiasa dengan sesuatu yang baru di rumah.

BACA JUGA:  Kumpulan Fakta Mengejutkan Kucing Kembang Telon

Hal yang Perlu Diperhatikan saat Mengatasi Kucing Susah Tidur

Hal yang Perlu Diperhatikan saat Mengatasi Kucing Susah Tidur

Meski sudah menerapkan berbagai metode di atas, ada beberapa hal yang perlu diingat saat membantu kucing yang susah tidur. Bagi pemilik kucing yang sedang menangani kucing, perlu melihat beberapa hal berikut:

  • Pastikan mainan yang digunakan untuk kucing bervariasi. Kucing akan merasa bosan apabila diberikan mainan yang itu-itu saja.
  • Pastikan toilet kucing selalu dalam keadaan bersih sebelum tidur. Hal ini agar kucing dapat menggunakannya, tanpa harus melapor ke majikannya.
  • Hindari memberi makanan atau minuman ke kucing seperti susu untuk manusia. Susu ini dapat membuat kucing sakit perut, sehingga sulit untuk tidur.
  • Simpan makanan atau snack kucing di tempat yang jauh dari kucing. Hal ini karena kucing memiliki penciuman tajam, sehingga akan berusaha mencoba mencari makanan.
  • Apabila sudah mencoba semua tips dan kucing masih tidak bisa tidur, segera bawa ke dokter hewan. Kemungkinan, kucing mengalami sakit tertentu.

Begitulah informasi mengenai penyebab kucing susah tidur, dan bagaimana cara mengatasinya. Kucing memang makhluk independen, namun sebagai pemilik kucing, kucing yang dimiliki tetap harus dirawat.

Seperti halnya ketika susah tidur, maka bantulah kucing tersebut dengan menerapkan cara-cara di atas. Niscaya, kucing yang terawat oleh majikannya akan semakin loyal dan setia untuk menemani manusia di sekitarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.